Apa yang Disebut Mailing List?

Apa yang Disebut Mailing List?

BIBLIOTIKA - Mailing List adalah pengelompokan alamat e-mail berdasarkan kebutuhan tertentu. Sebuah forum diskusi atau saling tukar-menukar informasi di internet dengan menggunakan e-mail. Satu pesan dari seorang anggota akan diterima oleh semua anggota. Mailing List biasa pula disebut atau disingkat dengan istilah Milis.

Selain Mailing List, berikut ini beberapa istilah dan singkatan lain seputar dunia komputer/internet serta dunia teknologi umumnya, yang juga perlu kita tahu.

MHz

Singkatan dari Megahertz, yaitu satuan kecepatan dalam komputer.

Micro

Awalan yang berarti sepersejuta, misalnya microsecond berarti sepersejuta detik. Micro juga bisa digunakan sebagai istilah komputer, yang berarti sangat kecil.

Micro-Architecture

Struktur prosesor yang menggambarkan intruksi set, register, dan struktur data memory resident. Istilah ini banyak digunakan di kalangan programmer. Micro-architectur pada prosesor mengacu pada struktur prosesor yang terbuat dari silikon. Micro-architecture terus-menerus mengalami perkembangan dari satu generasi ke generasi berikutnya, dan dalam tiap generasi mengalami perubahan.

MicroATX

Salah satu istilah yang digunakan untuk jenis dimensi yang diakomodasi oleh motherboard, atau juga bisa casing, untuk menempatkan motherboard tersebut.

Microbrowser

Browser yang dimodifikasi yang memungkinkan penggunanya terhubung dengan data di internet melalui perangkat genggam nirkabel.

Microchip

Nama populer untuk chip IC.

Micron Technology

Suatu istilah industri yang mengacu pada ukuran gerbang poly-silicon pada mikro prosesor—misalnya 0.13 micron technology. Ukuran di sini berhubungan langsung dengan kecepatan dan daya yang dibutuhkan oleh mikro prosesor. Apabila ukurannya dikurangi, maka kecepatan prosesor (MHz) akan meningkat, sementara kebutuhan daya akan menurun secara drastis.

Dengan teknologi ini, maka notebook pun menjadi lebih ringan dan lebih tipis, sementara kecepatan prosesornya akan tinggi dengan jangka waktu pakai baterai yang lebih lama, karena konsumsi dayanya yang kecil.

Microprosessor

Sebuah chip dalam CPU. Untuk dapat berfungsi, microprosessor membutuhkan catu daya, clock speed, dan memori. Microprosessor pertama kali dibuat oleh Intel. Microprosessor generasi pertama adalah Intel 8080, Zilog Z80, Motorola 6800, dan Rockwell 6502.

Microsoft BASIC

Salah satu versi bahasa pemrograman BASIC yang paling populer, yang dikembangkan oleh perusahaan Microsoft.

Microsoft Outlook


E-mail Client dengan fitur lengkap yang terintegrasi dengan Microsoft Office dan eXchange Server. Outlook juga menyediakan performa dan integrasi dengan browser Internet Explorer. Aplikasi ini termasuk aplikasi komersial dari Microsoft.

Microsoft Windows

Sistem operasi berbasis grafis untuk komputer yang kompatibel dengan IBM buatan Microsoft Corporation. Sistem ini bekerja bersama DOS. Beberapa fitur graphical user interface-nya antara lain menu pull-down, jenis huruf yang beragam, aksesori desk, dan kemampuan memindahkan teks dan gambar antar program melalui clipboard.

Middle Level Frequency

Biasa pula disebut Mid Level Frequency. Suatu frekuensi menengah yang memiliki cakupan antara 250 Hz sampai 3 KHz. Pada sistem audio, biasanya reproduksi untuk range frekuensi ini diserahkan kepada driver midrange.

Middle Tower

Suatu jenis casing yang dipasarkan dengan telah dilengkapi power supply unit (PSU), lampu power, lampu turbo, dan kabel-kabel lampu.

MIDI

Singkatan dari Musical Instrument Digital Interface, yaitu sebuah standar yang diadopsi oleh industri musik elektronik untuk mengontrol alat layaknya synteshizer atau sound card. Standar MIDI sudah didukung oleh banyak synteshizer, karenanya suara biasa diciptakan dalam satu synteshizer dan dimanipulasi pada synteshizer yang lain.

MIDP

Singkatan dari Mobile Information Device Profile, yaitu Java runtime yang digunakan dalam J2ME. Suatu spesifikasi untuk pembuatan aplikasi atau game selular yang menggunakan bahasa pemrograman Java.

Midtones

Warna tengah antara bagian yang paling terang dan yang paling gelap dari sebuah gambar.

MII

Singkatan dari Media Independent Interface, yaitu sebuah standar IEEE 802.3 untuk interface external transceiver. Dapat digunakan dengan berbagai macam layer fisik.