Apa yang Disebut DoS Attack?

 Apa yang Disebut DoS Attack?

BIBLIOTIKA - Denial of Service (DoS) Attack adalah istilah untuk menyebut upaya serangan dengan jalan menurunkan kinerja sebuah website dengan terus-menerus mengulang request ke server dari banyak sumber secara simultan.

Serangan seperti ini biasanya bertujuan untuk membuat server korban jadi kewalahan melayani request yang terkirim, dan berakhir dengan menghentikan aktivitas atau berhenti dengan sendirinya, karena tak mampu melayani request dan tidak dapat menyediakan pelayanan-pelayanan (denial of service).

Selain DoS Attack, berikut ini beberapa istilah dan singkatan lain seputar dunia komputer/internet serta dunia teknologi umumnya, yang juga perlu kita tahu.

DC Supply & Charger

Bagian komponen UPS yang berfungsi mengubah tegangan listrik AC menjadi DC, karena rata-rata jenis listrik yang digunakan adalah DC. Selain itu, ia juga berfungsi untuk proses charging battery dan catuan daya untuk transfer switch.

DDBMS

Singkatan dari Distributed DataBase Management System, yaitu program pengelolaan database yang mampu melakukan pengaksesan pada beberapa database sekaligus.

DDL

Singkatan dari Data Description Language, yaitu bahasa pemrograman yang dapat dipakai untuk menentukan tingkatan database.

DDN

Singkatan dari Defense Data Network, yaitu jaringan kerja global yang disusun oleh MILNET, ARPANET, dan sejumlah komunikasi protokol. DDN dipakai Departemen Pertahanan Amerika Serikat untuk berhubungan dengan instalasi-instalasi militer.

DDNIC

Singkatan dari Defense Data Network Information Centre, yaitu jaringan data yang bertugas untuk menyediakan informasi dan dukungan bagi DDN, di samping juga mengatur admnistrasi root domain.

DDR-RAM

Singkatan dari Double Data Rate-Random Access Memory, yaitu tipe RAM yang bekerja dengan kecepatan yang lebih tinggi daripada SDRAM. Biasanya digunakan pada PC dengan prosesor Pentium 4 atau yang setara.

DDR SDRAM

Singkatan dari Double Data Rate Synchronous DRAM, yaitu suatu tipe memori generasi penerus SDRAM yang memiliki FSB (front side bus) dua kali lebih cepat dari SDRAM biasa (FSB-200 dan FSB-266), dan memiliki jumlah pin yang lebih banyak dari SDRAM.

DDSA

Singkatan dari Distributed Denial of Service Attack, yaitu serangan terhadap server internet dengan cara mengirimkan data melebihi kapasitas server, hingga membuat server kelebihan beban dan lumpuh.

Deadlock

Peristiwa terhentinya pengerjaan suatu tugas karena dua alat dalam sistem komputer masing-masing ingin memakai sumber informasi yang tersimpan pada alat satunya. Pemecahannya adalah dengan mengalokasikan sumber berdasarkan skala prioritas, atau dengan menambahkan sejenis sirkuit pemutus.

Debounce

Usaha pencegahan penutupan palsu suatu kunci atau sakelar yang telah dikenali sebagai satu cara untuk mengunci sinyal masuk. Debounce juga berarti mengenalkan waktu tunggu yang memberi jeda sebelum dilakukan proses transmisi data kembali.

Disk Drive

Alat tambahan yang digunakan untuk meletakkan piringan magnetik, memutar piringan dan menggerakkan head baca/tulis pada posisi yang diinginkan, ketika mengakses informasi dari dalam disk.

Disket

Piringan magnetik tipis, lentur, dan dibungkus dalam kemasan berbentuk kotak dari bahan plastik, digunakan untuk menyimpan sejumlah data atau informasi. Disket umumnya berukuran 3½ inchi.

DEC

Singkatan dari Digital Equipment Corporation, yaitu sebuah perusahaan pembuat komputer mikro dan mini komputer yang berada di Maynard, Massachusets, USA.

Decimal

Sistem angka berbasis sepuluh (10) yang pada umumnya digunakan sehari-hari. Di awal penggunaan komputer, ada komputer yang disebut decimal machine karena di dalamnya menggunakan aritmatika desimal.

Decision Support System

Salah satu sistem informasi berbasis komputer yang menyajikan informasi secara khusus bagi pihak manajemen, untuk mendukung pengambilan keputusan.

Declaration

Proses pengenalan tipe data suatu variabel kepada kompiler, sehingga akan diketahui berapa banyak memori yang harus disiapkan untuk masing-masing variabel.

DECnet

Sekelompok protokol jaringan buatan Digital Equipment Corporation yang khusus digunakan pada komputer buatan DEC untuk berkomunikasi.