Apa yang Disebut Pitch?

Apa yang Disebut Pitch?

BIBLIOTIKA - Pitch, disebut pula dengan istilah dot pitch, adalah suatu jarak antara satu piksel dan piksel berikutnya, antara titik-titik yang berdampingan dan sama warnanya pada monitor. Semakin besar jaraknya, maka tampilan yang dihasilkan cenderung akan terlihat kasar. Sebaliknya, kalau jaraknya semakin dekat, maka gambarnya jadi semakin halus atau semakin tajam.

Selain Pitch, berikut ini beberapa istilah dan singkatan lain seputar dunia komputer/internet serta dunia teknologi umumnya, yang juga perlu kita tahu.

Papan Sirkuit

Sebuah rangkaian elektronika yang berfungsi untuk menghandel pembacaan data dari disket, atau penulisan data ke dalam disket.

Paper Tray

Wadah atau tempat untuk menampung kertas kosong yang akan dicetak, atau juga penampung kertas yang sudah dicetak/print.

Parallel

Jenis komunikasi yang mentransmisikan data secara serentak melalui kawat yang dihubungkan secara pararel.

Parallel Port

Port yang dapat digunakan secara paralel, biasanya sering dipakai untuk instalasi printer. Paraller port mengacu pada sebuah device yang dapat menerima lebih dari satu bit pada satu waktu (menerima sejumlah bit secara paralel). Kebanyakan printer modem bersifat paralel. Lawan dari paralel port adalah serial port.

Parameter

Informasi ekstrak yang dapat berubah setiap kali sebuah fungsi dijalankan. Parameter disimpan dalam sebuah variabel dan bisa diakses seperti halnya variabel lain.

Parity

Sebuah sistem pendeteksi keadaan error yang menguji integritas data antara sistem komputer dan jaringannya. Cek parity menggunakan 9 bit ekstra yang mencakup nilai 0-1 (tergantung dari kandungan data dari bit). Setiap kali bit ditransfer atau ditransmisi, maka akan terjadi tes parity bit.

Partition Table

Table pada master boot record dari harddisk yang menspesifikasi bagaimana disk tersebut di-setup, seperti ukuran dan lokasi dari partisi, sistem operasi yang dipergunakan oleh masing-masing partisi, dan partisi mana yang akan dipakai untuk booting komputer.

Passive PFC

Suatu cara yang paling sederhana untuk dapat memperbaiki power factor, dengan memanfaatkan rangkaian yang didominasi oleh choke. Kemampuan induktansinya dimanfaatkan untuk meredam high impulse yang terjadi pada nonlinear seperti pada PSU.

Peningkatan power factor yang dapat diberikan oleh passive PFC tidak terlalu banyak. Apabila PSU biasa memberikan power factor sekitar 0,65, maka dengan passive PFC power, factornya akan meningkat pada kisaran 0,7 sampai 0,75. Keuntungannya, passive PFC lebih murah untuk dibuat.

Password

Kata sandi untuk memferivikasikan sebuah user ID sebelum login ke dalam sebuah sistem komputer multi-user. Password biasanya diijinkan menggunakan karakter-karakter khusus yang tidak biasa.

PATA

Singkatan dari Parallel Advanced Technology Attachment. Biasa pula disebut ATA (Advanced Technology Attachment). Yaitu sebuah implementasi komunikasi data secara pararel dari disk drive dengan controller berbasis IDE, dengan lebar data sebesar 8 bit.

Patch

Biasa pula disebut fix, yaitu piranti lunak atau kumpulan file yang berguna untuk memperbaiki masalah yang terjadi pada sebuah aplikasi piranti lunak yang belum sempurna, dengan membuat perubahan-perubahan ringan pada piranti lunak tersebut. Biasanya, patch menggunakan script-script tambahan untuk memodifikasi atau menambal celah-celah yang ditemukan dalam sebuah program.

Path

Bisa juga disebut jalur. Path menunjukkan detail lokasi dari suatu resource yang ada di suatu domain.

Pattern 

Kelompok data dalam satu kesatuan pada memori RAM, umumnya 1 byte = 8 bit.

Payload

Efek yang ditimbulkan oleh serangan virus. Dalam beberapa kasus, dapat juga dipakai untuk menyebut virus yang berkaitan dengan dropper atau Trojan Horse.

PayPal

Perusahaan yang menyediakan jasa pembayaran online bagi pelanggannya. Didirikan pada tahun 1998, kemudian diakuisisi oleh eBay pada tahun 2002. Pada saat ini, PayPal telah menjangkau lebih dari 100 negara dan bisa menggunakan 17 mata uang yang berbeda, serta digunakan lebih dari 100 juta pemilik account yang tersebar di seluruh dunia.