Apa yang Disebut Safe Mode?

Apa yang Disebut Safe Mode?

BIBLIOTIKA - Safe Mode adalah salah satu respon sistem operasi Windows ketika mengalami permasalahan sistem, sehingga tidak mampu berjalan dalam mode normal. Dalam safe mode, pengguna dapat mendeteksi dan memperbaiki masalah tersebut.

Selain Safe Mode, berikut ini beberapa istilah dan singkatan lain seputar dunia komputer/internet serta dunia teknologi umumnya, yang juga perlu kita tahu.

Pixel Pipeline

Suatu unit dari GPU, tempat terjadinya transfer informasi piksel ataupun pemrosesannya, dimana semakin banyak pixel pipeline, maka akan semakin banyak pula jumlah piksel yang diproses oleh GPU.

Pixel Tapestry II

Istilah ATi untuk pixel-rendering unit yang terdiri dari empat pipeline.

Plain Text

Teks yang di-encode dalam format ASCII. Plain text tidak memiliki format dan informasi struktur seperti ukuran dan tipe font, warna, ataupun lay out. Plain text biasanya digunakan antar komputer yang tidak memiliki kesepakatan untuk saling bertukar informasi format dan lay out teks.

Platform

Dasar penopang sistem kerja suatu komputer. Platform meliputi arsitektur komputer, operating system, atau bahasa pemrograman, dan runtime library yang dimilikinya. Setelah platform ditentukan, pengembang aplikasi dapat membuat aplikasi yang sesuai dan penggunaan piranti keras (hardware) yang sesuai pula.

Playlist


Daftar file yang akan dijalankan pada suatu program pemutar musik (MP3 player) atau multimedia lainnya.

PlayStation3

Sebuah game konsol generasi ketujuh buatan Sony, dan merupakan generasi ketiga PlayStation. PlayStation3 merupakan penerus PlayStation2, dan pesaing Microsoft Xbox 360, serta Nintendo Wii.

Pligg

Sebuah software open source yang memungkinkan penggunanya untuk membuat situs social bookmarking di situsnya.

Plotter

Printer grafis yang menggambar dengan menggunakan pena tinta, yang juga merupakan perangkat output pertama yang mampu mencetak gambar berukuran besar (sebesar gambar arsitektur dan engineering).

Plug and Play

Dikenal juga dengan sebutan PnP, yaitu sebuah standar Intel untuk desain PC expansion boards. Plug and Play dijalankan di bawah sistem Windows, dan berfungsi untuk mempersingkat waktu serta mengurangi gangguan ketika mengkonfigurasi sistem ketika menambahkan suatu komponen periferal baru.

Plug-in

Aksesori (tool dan fitur-fitur tambahan) pada program aplikasi utama, misalnya plug-in pada aplikasi Photoshop. Suatu aplikasi yang berukuran kecil yang ditanam ke dalam aplikasi lain yang lebih besar, dan bertujuan untuk meningkatkan fungsi aplikasi induknya.

Dalam dunia blog, plugin adalah sebuah file yang berfungsi untuk menambah fitur-fitur dalam blog. Contohnya adalah plugin yang dirancang untuk meningkatkan fungsionalitas WordPress agar mampu melakukan tugas-tugas di luar kemampuan aslinya.

PMP

Singkatan dari Portable Media Player, yaitu peralatan handheld yang bisa memainkan file multimedia.

Pocket PC

Komputer berukuran kecil, biasanya seukuran telapak tangan, yang menjalankan sistem operasi Windows CE. Di dalamnya ada Pocket Word, Pocket Excel, Contact, dan aplikasi-aplikasi lain.

Podcasting

Podcast atau podcasting, adalah metode untuk mendistribusikan file multimedia (video/audio) secara online melalui feeds.

Point of Presence

Penjelasan yang digunakan oleh ISP untuk menjelaskan lokasi atau cabang perusahaan yang menyediakan akses lokal.

Polymorphic Virus

Virus yang mengganti pola binary-nya setiap kali virus tersebut menginfeksi file baru, sehingga keberadaannya tidak atau sulit teridentifikasi oleh program antivirus.

POP3

Singkatan dari Post Office Protocol 3, yaitu sebuah protokol yang bisa dijalankan secara otomatis untuk mengakses dan menerima e-mail dari mail server. Dalam mengirim e-mail, POP3 dapat menggunakan atau tanpa SMTP. Aplikasi e-mail dan ISP biasanya memakai protokol POP3.

POP (Point of Presence)

Suatu fitur yang menunjukkan keberadaan nomor akses lokal di jaringan data umum.

POP (Post Office Protocol)

Protokol standar yang digunakan untuk mengambil atau membaca e-mail dari sebuah server. Protokol POP yang paling populer digunakan adalah POP3, sedang jenis protokol lainnya yang juga sering digunakan adalah IMAP. Sedangkan protokol yang digunakan untuk mengirimkan e-mail ke sebuah server adalah protokol SMTP.