Apa sih PictBridge itu?

Apa sih PictBridge itu?

BIBLIOTIKA - PictBridge adalah standar industri dari CIPA (Camera and Imaging Product Association), yaitu suatu teknologi untuk mencetak langsung tanpa bantuan komputer. PictBridge membuat pengguna dapat mencetak gambar dari ponsel, kamera digital, atau perangkat multimedia digital lainnya, tanpa harus terkoneksi dengan atau melalui komputer.

Selain PictBridge, berikut ini beberapa istilah dan singkatan lain seputar dunia komputer/internet serta dunia teknologi umumnya, yang juga perlu kita tahu.

Prolog

Singkatan dari Programming in Logic, yaitu bahasa pemrograman tingkat tinggi yang dikembangkan oleh ilmuwan Prancis pada era 1970-an. Bahasa Prolog biasanya digunakan untuk mengembangkan aplikasi yang membutuhkan knowledge processing, semacam sistem pakar (expert system), dan kecerdasan buatan (artificial intelligence).

PROM

Singkatan dari Programmable Read Only Memory, yaitu suatu chip memori permanen yang diprogram atau diisi oleh pengguna, bukan oleh produsen chip tersebut.

Proof Color

Contoh warna yang bisa digunakan sebagai patokan hasil jadinya.

Property

Ciri dari suatu objek. Pada banyak bahasa pemrograman, istilah property digunakan untuk menjelaskan atribut yang berkaitan dengan suatu struktur data.

Proportional Width Font

Disebut juga Variable Width Font, yaitu bentuk huruf yang memiliki lebar berbeda antara satu dengan lainnya.

Protocol

Aturan. Suatu cara atau format yang digunakan untuk mengakses suatu resource di internet. Sejumlah aturan yang menentukan bagaimana dua buah komputer atau lebih saling berkomunikasi. Dalam dunia jaringan, protokol adalah seperangkat aturan yang mengatur secara tepat atas format komunikasi antar sistem.

Sebagai contoh, protokol HTTP mengatur format komunikasi antara browser web dan browser server. Protocol merupakan cara yang paling umum untuk memindahkan file antar komputer, server, dan situs-situs internet.

Provider

Sebuah perusahaan yang biasanya melayani pembuatan website, mengatur penempatannya di dunia maya, termasuk juga maintenance dan penyediaan akses internet, juga membantu dari segi promosi agar website tersebut dikunjungi oleh pengguna internet.

Proxy

Sebuah fasilitas untuk menghubungkan diri ke internet secara bersama-sama. Proxy dapat menyembunyikan IP Address pengguna, karena hanya IP komputer proxy yang akan terlihat.

Proxy Server

Tempat penyimpanan web content untuk memberikan akses yang lebih cepat bagi para pengguna, pada saat permintaan baru dibuat untuk content yang sama. Proxy server bekerja dengan menjembatani komputer ke internet. Program internet seperti browser, download manager dan lain-lain berhubungan dengan proxy server, dan proxy server tersebut yang akan berkomunikasi dengan server lain di internet.

PS/2

Port mini-DIN yang digunakan untuk koneksi keyboard dan mouse, yang pertama kali diperkenalkan pada komputer IBM Personal System/2.

PSTN

Singkatan dari Public Switched Telephone Network, yaitu sebutan untuk saluran telepon konvensional yang menggunakan kabel.

PTT


Singkatan dari Push to Talk, yaitu fungsi komunikasi suara dengan menggunakan data yang bisa dilakukan pada jaringan seluler. PTT adalah half-duplex yang berarti pengguna tidak bisa mendengar dan berbicara pada waktu yang bersamaan, hal ini mirip dengan walkie-talkie. PTT digunakan untuk menekan biaya komunikasi karena penggunaan jalur data lebih murah dibandingkan jalur suara.

Public Domain

Program yang dapat diperoleh secara gratis, dan bebas untuk dimodifikasi sesuai keperluan. Program public domain banyak terdapat di internet.

Public Domain Software

Program yang diberikan oleh pengembang (pembuat) kepada seseorang, dan orang tersebut diberi hak penyalinan serta kepemilikan sepenuhnya.

Public Key Encription

Sistem enkripsi (penyandian) yang menggunakan dua kunci, yaitu kunci publik dan kunci privat. Kunci publik diberitahukan oleh pemilik, dan digunakan oleh semua orang yang ingin mengirimkan pesan terenkripsi kepada pemilik kunci. Kunci privat digunakan oleh pemilik kunci untuk membuka pesan terenkripsi yang ia terima.

Publisher

Aplikasi desktop publishing dari Microsoft yang biasa digunakan untuk menangani elemen Word.