Apa sih Socket itu?

Apa sih Socket itu?

BIBLIOTIKA - Socket adalah tempat colokan untuk prosesor di dalam motherboard. Suatu jenis dudukan prosesor pada motherboard, misalnya socket 4, socket 7, super socket 7, socket 8, socket A, dan lain-lain. Setiap jenis socket hanya dapat mendukung prosesor jenis tertentu juga. Hampir sama dengan slot, namun biasa berupa dudukan prosesor yang berbentuk hamparan matrik dua dimensi.

Selain Socket, berikut ini beberapa istilah dan singkatan lain seputar dunia komputer/internet serta dunia teknologi umumnya, yang juga perlu kita tahu.

Referring URL

Pengunjung yang datang ke sebuah situs.

Refresh Rate

Angka frekuensi (Hz) gambar yang ditampilkan pada layar display. Istilah ini mengacu pada teknologi CRT, dimana electron-gun menghasilkan tampilan pada layar depan tabung CRT. Refresh rate menyatakan berapa sering dalam satu detik tampilan digambarkan pada layar oleh electron-gun.

Registry Editor

Editor untuk database yang menyimpan informasi tentang konfigurasi komputer. Registry berisi informasi yang dirujuk secara kontinyu oleh Windows selama beroperasi, seperti profil user, program yang diinstal, berikut jenis dokumen yang dibuatnya, setting property untuk folder dan icon program, hardware yang terpasang, dan port-port yang digunakan. Registry diatur secara hirarkis seperti pohon dan terdiri dari key, berikut subkey, dan value entry.

Reinoculate

Melakukan replace data inokulasi lama dari sebuah file dengan data untuk file itu, yang terdapat pada lokasi yang sekarang.

Release Candidate


Hampir sama seperti versi beta, yaitu sebuah pengujian untuk sebuah piranti lunak (software) sebelum perilisan versi resminya.

Remote Computer

Komputer yang letaknya saling berjauhan. Komputer besar (server) seringkali di-share untuk digunakan sejumlah pengguna yang saling berkomunikasi melalui saluran telepon atau saluran data yang lain.

Render

Suatu langkah akhir transformasi citra atau scene tiga dimensi agar citra baru ditampilkan di layar.

Repeater

Suatu perangkat yang dipasang di titik-titik tertentu dalam jaringan untuk memperbarui sinyal-sinyal yang ditransmisikan agar mencapai kembali kekuatan dan bentuknya yang semula, guna memperpanjang jarak yang dapat ditempuh. Hal ini diperlukan karena sinyal-sinyal mengalami perlemahan dan perubahan bentuk selama transmisi.

Repeat Visitor

Pengunjung unik yang mengakses sebuah situs lebih dari satu kali melebihi periode tertentu.

Reply

E-mail balasan. Fitur yang memudahkan untuk membuat e-mail balasan.

Report

Ringkasan dari sebuah informasi yang lebih besar.

Reset

Mengosongkan memori atau mengenolkan logika keluaran. Memulai dari awal.

Residual Earnings

Penghasilan per bulan yang diperoleh dari komisi penjualan sebuah program affiliate.

Resize

Mengubah resolusi atau ukuran horisontal dan vertikal suatu citra.

Resource

Istilah yang digunakan untuk menyatakan sebuah objek di internet. Biasanya berupa file. Dapat pula berupa bagian dari sebuah komputer, seperti harddisk, memori, CPU, dan lain-lain.

Response Time

Menunjukkan seberapa cepat sebuah monitor bereaksi terhadap interaksi yang mengubah konten grafis di monitor. Misalnya perubahan gambar pada aplikasi game, karena adanya perintah dari mouse.

Reusable Component

Sebuah komponen yang dapat dicangkokkan ke dalam komponen lain, dan bertindak seperti elemen dinamis. Komponen sendiri merupakan sebuah elemen sistem yang menawarkan service atau event yang telah terdefinisi dan mampu berkomunikasi dengan komponen-komponen lainnya.

Secara mudahnya, komponen dapat didefinisikan sebagai sebuah objek yang ditulis dengan spesifikasi tertentu. Dalam konsep pemrograman yang berorientasi objek, penggunaan kembali (reusability) komponen-komponen menjadi hal yang penting.

RF

Singkatan dari Radio Frequency, yaitu sebuah frekuensi tinggi yang menghantarkan gelombang elektromagnetik pada transmisi radio. RF sinyal juga menggunakan metode yang beragam. Wireless LAN, bluetooth, dan tekologi konektivitas wireless pada kebanyakan perangkat komputer juga menggunakan frekuensi radio.