Apa yang Disebut Opt-in E-mail?

 Apa yang Disebut Opt-in E-mail?

BIBLIOTIKA - Opt-in E-mail adalah e-mail yang diminta terlebih dulu dengan melakukan subscribe ke sebuah website atau melalui e-mail. Ketika seseorang mengunjungi sebuah website dan kemudian melakukan permintaan kiriman email (yang berisi informasi terbaru mengenai website tersebut) melalui subscribe, maka e-mail yang kemudian diterimanya disebut opt-in e-mail.

Selain Opt-in E-mail, berikut ini beberapa istilah dan singkatan lain seputar dunia komputer/internet serta dunia teknologi umumnya, yang juga perlu kita tahu.

Pay Per Click Advertising

Jenis iklan dimana pemasang iklan membayar untuk setiap klik yang dilakukan oleh pengunjung suatu website.

PC Handheld

Disebut juga dengan istilah PDA (personal digital assistant), yaitu komputer kecil yang portabel.

PCI

Singkatan dari Peripheral Component Interconnect, yaitu periferal bus yang umum digunakan pada PC, Macintosh dan workstation. Pertama kali didesain oleh Intel dan muncul di pasaran pada akhir 1993. PCI menyediakan jalur transfer data cepat antara CPU dengan komponen-komponen periferal lain di PC, seperti video, disket, jaringan, dan lain-lain. Slot PCI adalah jenis atau tipe yang paling banyak digunakan pada motherboard.

PCI Express

Biasa pula disingkat PCIe, dan sebelumnya dikenal dengan nama 3GIO (3rd Generation I/O). Pada saat ini, video card menggunakan interface jenis ini untuk meningkatkan bandwidth transfer data.

PCS

Singkatan dari Personal Communications Systems, yaitu suatu sistem komunikasi wireless mirip seperti GSM. PCS hanya berjalan pada frekuensi 1900 Mhz.

Peer

Suatu sarana atau perlengkapan pada jaringan komunikasi berlapis, yang beroperasi pada tingkat protokol yang sama.

Peer to Peer

Suatu model komunikasi dua arah antar pengguna PC melalui jaringan komputer atau internet tanpa melalui sebuah server. Dalam model ini, tiap pesertanya memiliki kapabilitas yang sama, dan tidak seorang pun dari peserta yang dapat memulai suatu sesi komunikasi tersendiri.

Peer to Peer Communication

Komunikasi dua arah antar pengguna PC melalui jaringan komputer atau internet, tanpa melalui suatu server.

Peer to Peer Network

Jaringan yang menghubungkan dua komputer atau lebih, tanpa menggunakan file server pusat.

Performance

Merujuk pada bagaimana komputer melakukan tugas-tugasnya. Semakin cepat komputer merespon perintah yang diinput oleh pengguna, maka semakin tinggi atau semakin baik tingkat performance-nya. Performance sangat bergantung pada kombinasi piranti keras (hardware) dan piranti lunak (software) yang tepat.

PERL

Singkatan dari Practical Extraction and Reporting Language, yaitu sebuah bahasa pemrograman yang dikembangkan oleh Larry Wall yang sering digunakan untuk mengimplementasikan script CGI (Common Gateway Program) di world wide web. Bahasa Perl diimplementasikan dalam sebuah interpreter yang tersedia untuk berbagai macam sistem operasi, di antaranya Windows, Unix, sampai Macintosh.

Permatabs

Membuat tab menjadi permanen dan tidak bisa ditutup.

Perpendicular Recording

Suatu proses perekaman data di dalam harddisk dengan memposisikan arah magnetisme pada permukaan platter secara vertikal, dan bukan dengan cara konvensional (horisontal). Dengan Perpendicular Recording, ruang platter untuk menyimpan data akan makin kecil, dan dapat meningkatkan densitas data yang dapat ditampung, bahkan hingga sepuluh kalinya.

PGA

Singkatan dari Pin Grid Array, yaitu suatu chip yang berbentuk bujur sangkar dengan pin yang bersifat high density (200 pin muat dalam chip berukuran 1,5 inci persegi). PGA bisa terbuat dari keramik (CPGA), atau juga dari plastik (PPGA).

Photoblogging

Sebuah blog yang difokuskan pada dunia fotografi dan gambar-gambar.

Photoshop

Lengkapnya adalah Adobe Photoshop, yaitu suatu perangkat lunak untuk mengolah gambar (mengubah ukuran gambar, memotong, mengubah format gambar, dan lain-lain).

PHP (Personal Home Page)

Bahasa server scripting yang terpasang pada web server, yang bertujuan memungkinkan perancang web untuk menulis halaman web yang dinamis.

PHP (Programming Hypertext Processor)

Sebuah bahasa pemrograman yang didesain untuk menciptakan halaman web yang bergerak. Banyak situs yang dibangun dengan menggunakan PHP, seperti halnya platform blog.