Apa yang Disebut Megapixel?

Apa yang Disebut Megapixel?

BIBLIOTIKA - Megapixel adalah satuan ukuran untuk menentukan detail gambar yang dapat ditangkap kamera digital. Satu megapixel berarti gambar disusun atas satu juta dot (pixel).

Selain Megapixel, berikut ini beberapa istilah dan singkatan lain seputar dunia komputer/internet serta dunia teknologi umumnya, yang juga perlu kita tahu.

PhpBB

Sebuah paket papan buletin open source yang bisa dikustomisasi dan memiliki kemampuan tinggi. PhpBB didasari oleh bahasa pemrograman php, dan untuk database servernya bisa menggunakan MySQL atau yang lainnya.

PIC 

Singkatan dari Programmable Interupt Controller, yaitu kendali sela terprogram. Chip yang berfungsi untuk mengendalikan proses penyelaan antar periferal, atau alat pengendali sela periferal yang membantu kerja CPU dalam proses penyelaan.

Pidgin

Sebuah program instant messaging untuk Windows, Linux, BSD, dan lain-lain. Pengguna dapat berbicara dengan pengguna lainnya dengan menggunakan AIM, ICQ, MSN Messenger, XMPP, Yahoo!, dan lain-lain. Pidgin dapat login ke dalam banyak account pada banyak jaringan IM secara simultan. Artinya, pengguna dapat melakukan chatting dengan pengguna lainnya pada AIM, berbicara dengan pengguna lainnya pada Yahoo Messenger, dan menggunakan channel IRC pada waktu yang sama.

Pillar Article

Artikel panjang dan terstruktur, berisi informasi atau sumber rujukan yang bermanfaat, yang dipublikasikan di blog. Pillar article sangat penting untuk membangun otoritas dan menarik trafik pengunjung ke sebuah blog.

PIN

Singkatan dari Personal Identifier Number, yaitu nomor rahasia yang digunakan sebagai password pada SIM card selular.

Pine

Salah satu program e-mail yang dijalankan dalam tampilan teks. Program Pine dibuat oleh Washington University. Pine biasanya digunakan di sistem operasi berbasis UNIX.

Ping

Suatu metode yang digunakan untuk mengetahui apakah sebuah komputer bisa dicapai dalam suatu jaringan.

PING

Singkatan dari Packet Internet Grouper, yaitu suatu program test koneksi yang mengirim suatu paket data kepada host dan menghitung lamanya waktu yang dibutuhkan untuk proses pengiriman tersebut. Dalam dunia blog, ping berfungsi untuk memberitahu layanan-layanan yang berhubungan dengan blog (seperti technorati dan lain-lain) bahwa seseorang baru menambah atau meng-update konten di blognya.

Pingback

Sebuah tool jaringan yang digunakan untuk memberitahu sebuah situs ketika seseorang menautkan link atau merujuk kepada situs tersebut. Kebanyakan platform blog mencatat pingback secara otomatis. Artinya, ketika seseorang menautkan link ke suatu artikel yang ditulis, maka link-nya akan muncul di bagian komentar blog.

Ping Broadcast

Serangan dengan menggunakan ping ke alamat broadcast, sering disebut juga dengan smurf, yang membuat seluruh komputer (device) yang berada di alamat broadcast tersebut akan menjawab. Ping Broadcast biasanya dilakukan dengan menggunakan IP spoofing, yaitu mengubah nomor IP dari datangnya request. Dengan menggunakan IP spoofing, respon dari ping tadi dialamatkan ke komputer yang IP-nya di-spoof. Akibatnya komputer tersebut akan menerima banyak packet.

Ping-O-Death

Serangan dengan cara eksploitasi program ping dengan memberikan packet yang ukurannya besar ke sistem yang dituju. Beberapa sistem UNIX menjadi hang ketika diserang dengan cara ini.

Program ping biasa terdapat di berbagai sistem operasi, meskipun umumnya program ping tersebut mengirimkan packet dengan ukuran kecil (tertentu) dan tidak memiliki fasilitas untuk mengubah besarnya packet. Salah satu implementasi program ping yang dapat digunakan untuk mengubah ukuran packet adalah program ping yang ada di sistem operasi Windows 95.

Pixel

Kependekan atau singkatan dari Picture Element, yaitu elemen terkecil yang membentuk gambar di dalam suatu monitor. Semakin tinggi tingkat resolusi piksel (ditandai dengan semakin banyaknya jumlah baris dan kolom pada piksel) maka semakin besar pula kapasitas tampilan pada layar. Pada istilah storage, piksel tersusun dari satu atau lebih bit. Semakin besar kedalaman bit, maka semakin gelap pula bayangan atau tampilan warna pada layar.