Apa yang Disebut Social Bookmarking?

 Apa yang Disebut Social Bookmarking?

BIBLIOTIKA - Social Bookmarking, disebut pula social aggregators atau community bookmarking, adalah situs yang memungkinkan penggunanya untuk menemukan, mengirimkan, menyebarluaskan, dan memberikan vote, terhadap sebuah artikel di internet. Contohnya adalah situs Digg.com.

Selain Social Bookmarking, berikut ini beberapa istilah dan singkatan lain seputar dunia komputer/internet serta dunia teknologi umumnya, yang juga perlu kita tahu.

OOP

Singkatan dari Object Oriented Programming, yaitu teknik pemrograman yang berorientasi pada objek.

Opacity

Derajat sebuah layer untuk dapat dilalui cahaya (transparan). Derajat opacity diukur dalam satuan persen, dari 100% sampai 0%. Semakin tinggi nilai opacity, semakin tidak dapat ditembus cahaya. Semakin rendah nilai opacity, semakin dapat ditembus cahaya, atau semakin transparan.

OpenBSD

Sistem operasi komputer UNIX turunan Barkley Software Distribution (BSD). OpenBSD sudah memiliki banyak fitur keamanan, dan memiliki tradisi untuk para pengembang piranti lunak (software) agar dapat mengedit source code, untuk menemukan bug-bug atau celah keamanan yang terdapat pada OpenBSD.

OpenDocument

Disebut pula OASIS Open Document Format for Office Applications, yaitu format dokumen yang terbuka untuk menyimpan atau mengedit dokumen office. Standar ini dikembangkan oleh OASIS berdasarkan platform berbasis XML. Format OpenDocument ditujukan sebagai alternatif dari format dokumen propertary milik Microsoft, seperti DOC, XLS, dan PPT.

OpenGL

Sebuah bahasa grafik 3D yang didesain secara independen, dan dikembangkan oleh Silicon Graphics. OpenGL bisa dikembangkan pada model hardware apapun. Open GL juga merupakan jenis game tiga dimensi (3D), yang biasanya juga dimanfaatkan untuk mengetahui tingkatan performa suatu kartu grafis.

OpenOffice

Paket office gratis dan open source yang bisa di-download dari openoffice.org. Paket ini berisi word processor spreadsheet, presentation, vector drawing, juga database component. Tersedia untuk berbagai platform, termasuk Windows, Linux, juga MacOS X. OpenOffice didasarkan pada kode StarOffice yang merupakan office suite hasil pengembangan dari StarDivision, kemudian diambil alih oleh Sun Microsystem pada bulan Agustus 1999.

Open Relay

Sebuah server yang memungkinkan account ber-domain lain untuk menggunakan mesin. Demikian sebaliknya untuk close relay.

Operating System

Biasa disingkat OS, yaitu program utama yang menjalankan komputer, atau program yang pertama dijalankan pada saat komputer dihidupkan atau dinyalakan. Dalam dunia seluler, OS merupakan suatu platform yang digunakan pada selular smartphone, contohnya seperti Symbian, Palm, Pocket PC, dan lain-lain.

OS

Singkatan dari Operating System, yaitu sebuah program yang menyediakan fungsi dasar dari komputer. Misalnya sistem operasi dari Windows, MacOS dan Linux.

OS/2

Suatu sistem operasi yang dikeluarkan oleh perusahaan komputer IBM.

OS/2 HPFS


Sistem operasi yang mendukung file system OS/2 dan HPFS.

OSD


Singkatan dari On-Screen Display, yaitu sebuah control panel yang on-screen untuk perlengkapan monitor dan televisi. OSD biasa digunakan untuk fungsi kontras, brightness, posisi horisontal dan vertikal, atau juga pengaturan monitor yang lainnya.

OSI Model

Singkatan dari Open System Interconnection Model, yaitu sebuah model arsitektural jaringan yang dikembangkan oleh badan International Organization for Standarization (ISO) di Eropa pada tahun 1977. Model ini disebut juga dengan istilah OSI seven layer model (model tujuh lapis OSI). OSI berupaya membentuk standar umum jaringan komputer untuk menunjang interoperatibilitas antar pemasok yang berbeda

OSPM

Singkatan dari Operating System-directed configuration and Power Management, yaitu sistem operasi yang mampu melakukan konfigurasi dan power management terhadap sistem. Bersama ACPI, OSPM melakukan power management untuk menghemat energi dengan cara mengubah suatu peralatan yang sedang tidak digunakan oleh sistem ke kondisi yang menggunakan sedikit daya (lowed power state).