Apa yang Disebut Dial-up dan Dial-up Connection?

Apa yang Disebut Dial-up dan Dial-up Connection?

BIBLIOTIKA - Dial-up adalah jenis komunikasi yang menggunakan modem dan saluran telepon biasa untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer yang lain, atau bisa juga berarti provider internet yang memanfaatkan saluran telepon sebagai saluran utamanya.

Sedangkan Dial-up Connection adalah metode koneksi ke Internet Service Provider dengan menggunakan saluran telepon dan modem. Koneksi dial-up dapat dijalankan secara manual atau secara otomatis oleh modem komputer atau perlengkapan lainnya. Koneksi dial-up merupakan cara yang paling banyak digunakan untuk mengakses internet.

Selain Dial-up dan Dial-up Connection, berikut ini beberapa istilah dan singkatan lain seputar dunia komputer/internet serta dunia teknologi umumnya, yang juga perlu kita tahu.

Dial-up Line

Jalur komunikasi yang digunakan pada proses dial-up, terutama jaringan umum atau jaringan telepon biasa.

Dial-up Program

Sebuah software yang mengontrol modem dan mengurusi semua proses komunikasi antara komputer dan ISP.

Dial-up Terminal

Sebuah terminal pada saluran pemindah.

Compare

Perintah dalam komputer yang secara efektif membandingkan dua hal, dan menentukan yang lebih besar di antaranya.

Compatible

Kompatibel, sesuai. Istilah untuk menyebutkan bahwa suatu alat sejenis atau dapat berfungsi serupa dengan alat yang disebutkan.

Compete

Perusahaan analis web, seperti halnya Alexa, yang memantau dan memperkirakan jumlah trafik situs atau blog.

Compiler

Aplikasi komputer yang berfungsi untuk mengubah file berisi bahasa komputer tertentu (source) menjadi bahasa komputer yang lain (target). Source bisa berisi bahasa pemrograman C#, VB.NET, Delphi, Cobol, C++, dan lain-lain. Target hasil terjemahan compiler biasanya berisi bahasa asembly atau bahasa mesin.

Tujuan dari kompilasi yang dilakukan compiler adalah menghasilkan file executable yang dapat dijalankan oleh komputer. Secara mudahnya, Compiler adalah program yang menerjemahkan serangkaian perintah ke dalam bahasa mesin. Sekali program dikompilasi, maka program tersebut dapat dijalankan sesering mungkin tanpa harus mengulang proses kompilasi, kecuali jika terjadi perubahan pada program sumber.

Component

Istilah untuk menyebut bagian dari sistem komputer, termasuk papan memori, papan sirkuit, dan sebagainya.

COM Port

Port di komputer yang mentransfer data secara serial. Disebut juga Serial Port

Composit

Sejenis interkoneksi kabel di dunia audio-video untuk beragam peralatan elektronik, seperti DVD player, VCR, camcoder, dan lainnya. Biasanya berukuran 3,5 inci.

Compress

Proses pemampatan ukuran suatu file dengan cara menghilangkan informasi-informasi ganda yang ada.

Compressed

Kompresi, yaitu suatu cara untuk membuat file jadi lebih kecil, dengan memperhatikan pola 1 dan 0 yang membentuk program.

Computer

Alat bantu pemrosesan data secara elektronik, dan cara pemrosesan datanya berdasarkan urutan instruksi atau program yang tersimpan di dalam memori masing-masing komputer.

Computer Card

Sebuah papan sirkuit plug-in yang bermanfaat untuk mengembangkan kemampuan komputer.

Computer Client

Komputer yang digunakan oleh user untuk mengakses sumber-sumber yang terdapat di network.

Computer Graphics

Pengolahan data dan penyajian hasil dalam bentuk grafis atau gambar, bisa berbentuk diagram (chart), gambar (image), foto, lukisan (paint). Alat bantunya berupa mouse, scanner, light pen, dan papan plot.

Computerization


Komputerisasi. Pemakaian komputer sebagai alat bantu penyelesaian tugas, sebagai pengganti penyelesaian pekerjaan secara manual.

Computer Languages

Bahasa komputer, yaitu perintah-perintah yang hanya dimengerti oleh komputer, yang terdiri dari serangkaian karakter 1 dan 0. Disebut juga bahasa mesin.

Computer Literacy

Pengetahuan tentang penguasaan penggunaan komputer untuk menyelesaikan suatu masalah.

Computer Network

Sistem jaringan kerja komputer, yang terdiri dari dua atau lebih komputer dan alat pendukung lain, yang saling berhubungan melalui saluran komunikasi.

Computer Operator

Orang yang menggunakan komputer di tingkat pemakaian. Tugasnya hanya memasukkan data ke dalam sebuah program aplikasi yang sudah disediakan.