Apa yang Disebut Database?

Apa yang Disebut Database?

BIBLIOTIKA - Database adalah sekumpulan data yang dikumpulkan dengan rapi dan tertata berdasarkan kategori tertentu, untuk mempercepat pencarian apabila sewaktu-waktu dibutuhkan. Di dunia komputer, database juga merupakan sekelompok data atau informasi yang diorganisasi sedemikian rupa, sehingga sebuah program komputer dapat secara cepat memilih bagian-bagian tertentu dari data tersebut. Secara mudah, database dapat disebut sebagai sistem pengarsipan elektronik.

Selain Database, berikut ini beberapa istilah dan singkatan lain seputar dunia komputer/internet serta dunia teknologi umumnya, yang juga perlu kita tahu.

Data

Kumpulan angka-angka ataupun karakter-karakter yang tidak memiliki arti. Data dapat diolah sehingga menghasilkan informasi.

Database Admnistrator


Orang yang bertugas mendefinisikan pola struktur database, menentukan metode akses dan penyimpanan, berwenang memberikan ijin pengaksesan data pada pengguna, dan lain sebagainya.

Database Channel

Saluran dua arah yang menghubungkan alat masukan/keluaran (input/output) dengan memori utama komputer, sehingga mampu memproses lebih dari satu tugas.

Database Collection

Salah satu bidang operasi komunikasi data, yaitu kegiatan pengumpulan data dari beberapa tempat, kemudian disimpan dalam memori untuk diolah pada waktu tertentu. Misalnya aplikasi sistem penjualan.

Database Information Utility


Layanan penyediaan informasi yang ditawarkan sebuah basis data jaringan, sehingga pengguna jaringan bisa mendapatkan laporan informasi yang diinginkan.

Database Management

Pengelolaan data dalam suatu basis data, cara memasukkan data dalam database, memperbaruinya, dan menyajikan informasi dari data tersebut.

Database Manager

Orang yang bertanggung jawab mengawasi pengelolaan basis data. Tugasnya antara lain berintreraksi dengan file, memastikan backup data dan perbaikannya, menjaga keamanan data, dan lain-lain.

Database User

Sebutan bagi para pengguna basis data. Terdapat bermacam-macam tingkatan pengguna basis data, yaitu specialised user, naive user, casual user, dan application programmer.

Cycle

Unit terkecil dari penghitungan durasi waktu yang diakomodasi oleh sebuah device pada sebuah PC, biasanya terdapat pada sistem utama clock yang berjalan pada 66 MHz.

Cycle Stealling

Menunda operasi CPU untuk sebuah siklus operasi dalam urutan untuk memberi waktu menyelesaikan beberapa proses yang lamban.

Cycle Time

Waktu yang dibutuhkan CPU untuk melalui satu kali operasi secara lengkap.

Cyclic Redudancy Check

Pengecekan proses transmisi berorientasi bit. Blok pesan akan dianggap sebagai deret bit yang dikirim. Bit-bit tersebut akan dimasukkan dalam generator CRC. Deretan bit tersebut kemudian dikenai operasi matematis. Hasil perhitungan saat bit dikirim dan diterima akan menentukan ada atau tidaknya kesalahan dalam pengiriman.

Cylinder

Serangkaian track yang tergabung dalam sebuah disk. Terdapat banyak pusat silinder sebagai track di atas satu disk.

D/A Converter

Alat yang mengubah informasi digital ke dalam bentuk analog.

DAC

Singkatan dari Dual Attachment Concentrator, yaitu peralatan yang memiliki tiga atau lebih media penghubung antarmuka/MIC. Dua di antaranya berfungsi untuk menyambung concentrator ke dual ring, sedang sisanya berfungsi untuk menyambungkan stasiun lain ke concentrator.

Daemon

Program yang dijalankan di sebuah komputer untuk memonitor port TCP/IP tertentu. Sebagai contoh, server HTTP adalah daemon yang memonitor port 80.

Daisy Chain

Teknik menghubungkan peralatan tambahan secara seri ke sebuah komputer. Alat pertama dihubungkan langsung ke komputer, alat kedua dihubungkan ke alamat pertama, alat ketiga dihubungkan ke alat kedua, dan seterusnya. Alat yang dipasang pertama kali selalu menjadi prioritas utama pelaksanaan tugas. Sedangkan peralatan yang terletak di akhir rangkaian akan menjadi prioritas terendah.

DAP

Singkatan dari Directory Access Protocol, yaitu protokol yang digunakan untuk berinteraksi antara Directory System Agent (DSA) dan Directory User Agent (DUA).

DARPA

Singkatan dari Defense Advanced Research Project Agency, yaitu badan pemerintah Amerika Serikat di bawah departemen pertahanan yang mengembangkan DARPAnet, cikal bakal jaringan internet.