Apa yang Disebut Trojan Horse?

Apa yang Disebut Trojan Horse?

BIBLIOTIKA - Trojan Horse adalah program komputer yang sejenis dengan virus, namun tidak mereplikasikan diri. Trojan horse umumnya muncul dalam tampilan menarik, misalnya seperti game, sehingga tampak tidak berbahaya walaupun sebenarnya memiliki daya rusak yang sama seperti virus terhadap sistem PC. Biasanya metode yang dipakai adalah dengan menyelipkan (attach file lewat e-mail) sebuah file tertentu yang mengandung Trojan Horse.

Selain Trojan Horse, berikut ini beberapa istilah dan singkatan lain seputar dunia komputer/internet serta dunia teknologi umumnya, yang juga perlu kita tahu.

Scroll

Menggulung dokumen dengan menggunakan bar vertikal.

Scroll Bar

Bar yang terletak di sisi kanan atau sisi bawah sebuah jendela (window). Scroll bar terdapat pada sebuah jendela yang memuat area display yang besar. Scroll bar memiliki tombol yang dapat digerakkan ke atas, bawah, kiri, dan kanan, yang menjadi petunjuk posisi jendela pada area display.

SCSI

Singkatan dari Small Computer System Interface. Dibaca “scazzy”. SCSI adalah hardware yang berfungsi sebagai interface yang merupakan penghubung antara peralatan periferal dengan kartu-kartu ekspansi. Kartu-kartu ekspansi tersebut terhubung dengan komputer, dan sering disebut SCSI controller. Biasanya sistem ini terbatas hanya digunakan pada server karena kecepatan transfernya memang lebih bagus dibanding sistem Ultra DMA.

SCSI Host Adapter

Pengatur perangkat untuk SCSI yang dipasang pada motherboard. Sering pula disebut SCSI controller.

Scumware

Software yang berisi fitur tambahan untuk menampilkan iklan. Software ini akan memodifikasi halaman web dari content asli untuk memasang iklan pada layar komputer pengguna.

SD Card

Singkatan dari Secure Digital Card. SD Card diperkenalkan pada tahun 2001 oleh SanDisk Corporation, Matsushita (Panasonic) dan Toshiba. SD Card dikembangkan dari MMC, sehingga memiliki banyak kesamaan.

SDHC

Singkatan dari Secure Digital High Capasity (SD 2.0), yaitu ekstension dari standar SD yang mulai dimunculkan sejak Juni 2006, dan memungkinkan batasan kapasitas standar melebihi 2 GB. SDHC biasanya diformat dalam bentuk file system FAT32, dan menggunakan form factor yang sama dengan SD card umumnya.

SDK

Singkatan dari Software Development Kit, yaitu satu set tool pengembangan, yang memungkinkan pengembang software untuk menciptakan sebuah aplikasi untuk paket software tertentu, software framework, hardware platform, sistem komputer, video game concole, sistem operasi, dan sebagainya.

SDRAM

Singkatan dari Synchronous Dynamic Random Access Memory. SDRAM melakukan sinkronisasi atas dirinya dengan bus prosesor, dan mampu berjalan pada 133 MHz. Chipset Intel 845 memadukan tenaga yang diberikan prosesor Pentium 4 dengan memori SDRAM PC 133 untuk memberikan variasi level harga dan performa.

Chipset Intel lainnya untuk prosesor Pentium 4 adalah chipset Intel 850 yang menggunakan memori tipe RDRAM. SDRAM merupakan tipe yang paling banyak digunakan sejak tahun 1990-an.

SDSL

Singkatan dari Symmetric Digital Subscriber Line, yaitu salah satu tipe DSL yang memungkinkan transfer data untuk upstream ataupun downstream, dan berjalan pada kecepatan yang sama. SDSL pada umumnya bekerja pada kecepatan 384 kbps (kilobit per second).

Search Item

Disebut pula search phrase, yaitu kata atau frasa yang dimasukkan oleh mesin pencari pada search engine dan form pada web directory search.

Search Term Suggestion Tool

Alat yang menampilkan seberapa banyak kata kunci yang dicari selama masa penawaran yang diberikan selama satu bulan.

SECAM

Singkatan dari Sequential Couleur Avec Memoire, yaitu sistem televisi yang biasa digunakan di negara-negara yang tidak menggunakan PAL atau NTSC, seperti Prancis dan Rusia. SECAM memiliki 625 garis dan 25 frame per detik.