Apa yang Disebut Partisi Harddisk?

Apa yang Disebut Partisi Harddisk?

BIBLIOTIKA - Partisi harddisk atau yang biasa disingkat partisi, adalah proses pembagian harddisk menjadi beberapa bagian. Ketika suatu harddisk sudah dibuat menjadi beberapa partisi, direktori dan file yang berbeda kategori mungkin akan langsung disimpan pada partisi yang berbeda. Membuat banyak partisi akan memudahkan dalam melakukan kontrol, tetapi juga menjadi tidak praktis.

Selain Partisi Harddisk, berikut ini beberapa istilah dan singkatan lain seputar dunia komputer/internet serta dunia teknologi umumnya, yang juga perlu kita tahu.

MAC Address

Singkatan dari Media Access Control Address, yaitu suatu ID yang dimiliki device yang terhubung dengan network, seperti misalnya ethernet controller. MAC Address juga bisa diartikan sebagai sebuah alamat jaringan yang diimplementasikan pada lapisan data link dalam tujuh lapisan model OSI, yang merepresentasikan sebuah node tertentu dalam jaringan.

MacDraw

Nama program gambar dari Apple Macintosh yang dilengkapi dengan sembilan drawing tool standar—line, text, selection, rectangle, rounded rectangle, arc, polygon, dan freehand.

Machine

Sebutan untuk mesin virtual yang beroperasi di bawah VM/ESA.

Macintosh

Seri komputer populer yang diproduksi oleh Apple Computer Inc., pertama kali diperkenalkan pada tahun 1984. Komputer ini menggunakan prosesor dari keluarga Motorola 68000.

Macintosh User Interface

Metode pengoperasian komputer Macintosh yang awalnya dikembangkan oleh Xerox Corporation tahun 1981 untuk Xerox Star workstation. Metode objek pada layar grafis yang menempatkan objek-objek pada layar dua dimensi. Juga digunakan ikon-ikon untuk merepresentasikan program, file, dan folder. Cara ini kemudian diadopsi oleh program-program yang lain, termasuk Windows.

Macro

Satu set perintah yang diwakili oleh sebuah kata. Ketika kata tersebut dimasukkan ke dalam source code atau dokumen, maka compiler akan mengubahnya berdasarkan intruksi yang direpresentasikannya. Macro digunakan untuk melakukan pekerjaan yang berulang-ulang dilakukan dalam sebuah dokumen.

Macromedia Flash

Software untuk membuat animasi yang biasanya digunakan untuk berbagai keperluan di internet. Misalnya untuk membuat situs, banner iklan, logo yang beranimasi, serta animasi pelengkap lainnya.

Mailbomb

Kegiatan pengiriman sejumlah besar e-mail ke sebuah alamat e-mail dengan maksud untuk memenuhi kuota server mail tersebut.

Mailbox

Area penyimpanan di disk yang dialokasikan untuk pengguna jaringan kerja, guna menerima pesan lewat e-mail.

Mail Client

Program untuk menerima dan mengirimkan e-mail, baik yang menggunakan server e-mail POP3 ataupun IMAP. Misalnya Outlook Express, Microsoft Outlook, Yahoo, dan sebagainya.

Mailer

Program untuk menerima, membaca, menulis, dan mengirim e-mail. Misalnya Outlook Express.

Mail Filtering

Salah satu fasilitas penting yang ditawarkan program e-mail client untuk memilih pesan yang masuk.

Mail Gateway

Sebuah host network yang bertugas mentransfer pesan-pesan e-mail di antara sistem e-mail yang berbeda, memformat ulang alamat dan header, untuk mencocokkan tujuan host network apabila diperlukan.

Mail Notifier

Fitur dalam mailer yang selalu memberitahu pengguna bila ada e-mail datang.

Mail Server

Komputer yang berada di ISP (Internet Service Provider) atau penyedia layanan e-mail, yang menangani pengelolaan penerimaan dan pengiriman e-mail para penggunanya, sebelum di-download oleh pengguna layanan e-mail.

Mainframe

Komputer yang sangat besar dan mahal, yang biasanya digunakan untuk memproses informasi di perusahaan, institusi, atau organisasi yang besar. Komputer ini bisa satu ruangan besarnya, dan mampu menangani data dalam jumlah yang sangat besar.

Maintenance

Pemeliharaan—suatu tindakan yang dilakukan untuk menjaga agar hardware atau program komputer tetap bekerja dengan baik. Tindakan ini mencakup pemeriksaan, pengukuran, penggantian, penyetelan, dan perbaikan.

Maintenance Programmer

Orang yang bertugas memelihara program yang telah diaplikasikan dalam sebuah sistem informasi, dan melakukan perubahan-perubahan yang diperlukan dari waktu ke waktu.