Apa yang Disebut Storage?

 Apa yang Disebut Storage?

BIBLIOTIKA - Storage adalah media penyimpanan data pada komputer. Storage dibedakan menjadi removable storage, yaitu media penyimpan data yang dapat dipindah sewaktu-waktu, dan non-removable storage, yaitu media penyimpanan yang bersifat tetap. Flash disk dikelompokkan sebagai removable storage, sementara harddisk masuk dalam kelompok non-removable storage.

Selain Storage, berikut ini beberapa istilah dan singkatan lain seputar dunia komputer/internet serta dunia teknologi umumnya, yang juga perlu kita tahu.

SIG

Singkatan dari Signature File atau Sig Line, yaitu tanda tangan yang dibubuhkan pada bagian akhir sebuah e-mail atau Usenet. Umumnya berisi alamat e-mail dan informasi kontak lainnya, mungkin pula sebuah kutipan favorit, atau bahkan kata-kata yang lucu.

Signature

Ciri khusus informasi pribadi yang digunakan dalam e-mail atau news group, biasanya berisi file atau secara otomatis terkait dengan mail atau post.

Sign In/Up


Mendaftarkan diri (menjadi member).

Sign Out

Keluar atau menutup, sama artinya dengan log out.

Silicon Valley

Sebuah tempat di San Jose, California, Amerika Serikat, yang menjadi markas beroperasinya beberapa perusahaan raksasa penghasil alat-alat komputer.

SIM

Singkatan dari Subscriber Identity Module, atau biasa disebut juga dengan istilah SIM Card, yaitu kartu identitas kecil yang dimasukkan pada handset seluler. Setiap pengguna seluler memiliki SIM yang berlainan (unik) datanya. Data yang terekam pada SIM antara lain adalah nomor telepon seluler pengguna, nomor kode jaringan operator yang digunakan, nomor PIN, data kontak (buku telpon) pengguna, dan lain- lain. Kartu SIM hanya digunakan pada handset seluler GSM.

SIMM

Singkatan dari Single Inline Memory Module, yaitu modul memori yang umum digunakan mulai pada PC type 286, hingga Pentium generasi awal. Secara fisik, SIMM dikemas dalam modul 30 dan 72 pin.

Sistem Operasi

Sistem yang menghubungkan antara pengguna komputer dengan perangkat keras komputer. Suatu pengelolaan seluruh sumber daya yang terdapat pada sistem komputer, dan menyediakan sekumpulan layanan ke pemakai, sehingga memudahkan dalam penggunaan dan pemanfaatan sumber daya sistem komputer.

Site Map


Sebuah model visual dari sebuah content website yang memungkinkan pengguna menemukan informasi yang dicarinya dalam suatu website. Biasanya, site map disusun secara hierarkis, mengelompokkan informasi website tersebut pada area subjek yang spesifik secara bertingkat.

Site Search

Pencarian suatu website tertentu.

Situs

Suatu alamat di dalam sebuah web, dan menyajikan informasi atau layanan, seperti newsgroups, e-mail, atau halaman web.

Situs Web

Beberapa halaman web yang saling terkait (linked) antara satu dengan yang lain, dengan suatu cara tertentu.

Skin

Tampilan antar muka suatu program di layar monitor yang dapat diganti-ganti.

Skyscraper Ad

Iklan-iklan banner online yang memanjang ke bawah, yang biasanya ditampilkan pada sisi kanan atau kiri halaman web.

Slide

Halaman dalam PowerPoint.

Slide Bar

Pengatur untuk mengubah sesuatu dalam aplikasi yang dikelola dengan cara mengklik dan menggesernya (click and drag).

Slider

Sebuah blok komponen yang mengikat head untuk membaca ataupun menulis pada disk magnetik.

SLIP

Singkatan dari Serial Line Internet Protocol, yaitu mekanisme yang digunakan untuk transfer data melalui serial line. Pada masa sekarang, SLIP mulai digantikan oleh PPP karena mempunyai lebih banyak fasilitas dan lebih cepat.

Slot

Tempat untuk meletakkan perangkat-perangkat tambahan periferal pada motherboard, misalnya slot AGP untuk kartu grafis, slot DIMM untuk memory module, dan lain-lain. Dudukan untuk memasang perangkat tambahan dan prosesor pada motherboard. Untuk prosesor Intel, slot yang digunakan disebut juga Slot-1.

Slot Ekspansi

Sambungan atau celah yang terdapat pada motherboard, dipakai untuk memasang peralatan tambahan, misalnya card atau board. Pemasangan peralatan tambahan akan meningkatkan kemampuan komputer dalam menjalankan tugas tertentu. Terdapat dua tipe slot ekspansi, yaitu tipe PCI dan ISA.

PCI atau Peripheral Component Interconnect merupakan slot yang dirancang berdasarkan standar PCI standard Interest Group. Sementara ISA atau Industry Standard Architecture merupakan slot yang pertama kali dikembangkan oleh IBM-AT.