Apa yang Disebut Typosquatter?

Apa yang Disebut Typosquatter?

BIBLIOTIKA - Typosquatter adalah upaya penipuan yang terjadi di dunia maya internet dengan cara menyamar menjadi suatu situs tertentu. Caranya adalah dengan membuat nama domain yang hanya sedikit berbeda dengan nama domain yang asli (yang dituju), sehingga orang yang melakukan kesalahan ketik pada browser akan tersambung atau masuk ke situs yang palsu tersebut.

Selain Typosquatter, berikut ini beberapa istilah dan singkatan lain seputar dunia komputer/internet serta dunia teknologi umumnya, yang juga perlu kita tahu.

Linkbait

Atau disebut pula linkbaiting, yaitu aktivitas menulis artikel yang bagus atau membuat berbagai macam konten lain (kuis, video, gambar, atau yang lainnya) di blog, dengan tujuan agar di-link oleh blog yang lain.

Link Checker

Program software atau jasa online yang digunakan untuk memeriksa kerusakan link dalam sebuah situs.

Link Popularity

Ukuran kepopuleran suatu situs yang dinyatakan dalam jumlah dan kualitas hubungan link ke dalam sebuah situs.

Link Text

Suatu teks yang langsung terhubung ke suatu link.

Linux

Nama sebuah sistem operasi open source yang telah digunakan secara luas. Linux pertama kali diluncurkan oleh penemunya, Linux Torvalds di Universitas Helsinki, Finlandia, pada tahun 1991. Linux memiliki versi untuk hampir semua tipe hardware atau komputer yang ada.

ListServ

Software manajemen mailing list. ListServ merupakan singkatan dari List Server, yaitu suatu sistem distribusi mailing list otomatis. Misalnya, seseorang dengan kegemaran atau hobi tertentu dapat bergabung dengan ListServ mailing list tertentu, dan dengan mudah bisa melakukan tukar informasi serta ide dengan anggota lain di milis tersebut.

LiveJournal

Tools blogging gratis dari SixApart.

Load

Power atau daya yang digunakan oleh device atau sirkuit dalam menjalankan fungsinya.

Loading

Istilah untuk PC yang sedang melaksanakan suatu proses, atau memanggil suatu proses, atau memanggil suatu program dari tempat penyimpanan, yang kemudian akan diteruskan ke memori. Istilah loading juga digunakan secara umum yang menunjukkan proses pentransferan data dari lokasi permanen ke dalam lokasi temporer, sebagai lawan dari istilah storing.

Load Time

Waktu yang dibutuhkan untuk mengambil/membuka halaman web pada komputer.

Local Folder

Folder surat yang ada di Outlook Express. Biasanya memiliki subfolder seperti Inbox, Outbox, Deleted Items, juga Sent Items. Pengguna juga bisa membuat subfolder sendiri pada folder ini.

Localhost

Istilah dalam komputer jaringan yang berarti ‘komputer ini’. Localhost digunakan untuk mengantarkan web browser pada HTTP server yang terinstal di komputer lokal. Di dunia networking, localhost merupakan istilah yang digunakan untuk host itu sendiri. Nama localhost digunakan untuk konfigurasi aplikasi sebelum benar-benar mendapatkan hostname dari host masternya.

Locate

Perintah yang digunakan dalam Linux/Unix untuk mendapatkan file tertentu. Hanya saja perintah locate ini harus didahului dengan ‘slocate’ untuk melakukan updating informasi file dalam host tersebut.

Log

Catatan yang merekam segala aktivitas suatu aplikasi yang dijalankan. Terkadang log juga digunakan untuk menganalisa status suatu aplikasi. Istilah log juga digunakan sebagai singkatan untuk logaritma.

Log Data

Informasi yang bisa dikirim oleh program komunikasi ke partner komunikasinya untuk membantu mendiagnosa kesalahan.

Logic

Prinsip-prinsip dasar dan penerapan tabel, dan hubungan antar elemen yang diperlukan untuk perhitungan aritmatika dalam sistem pemrosesan otomatis.

Logical DOS Drive

Partisi-partisi yang dibuat setelah pembuatan extended partition, dan berfungsi untuk mengisi extended partition dari suatu harddisk. Logical DOS Drive didesain dan diatur sebagai unit yang independen, misalnya Drive C, D, atau E. Dapat pula berarti tiga drive atau sebuah drive yang dibagi menjadi tiga logical drive.

Logic Bomb

Program komputer yang sejenis dengan virus, namun tidak melakukan replikasi diri. Logic bomb biasanya akan mengeluarkan muatan-muatannya ketika dipicu oleh suatu kondisi tertentu, misalnya pada saat hari atau pada waktu tertentu, atau pada saat sebuah kombinasi huruf ditulis.