Apa yang Disebut PPM atau Paper Per Minute?

 Apa yang Disebut PPM atau Paper Per Minute?

BIBLIOTIKA - PPM atau Paper Per Minute adalah kecepatan mencetak hasil pada kertas dalam hitungan per 60 detik. Biasanya PPM digunakan oleh mesin-mesin cetak ataupun printer. Kadang pula disebut GPPM atau Graphics Pages Per Minute. GPPM tersebut didasarkan pada proses pencetakan gambar, yang umumnya membutuhkan waktu lebih lama dibandingkan proses cetak teks biasa. Informasi yang terkandung di dalam GPPM biasanya lebih banyak dibanding PPM.

Selain PPM atau Paper Per Minute, berikut ini beberapa istilah dan singkatan lain seputar dunia komputer/internet serta dunia teknologi umumnya, yang juga perlu kita tahu.

Squid

Web proxy cache yang dirancang untuk dijalankan pada sistem UNIX, dan bersifat open source.

SRAM

Singkatan dari Static RAM. SRAM merupakan kebalikan dari DRAM, dimana isi bit-bit yang ada tetap ‘diingat’ olehnya tanpa perlu di-refresh secara periodik. Memori jenis ini lebih cepat dibandingkan dengan DRAM, dan harganya juga lebih mahal dari DRAM. Secara tipikal, jenis memori ini digunakan untuk L2 caches. 
SRP

Singkatan dari System Recovery Point, yaitu sebuah fitur pada Windows Me dan XP yang mengambil sampel atau contoh file system PC, yang nantinya dapat digunakan untuk memulihkan Windows.

SSD

Singkatan dari Solid State Drive, yaitu media penyimpanan yang menggunakan solid-state memory sebagai media penyimpanan data. SSD akan berfungsi seperti layaknya harddisk. SSD yang menggunakan SRA< atau DRA< (bukan flash memory) sering disebut sebagai RAM-drive.

SSE

Singkatan dari Streaming SIMD Extension, yaitu set intruksi yang digunakan dan diimplementasikan oleh Intel pada produk-produk prosesornya, dengan tujuan untuk mempermudah dalam hal programming, juga agar dapat meningkatkan performa bagi aplikasi yang mendukungnya.

SSH

Singkatan dari Secure Shell, yaitu protokol pengganti Telnet yang memungkinkan akses secara lebih secure ke remote-host.

SSL

Singkatan dari Secure Sockets Layer, yaitu sebuah protokol yang digunakan untuk mengatur keamanan pengiriman dokumen pribadi atau rahasia melalui internet. SSL menggunakan sistem cryptographyc yang menggunakan dua kunci untuk mengenkripsi data (satu kunci umum yang diketahui banyak orang, dan satu lagi adalah kunci rahasia yang hanya diketahui oleh penerima pesan).

SSP

Singkatan dari Storage Service Provider, yaitu service provider yang khusus melayani penempatan data aplikasi. Suatu ASP menyediakan storage berbasis jaringan kepada perusahaan yang berkeinginan untuk menyerahkan pengelolaan datanya kepada pihak ketiga.

Stage

Tampilan dari setiap elemen dalam sebuah movie.

Stand Alone

Terminal atau PC yang berdiri sendiri, tidak terhubung ke dalam jaringan.

Standby

Modus atau mode pada saat monitor tidak aktif, harddisk tidak aktif, dan semua peralatan internal tidak aktif, sehingga lebih menghemat daya. Saat komputer aktif kembali, maka sistem akan dikembalikan seperti semula (sebelum memasuki standby). Apabila dalam standby komputer kehilangan daya, maka data yang sedang aktif akan hilang.

StarOffice

Paket komersial dari aplikasi office suite milik Sun Microsystem.

Start-up

Pengawalan atau permulaan, yaitu kondisi ketika pertama kali sistem operasi dijalankan. Pada waktu start-up, ada beberapa aplikasi yang dapat langsung dijalankan.

Statistik Web

Fasilitas yang mencatat data dari sebuah web.

Statless

Protokol yang tidak mempertahankan informasi antara satu permintaan dengan permintaan lainnya.

Stealth

Kemampuan yang dimiliki oleh suatu virus untuk membuat jejaknya tidak bisa dideteksi oleh program pendeteksi atau program antivirus.

Stepper Motor

Kumparan motorik yang berfungsi untuk melakukan putaran sesuai dengan yang dikehendaki oleh head baca/tulis yang terdapat dalam floppy disk.

Stereo

Di dalam dunia audio, stereo mengarah kepada reproduksi suara, yang menggunakan lebih dari satu saluran audio, dan biasanya dibentuk dari dua sumber melalui susunan konfigurasi pengeras suara yang simetris, agar menimbulkan kesan suara yang alami.