Apa yang Disebut Upstream?

 Apa yang Disebut Upstream?

BIBLIOTIKA - Upstream adalah istilah yang merujuk pada kecepatan aliran data dari komputer lokal ke komputer lain yang terhubung melalui sebuah network. Istilah ini merupakan kebalikan dari downstream.

Selain Upstream, berikut ini beberapa istilah dan singkatan lain seputar dunia komputer/internet serta dunia teknologi umumnya, yang juga perlu kita tahu.

RTS

Singkatan dari Real Time Strategy, yaitu game yang mensimulasikan permainan peperangan ala militer. Pada game ini, pemain mengendalikan pasukan atau unit militer untuk menaklukkan suatu wilayah dan mengalahkan musuh.

RUIM

Singkatan dari Removable User Identity Module, yaitu kartu yang digunakan pada ponsel CDMA, yang memiliki fungsi sama seperti kartu SIM yang digunakan pada ponsel jenis GSM. Kartu RUIM dan istilahnya hanya digunakan pada handset selular CDMA.

RUMBA

Bagian dari PC yang menyediakan koneksi program dari Wall Data Inc. Pada komputer desktop, hal ini menghubungkan minis dengan mainframe. RUMBA menyediakan sebuah jendela yang mengemulasi sebuah sesi terminal dengan sejumlah host. RUMBA men-support Windows dan klien OS/2 yang terhubung dengan mainframe IBM, AS/400s, VAXes dan host lain melalui coax adapters, twinax cards, atau network.

SAN

Singkatan dari Storage Area Network, yaitu jaringan penyimpanan disk yang menghubungkan berbagai server ke sistem penyimpanan yang terpusat. Apabila dibandingkan dengan ratusan server dengan masing-masing disk mereka, SAN bisa meningkatkan kemampuan sistem administrasi. Dengan memperlakukan penyimpanan-penyimpanan sebagai sebuah sumber penyimpanan, penanganan rutin seperti backup bisa dilakukan dengan lebih mudah dan lebih terkendali.

SAS

Singkatan dari Serial Attached SCSI, yaitu protokol komunikasi serial generasi baru yang dirancang untuk transfer data lebih cepat dan kompatibel dengan SATA. SAS menggunakan komunikasi serial, bukan pararel seperti yang biasa terdapat pada perangkat SCSI, tetapi tetap menggunakan perintah SCSI untuk berinteraksi dengan perangkat SAS.

SASL

Singkatan dari Simple Authentication and Security Layer, yaitu sebuah framework untuk otentikasi dan keamanan data di dalam sebuah protokol. Pada dasarnya, semua mekanisme otentikasi yang didukung oleh SASL dapat digunakan pada semua aplikasi protokol yang menggunakan SASL. Mekanisme otentikasi juga mendukung proxy authorization, yaitu sebuah fasilitas yang mengijinkan pengguna untuk memperlihatkan identitas antar sesama.

SATA

Singkatan dari Serial ATA, yaitu suatu evolusi dari Pararel ATA pada interface penyimpanan data yang menggunakan komunikasi serial melalui kabel tunggal, dan terhubung secara point to point, sehingga mencapai kecepatan transfer hingga 150 Mbps.

Scan

Proses utama pencarian atau pembacaan secara bertahap atas file-file dengan karakteristik tertentu.

Scandisk

Tool yang digunakan untuk memeriksa struktur file sistem.

Scanning

Proses yang menggunakan alat input elektronik tertentu untuk mengubah informasi analog dari gelombang broadcast yang didapat, agar bisa dikenali oleh komputer untuk diolah menjadi gambar atau suara.

Scene

Bagian dari rangkaian animasi yang dapat berupa teks atau gambar yang terdiri dari beberapa frame.

Scheduler

Produk aplikasi yang dirancang untuk mengatur jadwal dan pertemuan lainnya. Saat scheduler dijalankan dan waktu telah ditentukan, maka scheduler akan mengirimkan peringatan apabila waktu yang telah ditetapkan telah tiba.

Scratch

Gesekan atau sentuhan pada permukaan suatu benda yang mengakibatkan goresan.

Screensaver

Program atau gambar bergerak yang diaktifkan pada suatu komputer, yang akan muncul pada saat komputer tersebut tidak sedang digunakan setelah beberapa waktu tertentu.

Script

Suatu program yang ditulis dalam bahasa pemrograman khusus dan biasanya terdiri dari serangkaian perintah. Script biasanya bekerja apabila suatu program aplikasi dijalankan.

Script Kiddie

Sebuah pola serangan yang sering dilancarkan oleh hacker pemula dengan menggunakan alat bantu ringan yang bisa mereka dapatkan di banyak situs hacker lainnya. Alat bantu yang biasanya berisi sederetan skrip sederhana ini digunakan untuk men-deface atau melancarkan DOS (Denial of Service) pada korban yang memiliki exploit.