Apa sih Power Supply itu?

 Apa sih Power Supply itu?

BIBLIOTIKA - Power Supply adalah penyuplai daya atau catu daya, sumber listrik. Suatu rangkaian elektronik yang berfungsi sebagai pencatu daya/pemberi sumber tegangan/arus pada peralatan/komputer.

Selain Power Supply, berikut ini beberapa istilah dan singkatan lain seputar dunia komputer/internet serta dunia teknologi umumnya, yang juga perlu kita tahu.

Power Factor

Rasio perbandingan antara active power dibandingkan total dari active dan reactive power. Pada kebanyakan PSU, nilai power factor pada kisaran 0,65 PSU dengan active PFC akan memiliki power factor antara 0,97 sampai 0,99.

Power Management

Power management mengacu pada bagaimana sumber daya listrik digunakan secara efisien oleh komponen-komponen dalam sistem komputer. Fitur ini sangat penting, khususnya untuk perangkat portabel yang sangat mengandalkan tenaga dan baterai. Dengan mengurangi listrik yang digunakan oleh komponen yang sedang tidak terpakai, maka sebuah power management yang baik akan dapat meningkatkan usia baterai sebanyak dua sampai tiga kali lipat.

PPA

Singkatan dari Pay-Per-Action, yaitu komisi yang dibayar oleh pemasang iklan untuk tindakan tertentu yang dihasilkan oleh affiliate.

PPC

Singkatan dari Pay-Per-Click, yaitu komisi yang dibayar oleh pemasang iklan untuk setiap klik yang melalui situs affiliate.

PPE

Singkatan dari Pixel Picture Element, yaitu elemen terkecil citra digital yang bisa dilihat mata. Sensor citra secara fisik (dua dimensi) dibuat dari rangkaian ribuan sel yang peka cahaya. Tiap sel disebut piksel (pixel). Bagi monitor atau display komputer, piksel adalah titik-titik cahaya yang membentuk suatu objek di layar komputer. Makin banyak jumlah piksel dalam suatu citra, makin besar resolusi spasial citra tersebut.

PPIG

Singkatan dari Ping Packet Internet Groper, yaitu suatu program tes koneksi yang mengirim suatu paket data kepada host dan menghitung lamanya waktu yang dibutuhkan untuk proses pengiriman tersebut.

PPL

Singkatan dari Pay-Per-Lead, yaitu komisi yang dibayar oleh pemasang iklan untuk setiap prospek yang dihasilkan oleh affiliate.

PPP

Singkatan dari Point to Point Protocol, yaitu protokol yang digunakan oleh program dial-up untuk membangun jaringan koneksi lewat saluran telepon.

PPS

Singkatan dari Pay-Per-Sale, yaitu komisi yang dibayar oleh pemasang iklan untuk setiap penjualan yang dihasilkan oleh affiliate.

Primary Partition

Divisi pertama dari sebuah harddisk drive. Biasanya hanya terdapat satu partisi pada sebuah harddisk dan mengisi seluruh volume harddisk. Apabila ada banyak partisi, maka primary partition adalah bagian yang menangani sistem operasi komputer.

Print Cartridge

Suatu komponen utama printer yang terdiri dari print head, penampung tinta, dan elektronik penyalur tinta.

Printhead

Bagian dari printer inkjet atau cartridge yang berfungsi untuk mengatur jumlah tinta yang disemprotkan ke atas kertas. Letaknya di antara cartridge dan jarum penyemprot tinta.

Privacy Policy

Pernyataan resmi mengenai sebuah website berupa jenis informasi pribadi yang dikumpulkan, bagaimana informasi tersebut digunakan, bagaimana seseorang dapat mengakses datanya sendiri, bagaimana seseorang dapat memilih untuk tidak melakukan sesuatu, jenis tindakan pengamanan yang ditempatkan untuk melindungi informasi penggguna selama proses pengumpulan maupun pengambilan data, dan lain-lain.

Privacy Seal Program


Program yang menjamin pemilik website menuruti kebijakan privasi yang dianjurkan bagi website-nya.

Proadcast Address

Sebuah alamat yang isinya bit 1 semua, dan dapat memberi alamat pada semua terminal yang berhubungan dengan jaringan tersebut.

Pro Blogger

Sebutan untuk blogger yang sudah profesional, yang telah mendapatkan penghasilan melalui blog, dan hidup dari penghasilan yang ia terima dari aktivitas blogging.

Processor

Sebuah IC yang mengontrol keseluruhan jalannya sebuah sistem komputer. Processor merupakan otak dari sebuah komputer. Semakin cepat, semakin bagus pula kinerjanya.

Processor Core Speed

Suatu ukuran dalam jutaan mengenai jumlah pekerjaan yang dilakukan oleh prosesor dalam satu detik.