Apa sih Vlog itu?

Apa sih Vlog itu?

BIBLIOTIKA - Vlog, atau disebut pula dengan istilah Vlogging, adalah jenis blogging yang lebih senang menggunakan video daripada teks.

Selain Vlog, berikut ini beberapa istilah dan singkatan lain seputar dunia komputer/internet serta dunia teknologi umumnya, yang juga perlu kita tahu.

QVGA

Singkatan dari Quarter Graphic Array, yaitu layar komputer dengan resolusi 320 x 240 pixel. Layar QVGA biasa ditemukan pada ponsel, PDA, dan beberapa konsol game, seperti PSP. Nama QVGA diambil dari resolusi maksimum IBM VGA yang merupakan standar industri pada akhir tahun 1980-an.

Viamatic foXpose

Suatu fitur yang memudahkan pengguna untuk melihat semua browser window hanya dengan satu kali klik.

Video E-mail

E-mail yang berisi cuplikan gambar video yang dibuat dengan menggunakan kamera PC.

Video for Windows


Dikenal pula sebagai VCM (Video Compression Manager), yaitu multimedia framework yang dikembangkan oleh Microsoft, sehingga Windows bisa memainkan video digital.

Video Immersion II

Multimedia yang memiliki algoritma deinterfacing dan teknik konversi frame rate baru untuk meningkatkan ketajaman dan menghindari gambar yang tampak bergoyang.

Viewable Area

Lebar diagonal layar monitor (khususnya CRT), yang dapat dilihat oleh penggunanya, tidak tertutup oleh frame atau bezel.

Viral Content

Konten yang menyebar dengan sangat cepat di internet. Kontennya bisa berupa artikel, gambar, ataupun video, namun sangat menarik perhatian, sehingga orang merasa perlu untuk menulis tentangnya, atau memberitahu orang lain mengenai konten tersebut.

Viral Marketing

Sebuah teknik pemasaran untuk menyebarluaskan informasi dengan menggunakan sarana e-mail, blog dan lain-lain.

Virtual Circuit

Proses pemesanan bandwith atau memori, serta perjanjian terlebih dulu antara pihak pengirim dan penerima paket TCP.

Virtual Domain

Domain yang ada di virtual server.

Visio

Pada mulanya merupakan perusahaan software yang mengembangkan sebuah aplikasi diagram pada tahun 1990. Pada Januari 2000, perusahaan tersebut diambil alih oleh Micosoft dan produknya berganti nama menjadi Microsoft Visio.

VLAN

Singkatan dari Virtual Local-Area Network, yaitu jaringan komputer yang seakan terhubung menggunakan kabel yang sama, meskipun mungkin secara fisik berada pada bagian LAN yang lain. VLAN dikonfigurasi melalui software dan bukan hardware, yang membuatnya fleksibel.

VLB

Singkatan dari VESA Local Bus, yaitu ekstensi 32 bit yang mempunyai kecepatan tinggi untuk ISA. VLB dipromosikan oleh VESA (Video Electronic Standard Association).

VLSI

Singkatan dari Very Large Scale Integration, yaitu teknologi yang memungkinkan untuk memproses sinyal sampai tingkat baseband di satelit.

VMS

Sebuah sistem operasi yang digunakan oleh komputer-komputer VAX. VAX dan VMS merupakan trademark yang dimiliki oleh Digital Equipment Corporation.

VOD

Singkatan dari Video on Demand, yaitu suatu fasilitas video streaming melalui jalur data, dimana pengguna harus memilih video (channel) yang ingin ditonton sebelum video streaming terjadi. Kurang lebih sama seperti memilih TV program sebelum menonton.

Voltage

Tegangan listrik. Yaitu perbedaan potensial listrik antara dua titik dalam rangkaian listrik, dan dinyatakan dalam satuan volt. Besaran ini mengukur energi potensial dari sebuah medan listrik yang mengakibatkan adanya aliran listrik dalam sebuah konduktor listrik. Tergantung pada perbedaan potensial listriknya, suatu tegangan listrik dapat dikatakan sebagai ekstra rendah, rendah, tinggi, atau ekstra tinggi.

VPE

Singkatan dari Video Processing Engine, yaitu suatu engine terintegrasi yang mampu memberikan kualitas gambar tertinggi seperti DVD, video, dan output display lainnya, yang tersedia di pasaran saat ini. Decoder integrated hardware MPEG2 mengurangi beban CPU saat memutar video berkualitas DVD.