Apa yang Disebut Peripheral Computer?

Apa yang Disebut Peripheral Computer?

BIBLIOTIKA - Periferal adalah spesifikasi peralatan pendukung yang dibutuhkan oleh sebuah PC agar dapat bekerja secara optimal. Peripheral Computer merupakan peralatan pendukung dari sebuah PC. Pada umumnya periferal dapat meliputi keyboard, mouse, monitor, printer, dan semacamnya.

Selain Peripheral Computer, berikut ini beberapa istilah dan singkatan lain seputar dunia komputer/internet serta dunia teknologi umumnya, yang juga perlu kita tahu.

PulseAudio

Biasa pula dikenal dengan istilah PolypAudio, yaitu proyek sound server untuk jaringan yang dapat berjalan pada berbagai macam platform. PulseAudio dibuat sebagai peningkatan dan pengganti dari ESD (Enlightened Sound Daemon).

Tujuan dibuatnya PulseAudio adalah untuk meneruskan semua sound stream yang melaluinya, termasuk dari proses yang mencoba untuk mengakses langsung ke perangkat keras (misalnya aplikasi OSS). Untuk mencapai hal tersebut, PulseAudio membuat beberapa penyesuaian ke aplikasi yang menggunakan sistem audio lain, seperti aRTs dan ESD.

Punched Card

Media input komputer yang dibuat dari kertas kaku atau kartu, umumnya dipakai pada komputer generasi pertama. Kartu ini menyimpan bit data dalam kolom-kolom yang berisi pola lubang-lubang.

Push Client

Software yang terdapat pada komputer, dan bertugas menerima transmisi dari server webcast internet atau intranet. Bisa berupa web browser dengan teknologi built in push, seperti misalnya Netscape’s Netcaster atau program stand alone seperti PointCast.

QAM

Singkatan dari Quality Assesment Measurement, yaitu sebuah sistem yang dipergunakan untuk mengukur dan menganalisa suatu transmisi suara.

Qemu


Piranti lunak gratis yang dibuat oleh Fabrice Bellard yang mengimplementasikan emulator prosesor (processor emulator), dan membuat para pengguna dapat mensimulasikan sebuah sistem komputer lengkap dengan komputer lain.

QoS

Singkatan dari Quality of Service, yaitu kemampuan dari suatu jaringan untuk menyediakan pelayanan yang lebih baik kepada lalu-lintas jaringan tertentu.

Query

Meminta informasi, biasanya melalui search engine. Suatu extracting data dari suatu database, dan menampilkannya untuk “pengolahan” lebih lanjut.

Quick Race


Istilah dalam game balap. Quick race berarti pemain dapat bertanding langsung tanpa harus mengatur segala sesuatunya.

QuickStart Technology

Fitur untuk memperpanjang umur baterai dengan cara memasuki status low power saat sedang tidak bekerja, atau di antara pekerjaan, meskipun dalam waktu yang sangat singkat. Misalnya adalah di antara dua ketukan keyboard ketika mengetik. Ketika selesai ketukan pertama, komputer akan langsung masuk ke status low power, dan setelah pengguna mengetikkan tombol berikutnya, langsung kembali ke status full power. 

QuickTime

Format file multimedia dan video berupa kombinasi suara, tulisan, animasi, dan video dalam satu file. Format ini dikeluarkan oleh Apple Computer.

Radiasi

Pancaran gelombang yang disebabkan oleh penggunaan energi tertentu. Monitor komputer adalah salah satu perangkat yang sering disebut-sebut memancarkan radiasi.

Radio Button

Digunakan dalam form agar dapat memilih hanya satu pilihan eksklusif dari beberapa daftar pilihan.

Radio Frequency

Merujuk pada porsi spektrum elektromagnetik, dimana gelombang elektromagnetik bisa dihasilkan dengan memberikan arus AC.

RAID

Singkatan dari Redundant Array of Independent/Inexpensive Disk, yaitu sebuah kategori disk drive yang bekerja dengan menggunakan kombinasi drive sebanyak dua atau lebih untuk meningkatkan toleransi fault dan performance.

Merupakan sistem penyimpanan data pada harddisk yang berfungsi untuk meningkatkan performa komputer, dan juga menghindari hilangnya data. Sistem RAID mengharuskan penggunanya memiliki dua buah harddisk atau lebih, dengan kecepatan serta kapasitas yang sama.

RAMDAC

Singkatan dari Random Access Memory Digital to Analog Converter, yaitu suatu chip pengontrol VGA yang mengatur color palette dan convert data dari memori ke sinyal analog di monitor.

RAMdrive

Tempat penyimpanan sementara yang dibuat dengan menggunakan memori.