Apa yang Disebut Gateway?

 Apa yang Disebut Gateway?

BIBLIOTIKA - Di dunia komputer, Gateway adalah peralatan atau hardware yang memungkinkan informasi untuk berpindah di antara dua jaringan komputer yang berbeda. Gateway juga bisa diartikan sebagai sebuah komputer yang melayani konversi protokol antara beberapa tipe yang berbeda dari suatu network atau program aplikasi.

Sebagai contoh, sebuah gateway dapat meng-convert sebuah paket TCP/IP menjadi paket NetWare IPX atau dari Apple Talk menjadi DECnet, dan lain-lain. Secara umum, pengertian gateway ditujukan untuk istilah mekanisme yang menyediakan akses ke sebuah sistem lain yang terhubung dalam sebuah network.

Selain Gateway, berikut ini beberapa istilah dan singkatan lain seputar dunia komputer/internet serta dunia teknologi umumnya, yang juga perlu kita tahu.

Gateway Manager

Mesin virtual di mana terdapat satu atau lebih gateway yang aktif. Contohnya adalah AVS.

Gateway Page

Dikenal juga dengan sebutan bridge pages, doorway page, entry pages, portals, atau portal pages. Gateway Page digunakan untuk tujuan memperbaiki penempatan search engine.

Gateway Script

Script Gateway, suatu program yang berjalan dalam server web yang berguna untuk memproses masukan dari form.

Dynamic Address Transistor

Hardware dalam sistem virtual memory yang akan melakukan pengenalan alamat virtual secara otomatis. Pengenalan berdasarkan pada nomor segmen, nomor baris dalam segmen, dan letak record.

Dynamic Boost

Komponen pendukung yang mensupport kualitas suara yang dihasilkan oleh sebuah alat audio elektronik.

Dynamic Memory

Variasi dari memori semi konduktor yang menyimpan sedikit muatan untuk mengindikasikan keberadaan bit data. Untuk mempertahankan data dalam memori, secara periodik harus dilakukan pembacaan dan penulisan di setiap lokasi tersebut.

Dynamic Website

Situs web yang tidak statis, dapat diubah bagian per bagiannya secara otomatis.

EAROM

Singkatan dari Electronically Alterable Read Only Memory, yaitu salah satu jenis ROM yang dapat diprogram ulang sepanjang masih berada di dalam komputer.

Easter Egg

Pesan atau fitur yang tersembunyi dalam sebuah objek, seperti film, CD, program komputer, hingga games. Istilah ini diambil dari aktivitas pencarian telur Paskah yang dilakukan di banyak negara barat. Easter egg bisa berupa pesan, video, gambar, efek suara, atau perubahan lain yang tidak biasa. Pada umumnya, easter egg terletak pada menu Help>About.

EAX

Singkatan dari Environmental Audio eXtention, yaitu beberapa preset dari digital sinyal prosesor yang digunakan pada data audio.

EBCDIC

Singkatan dari Extended Binary Coded Decimal Interchange, yaitu sistem sandi 8 bit untuk 256 kombinasi atau karakter, dan merupakan sistem sandi standar dalam komunikasi data.

E-Book

Singkatan dari electronik book, yaitu versi elektronik dari buku versi tradisional, yang dapat dibaca dalam komputer atau dalam perangkat khusus pembaca e-book.

ECC

Singkatan dari Ethernet Crossover Cable, yaitu jenis kabel ethernet khusus yang memperbolehkan dua komputer saling berhubungan secara langsung melalui adapter jaringan ethernetnya.

Echo

Gangguan saluran transmisi berupa pemantulan kembali sinyal yang dikirimkan. Ketika proses pengiriman data berlangsung, alat penerima sering memantulkan kembali sinyal tersebut. Hal ini akan menyebabkan impedansi dalam sebuah rangkaian listrik.

ECHO

Perintah yang terdapat pada file autoexec.bat untuk menyembunyikan perintah (on) atau memunculkan perintah (off) yang terdapat di dalamnya ke layar monitor.

Echo Check

Metode pengujian data selama berlangsungnya proses transmisi data, yaitu dengan cara mengirimkan kembali data tersebut ke titik asalnya (ke pengirim) untuk dibandingkan dengan data aslinya.

Echo Protocol

Protokol pada lapis transport model OSI yang mempunyai kemampuan melaksanakan pengujian keberadaan router antar end system.

Echo Suppressor

Rangkaian elektronik yang dapat meredam gema (echo) yang muncul selama berlangsungnya hubungan komunikasi sehingga echo tidak dianggap sebagai sinyal yang datang.

ECL

Singkatan dari Emitter Coupled Logic, yaitu metode pembangunan logika yang sering dipakai sistem komputer besar.