Apa sih Thumbnail itu?

Apa sih Thumbnail itu?

BIBLIOTIKA - Thumbnail adalah tampilan miniatur dari halaman yang akan dicetak atau di-print. Thumbnail memungkinkan pengguna untuk dapat melihat lay out beberapa halaman sekaligus pada layar. Umumnya, thumbnail terlalu kecil untuk memperlihatkan display keseluruhan teks, karenanya dipergunakan greeking untuk memperlihatkan bagaimana tampilan keseluruhan teks itu nantinya.

Selain Thumbnail, berikut ini beberapa istilah dan singkatan lain seputar dunia komputer/internet serta dunia teknologi umumnya, yang juga perlu kita tahu.

ICANN

Singkatan dari Internet Corporation for Assigned Names and Numbers, yaitu badan hukum swasta nonprofit yang bertanggung jawab untuk mengeluarkan IP address, dan sistem manajemen nama domain (.com, .net, dan .org).

ICES

Singkatan dari Integrated Civil Engineering System, yaitu sistem yang dikembangkan untuk membantu dalam memecahkan masalah-masalah di bidang teknik sipil.

ICMP

Singkatan dari Internet Control Message Protocol, yaitu protokol yang digunakan untuk mengatur perilaku IP. ICMP berperan membantu menstabilkan kondisi jaringan. Protokol PING menggunakan protokol ini untuk menguji koneksi internet.

Icon

Sebuah lambang kecil berupa gambar yang tampak pada layar monitor komputer. Biasanya digunakan untuk melambangkan dokumen atau program, folder, dan disk drive.

Iconic Interface

Bentuk antarmuka dengan pengguna yang menampilkan objek-objek di layar monitor dalam bentuk gambar-gambar kecil yang bisa dipilih (di-klik) dengan mouse.

ICQ

Dari kata “I Seek You”. Aplikasi untuk chatting dengan pertukaran file dan pengiriman SMS.

ID3

Format tag MP3 yang mengijinkan metadata seperti judul, nama penyanyi, album, dan lain-lain, bisa disisipkan ke dalam MP3.

ID Card

Dalam VM/ESA, merupakan kartu pengenal yang menunjukan identitas pengguna dari setumpuk kartu yang sebenarnya.

IDE (Integrated Development Environment)

Suatu aplikasi software yang menyediakan fasilitas komprehensif bagi programmer komputer untuk pengembangan software. Sebuah IDE biasanya terdiri atas sebuah source code editor, compiler atau interpreter, dan biasanya juga sebuah debugger. Kebanyakan IDE modern juga memiliki sebuah class browser, object inspector, dan diagram class hierarchy, untuk digunakan dalam pengembangan software object-oriented.

IDE (Integrated Drive Electronics)

Sebuah tipe hardware interface yang berfungsi untuk menghubungkan harddisk, CD-ROM dan drive tape pada sebuah PC. IDE sangat populer dan banyak digunakan karena menyediakan cara yang terhitung ekonomis untuk menghubungkan komponen-komponen hardware.

IDE Controller

Suatu alat yang digunakan untuk mengatur harddisk, CD-ROM, dan sebagian piranti lain dalam komputer. Salah satu fungsi yang dimiliki chipset pada motherboard, untuk mengatur komunikasi data pada harddisk, CD-ROM, dan sebagainya, serta untuk melakukan manajemen atas piranti-piranti itu.

Identification Division

Bagian pertama dari empat bagian program COBOL.

Identifier

Simbol yang digunakan sebagai penanda atau nama sekelompok data.

Identity

Sifat atau identitas sebuah objek grafis yang membedakannya dari objek-objek lain.

Identity-Based Database

Database yang bagian-bagiannya dicirikan dengan identitas-identitas khusus.

Identity Spoofing


Suatu tindakan penyusupan dengan menggunakan identitas resmi secara ilegal. Dengan menggunakan identitas tersebut, seseorang akan dapat mengakses segala sesuatu dalam jaringan, menyalin dan mengirim data yang bersifat rahasia, tanpa diketahui oleh pemiliknya.

Idle Characters

Karakter-karakter yang digunakan untuk mensinkronisasikan transmisi dalam komunikasi data.

Idle Time

Durasi waktu di saat sebuah piranti dalam kondisi statis. Dengan kata lain, piranti itu hidup atau aktif, tetapi tidak digunakan untuk bekerja.

IDP

Singkatan dari Integrated Data Processing, yaitu sistem pemrosesan data secara terpadu.

IDS

Singkatan dari Intrucsion Detection System, yaitu penghambat semua niat jahat yang akan mengganggu sebuah jaringan—fungsinya mirip seperti firewall. Bedanya, IDS lebih maju selangkah dengan kemampuannya memberi peringatan admin server saat terjadi sebuah aktivitas tertentu yang tidak diinginkan admin sebagai penanggung jawab. Selain memberi peringatan dini, IDS juga memberi beberapa alat bantu untuk melacak jenis dan sumber aktivitas terlarang tersebut.