Apa yang Disebut Shareware?

 Apa yang Disebut Shareware?

BIBLIOTIKA - Shareware adalah software yang didistribusikan melalui program uji coba yang banyak terdapat pada internet, Online Service, BBS (Bulletin Board System), vendor yang menyediakan fasilitas e-mail, dan user group. Shareware juga merupakan software yang menganut sistem honorarium. Apabila digunakan secara terus-menerus, maka pengguna harus mendaftar dan membayar.

Shareware adalah program yang disediakan untuk dicoba sebelum seseorang membeli program versi lengkapnya. Berbeda dengan software resmi, shareware menyediakan akses yang jelas lebih terbatas. Ada yang waktu pemakaian percobaannya dibatasi hanya untuk satu bulan, ada pula yang bisa digunakan terus-menerus, hanya saja beberapa fasilitas tidak bisa digunakan atau beberapa fiturnya tidak aktif.

Selain Shareware, berikut ini beberapa istilah dan singkatan lain seputar dunia komputer/internet serta dunia teknologi umumnya, yang juga perlu kita tahu.

Slurp

Sebuah nama robot dari spider search engine Inktomi.

Smart MP Technology

Suatu teknologi yang memiliki fitur dual point-to-point, sistem bus berkecepatan tinggi 266 MHz, dan sebuah MOESI cache coherency protocol yang mengatur lalu-lintas data dan memori, seperti juga snoop bus, yang menawarkan komunikasi kecepatan tinggi antara kedua prosesor dalam sistem multi prosesor.

Smartphone

Istilah yang biasa digunakan untuk menyebut produk seluler yang memiliki OS. Konsep yang menggabungkan piranti komunikasi bergerak dengan kamera digital dan fasilitas audio.

SmartShader

Teknologi ATi Radeon yang mampu menggunakan sampai enam texel input per pixel shader program, menambahkan sebuah sel instruksi, dan memungkinkan program yang lebih panjang (22 instruksi per program).

SMB

Protokol yang dipakai untuk membaca, menulis dan mengalihkan file dari server ke client pada suatu sistem jaringan. Protokol ini dapat beroperasi di atas TCP/IP, IPX, NetBEUI, Windows NT, Windows 9X, dan lain-lain.

SMC

Singkatan dari SmartMedia Card, yaitu standar flash memory card yang dimiliki Toshiba. SMC dirilis pada tahun 1995 untuk bersaing dengan MiniCard, CompactFlash, dan PC Card.

Smiley

Gambar atau lambang sederhana yang dibuat dengan lambang yang ada di tombol keyboard untuk menunjukkan perasaan si pembuatnya. Gambar atau lambang :-) adalah contoh yang menunjukkan perasaan senang.

Smoothing

Penyamaan piksel (untuk tujuan penghalusan) dengan sebelah-sebelahnya, untuk mengurangi kontras dan mensimulasikan citra yang tidak fokus.

SmoothVision

Merupakan multi sampling full scene antialiasing (FSAA) yang lebih canggih. Kelebihan SmoothVision adalah kemampuannya untuk diprogram. Pada dasarnya, SmoothVision memungkinkan hingga 16 mode sample yang berbeda, dan 16 sample per pixel untuk FSAA.

SMS

Singkatan dari Short Message Service, yaitu transmisi yang mengirim pesan singkat ke dan dari telepon seluler, pager, atau faksimili. Panjang pesan biasanya dibatasi hingga 160 karakter, baik huruf dan angka.

Snail Mail

Istilah yang digunakan pengguna internet untuk menyebut surat pos biasa.

SNMP


Singkatan dari Simple Network Management Protocol, yaitu protokol yang digunakan untuk memonitor dan mengelola berbagai perangkat di dalam jaringan internet, meliputi hub, router, switch, workstation, dan sistem manajemen jaringan, secara jarak jauh (remote). Pengelolaan ini dilaksanakan dengan cara melakukan polling dan setting atas variabel-variabel elemen jaringan yang dikelolanya.

Snoop Bus

Suatu teknologi inovatif dari AMD yang merupakan bus berkecepatan tinggi, jalur komunikasi inter-prosesor yang digunakan pada platform AMD Athlon MP. Snoop bus memfasilitasi transfer data antara CPU cache untuk mengurangi kebutuhan bandwidth memori untuk data yang digunakan secara bersama.

SOA

Singkatan dari Service-Oriented Architecture, yaitu sekumpulan service yang saling berkomunikasi satu sama lain. Service tersebut berdiri sendiri dan tidak bergantung pada konteks atau kondisi service lain. Mereka bekerja dalam arsitektur sistem terdistribusi. SOA digunakan dalam merancang software penengah (midware) antara dua atau lebih sistem komputer agar dapat saling bertukar informasi, atau yang dikenal dengan istilah inter-operabilitas.