Apa yang Disebut Heatsink?

Apa yang Disebut Heatsink?

BIBLIOTIKA - Suatu objek yang ditempelkan pada komponen dengan tujuan untuk melepaskan panas yang dihasilkan oleh komponen bersangkutan. Perpindahan panas dapat melalui proses konduksi, konveksi, ataupun radiasi. Pada komponen komputer, biasanya bahan yang digunakan menjadi heatsink adalah tembaga atau alumunium. Alumunium lebih ringan dan murah, sedangkan tembaga memiliki kemampuan melepaskan panas yang lebih cepat. Untuk mempercepat pendinginan, biasanya heatsink digabungkan dengan fan (HSF).

Selain Heatsink, berikut ini beberapa istilah dan singkatan lain seputar dunia komputer/internet serta dunia teknologi umumnya, yang juga perlu kita tahu.

Input

Memasukkan data ke dalam medium penyimpanan di komputer. Data yang dimasukkan ke dalam komputer untuk diproses.

Input Device


Perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai alat untuk memasukkan data atau perintah ke dalam komputer.

Implementation

Proses memasang (menginstal) sistem komputer, atau tindakan menginstal program. Representasi sebuah bahasa pemrograman pada suatu sistem komputer.

Implicit Lock

Kunci yang diperoleh dan membuka secara otomatis ketika menjalankan perintah-perintah CMS dan fungsi program file atau direktori yang terdapat dalam SPS file pool.

IMS

Singkatan dari Information Management System, yaitu program pengelolaan sistem database yang menyediakan fasilitas untuk menyimpan dan mengakses file yang tersusun secara berjenjang.

Inactive

Kondisi ketika sebuah intruksi telah dimuat ke memori, tapi belum dilaksanakan.

Incidence Matrix

Tabel data dua dimensi yang mendeskripsikan sisi-sisi sebuah grafik.

Incident Light

Sinar yang jatuh pada sebuah objek.

Incolusive OR

Sebuah operator boolean yang memberikan nilai benar, apabila salah satu atau kedua variabel yang terhubung dengannya benar. Jika tidak, maka nilainya salah.

Incoming Link

Link yang datang ke situs seseorang dari situs lain.

Increment

Jumlah yang ditambahkan ke sebuah nilai atau variabel. Jarak antara dua titik yang bisa dikenali pada sebuah alat input/ouput grafis.

Indegree

Jumlah sisi-sisi yang mengarah ke suatu titik potong.

Indent

Memulai atau menempatkan teks menjorok ke dalam dari sisi sebelah kiri atau kanan.

Indentation

Ruang kosong di awal sebuah baris teks, sering diartikan sebagai awal sebuah paragraf.

Index

Simbol atau angka yang digunakan untuk mengidentifikasikan nilai atau angka tertentu dalam sebuah deret atau himpunan unsur-unsur yang sama. Index juga bisa diartikan sebagai tabel referensi yang disusun berurutan dan bisa diakses untuk menemukan alamat butir data yang lain.

Index Hole

Lubang yang dibuat pada disket dan bisa dibaca oleh sistem elektro-optik di dalam disk drive untuk menentukan secara tepat letak sektor 0 di disk.

Index Page


Halaman depan dari sebuah blog.

Indicator

Piranti yang menunjukan suatu kondisi dalam komputer. Indikator juga bisa diartikan sebagai area storage seluas 1 byte yang berisi karakter “1”, yang berarti kondisi benar, atau karakter “0” yang berarti kondisi salah.

Indirect Addressing


Penggunaan alamat yang menentukan lokasi penyimpanan data, dan alamat tersebut berisi sebuah alamat langsung atau alamat tidak langsung.

Induce

Mekanisme pembuatan arus listrik dengan induksi.

Inductance
Perlawanan terhadap perubahan pada arus yang ada dalam sebuah sirkuit.

Industrial Robot

Robot yang bisa diprogram untuk melakukan pekerjaan dalam industri tertentu, seperti merakit kendaraan, menjalankan mesin, dan sebagainya.

Inequality

Ketidaksamaan antara dua nilai, misalnya A>B (A lebih besar daripada B).

Inf

Salah satu jenis ekstensi file, yaitu sebuah file yang mensuplai informasi untuk menginstal hardware baru pada lingkungan Windows.

Infection

Infeksi yang terjadi pada komputer karena virus.

Inference Engine


Bagian dari sistem ahli yang mengambil informasi dari pengguna, mencocokkannya dengan aturan-aturan dalam knowledge base (basis pengetahuan untuk menghasilkan output dalam bentuk saran).

InfoPath

Tool yang digunakan untuk mengembangkan form berbasis XML, yang dapat didistribusikan melalui jaringan, sehingga informasi pengguna dapat diakses dan disimpan secara cepat.

Informatics

Istilah yang kira-kira sama artinya dengan teknologi informasi.