Apa yang Disebut Broadband?

Apa yang Disebut Broadband?

BIBLIOTIKA - Broadband atau pita lebar adalah suatu media transmisi yang membawa sinyal dari jaringan yang berbeda dalam sebuah saluran yang sama. Koneksi yang sanggup menyediakan kecepatan (bandwith) yang melebihi 200 Kbps sampai pada satu mil terakhir jaringan koneksi, baik dari provider ke konsumen (downstream) atau dari konsumen ke provider (upstream).

Broadband merupakan kategori dari jenis network berdasarkan bandwidth. Contoh yang termasuk broadband adalah ATM (Asynchronous Transfer Mode) atau cable modem. Broadband banyak dijumpai pada backbone dari suatu network. Pada lingkungan LAN, broadband menghubungkan komputer dengan sebuah kabel yang mampu membawa banyak sinyal dalam satu waktu, bahkan mampu membawa sinyal audio dan video.

Selain Broadband, berikut ini beberapa istilah dan singkatan lain seputar dunia komputer/internet serta dunia teknologi umumnya, yang juga perlu kita tahu.

Broadband Channel

Saluran data yang berkecepatan tinggi, dan melaluinya data akan dibawa oleh sinyal berfrekuensi tinggi.

Broadband Connection

Jenis kabel internet yang relatif cepat, selalu aktif, dan cocok untuk mempertukarkan file-file besar, misalnya grafis, video, atau musik, melalui internet.

Broadband ISDN


Bentuk broadband dengan layanan terpadu, dengan kecepatan tinggi dan menggunakan serat optik sebagai media transmisi.

Broadcast

Proses pengiriman pesan ke seluruh titik dalam suatu jaringan.

Broadcast Address

Sebuah alamat yang isinya bit 1 semua, dan dapat memberi alamat pada semua terminal yang berhubungan dengan jaringan tersebut.

Brainware

Istilah untuk menyatakan manusia sebagai pengguna komputer. Brainware bisa dikategorikan menjadi sistem analis, programmer, dan operator.

Branch Instruction


Perintah untuk menjalankan tes pada sebuah register atau flag. Berdasarkan hasil yang diperoleh, komputer mungkin akan melanjutkan instruksi selanjutnya atau melompat ke bagian lain dari program.

Brand Marketing

Konsep marketing sebuah produk, jasa, atau perusahaan untuk mengidentifikasi perbedaan manfaat dan kualitasnya dengan jelas.

BRB

Singkatan dari (Will) Be Right Back. Biasa digunakan dalam komunikasi melalui internet.

Breadcrumb

Suatu teknik navigasi yang digunakan di dalam user interfaces, dan bertujuan untuk memberikan sebuah cara dalam melacak lokasi si pengguna dalam sebuah program atau dokumen. Istilah ini diambil dari sebuah dongeng berjudul Hansel and Gretel, dimana mereka (Hansel dan Gretel) meninggalkan jejak dengan menebar remah-remah roti.

Break

Perintah untuk menghentikan jalannya program. Biasanya perintah ini dilakukan dengan menekan tombol Ctrl+C.

Break Point

Beberapa komputer yang memiliki sebuah sakelar yang dapat membuat komputer berhenti di titik tertentu dalam program, sehingga operator dapat memeriksa jalannya program atau dapat pula meletakkan perintah stop dalam program. Perintah ini dapat dihapus apabila program telah berjalan dengan baik.

Brew

Suatu platform untuk menjalankan aplikasi atau game yang dibuat oleh bahasa pemograman C/C++. Platform ini digunakan atau ditargetkan untuk selular. Brew dimiliki oleh Qualcomm.

BREW

Singkatan dari Binary Runtime Environment for Wireless, yaitu aplikasi open source online yang dikembangkan oleh Qualcomm untuk platform wireless CDMA. BREW dirancang agar developer dapat membuat aplikasi dalam bahasa pemrograman apapun yang bisa dijalankan pada semua alat CDMA.

Brick-and-Mortar

Suatu institusi dagang atau bisnis yang bersifat fisik (berhubungan dengan piranti komputer).

Bridge

Perangkat yang menghubungkan jaringan secara fisik dengan cara menggandeng dua buah LAN yang menggunakan protokol sejenis. Bridge mempunyai kemampuan untuk mengawasi lalu-lintas data, sehingga dapat memberikan informasi tentang volume lalu-lintas dan kesalahan jaringan.

Bridgeware

Sebuah alat bantu berupa hardware atau software yang digunakan dalam menyalin program dan menulis sejumlah data untuk sebuah komputer dengan format tertentu.

Bridging

Istilah untuk menyatakan pemakaian bridgeware untuk menghubungkan sistem dengan format dan struktur yang cocok untuk satu jenis komputer, dengan sistem yang sesuai untuk komputer lainnya.