Apa yang Disebut Trackback?

Apa yang Disebut Trackback?

BIBLIOTIKA - Trackback adalah suatu fitur yang berfungsi untuk memberitahu bahwa seseorang melakukan link ke posting atau kontent blog milik orang lain.

Selain Trackback, berikut ini beberapa istilah dan singkatan lain seputar dunia komputer/internet serta dunia teknologi umumnya, yang juga perlu kita tahu.

Setup

Sebuah program yang menyiapkan suatu aplikasi software agar bisa dijalankan pada sebuah komputer. Setup menciptakan sebuah folder dengan nama default pada harddisk dan meng-copy file-file dari CD-ROM atau disket.

Setup Program

Pogram untuk menginstal software ke dalam komputer sehingga bisa digunakan.

Setup Wizard

Bagian dari program setup yang membantu pengguna komputer untuk melakukan proses penginstalan dengan benar.

SFL

Singkatan dari Sponsored Feature Listings, yaitu iklan link berupa teks yang umumnya ditampilkan pada bagian atas halaman sebuah search engine, sebelum proses pencarian dimulai.

SFX

File program berformat .exe yang memiliki archive dan sedikit kode yang digunakan untuk mengekstrak archive tersebut.

SGML

Singkatan dari Standard Generalized Markup Language, yaitu nama populer dari ISO Standard 8879 (tahun 1986) yang merupakan standar ISO (International Organization for Standarization) untuk pertukaran dokumen secara elektronik dalam bentuk hypertext.

Shadow Mask


Di dalam monitor CRT terdapat sebuah layar metal yang dipenuhi lubang yang lokasinya berada tepat di belakang layar fosfor. Setiap pistol elektron merah, biru dan hijau mengirimkan sinar melalui lubang pada shadow mask ke layar fosfor. Meskipun metode ini mampu menjaga ketajaman gambar, namun metode ini juga mengurangi potensi brightness pada layar.

Shadows

Bagian yang paling gelap dari suatu image atau gambar.

Share

Menyebarkan file di internet, dimana file tersebut bisa di-download oleh pengguna lain. Share juga berarti memberikan ijin pada pengguna lain untuk membaca, melihat, menulis atau mengubah, file yang terdapat dalam komputer jaringan atau multi-user.

Shared Hosting

Layanan hosting yang diberikan dengan meletakkan file-file pelanggan dalam satu server bersama dengan pelanggan lainnya. Cara ini memang lebih hemat dalam investasi awal, tetapi menjadi masalah pada saat situs pelanggan menjadi semakin besar serta semakin banyak pengaksesannya.

Apalagi bila ditambahkan file besar seperti stream-video. Keterbatasan shared hosting ini adalah pada bandwith dan kecepatan prosesor servernya untuk melayani pengguna dalam jumlah banyak.

Sharing

Penggunaan bersama sumber daya (periferal dan data) yang terdapat dalam komputer pada sebuah jaringan.

Sheet

Lembar kerja dalam Microsoft Excel yang berupa susunan petak-petak (grid) yang disusun per baris dan kolom (sama seperti tabel).

Shell

Suatu program yang melakukan provide interface antar pengguna dan sistem operasi. Pada Windows, shell melakukan maintenance pada dekstop atau graphical user interface. Dalam sistem UNIX, shell adalah subsistem yang mengatur komunikasi antara pengguna dan sistem operasi, dan dapat diakses melalui konsol (keyboard dan monitor) host tersebut atau melalui Telnet.

Shockwave

Program yang dikeluarkan oleh Macromedia yang bertujuan untuk menampilkan media yang interaktif pada suatu website.

Shopping Cart

Katalog online interaktif yang dapat ditampilkan, ditambah atau dihilangkan, ke dan dari keranjang (cart) pada sebuah situs belanja.

Shortcut File

Dalam sistem operasi, merujuk pada file atau piranti lainnya yang berperan sebagai alias atau link ke file program atau disk drive.

Shoutbox

Fasilitas pada website atau blog yang mengijinkan pengunjung sebuah website atau blog untuk meninggalkan pesan singkat. Pesat tersebut akan ditampilkan dalam halaman website. Biasanya, para pengunjung menggunakan fasilitas ini untuk saling bertegur sapa, baik kepada sesama pengunjung atau kepada pemilik website atau blog tersebut.

Sidebar

Halaman samping, atau kolom-kolom yang berada di sisi pinggir blog.