Apa sih Memory Komputer itu?

  Apa sih Memory Komputer itu?

BIBLIOTIKA - Memory komputer adalah bagian dari komputer yang berfungsi menyimpan data. Memory atau memori terbagi menjadi dua bagian, yaitu memori internal dan memori eksternal. Memori internal berupa RAM (Random Access Memory) yang berfungsi untuk menyimpan program yang diolah untuk sementara waktu, sedang ROM (Read Only Memory) adalah memori yang hanya bisa dibaca dan berguna sebagai penyedia informasi pada saat komputer pertama kali dinyalakan.

Selain Memory komputer, berikut ini beberapa istilah dan singkatan lain seputar dunia komputer/internet serta dunia teknologi umumnya, yang juga perlu kita tahu.

Memory Board

Expansion board sebagai tempat untuk manambah RAM pada sistem komputer.

Memory Card

Kartu memori, yaitu jenis media penyimpanan data berbentuk kartu. Formatnya beragam, seperti Secure Digital (SD), Compact Flash (CF), ataupun Multimedia Card (MMC).

Memory Chip

Piranti semi konduktor yang digunakan untuk menyimpan informasi dalam bentuk muatan listrik. Ada dua jenis memory chip, yaitu ROM (untuk penyimpanan permanen), dan RAM (untuk penyimpanan sementara).

Memory Clock

Sama seperti pada core clock, memory clock menunjukkan kecepatan kerja untuk chip memory. Memory clock juga dinyatakan dalam satuan Hertz (Hz).

Memory Controller

Antarmuka (interface) antara sistem memori dengan CPU. Memory Controller terdiri dari mikroprosesor di dalam komputer, yang menginterpretasi permintaan dari CPU untuk mencari lokasi data atau alamat dalam memori.

Memory Flash

Memory yang tak terhapus meski tidak ada tenaga listrik. Pengguna bisa secara leluasa menyimpan dan menghapus data di dalamnya.

Memory Stick

Memory card yang dirancang oleh perusahaan Sony, digunakan untuk penyimpanan yang dapat dipindahkan, biasanya untuk kamera digital.

Eject

Perintah yang diberikan pada printer untuk menempatkan kertas di awal halaman. Apabila saat ini posisi kertas berada di tengah, maka sisa halaman akan diabaikan dan meletakkan kertas berikutnya di awal halaman.

Ekstensi

Kode berupa tiga huruf yang terdapat pada akhir nama file, yang menunjukkan tipe atau format file.

Electric Delay Line

Akhir penundaan yang dipakai untuk menampung sinyal dengan memutar informasi yang dibawa oleh suatu gelombang transmisi.

Electronic Bulletin Board


Papan pengumuman elektronik yang terdapat di suatu sistem jaringan. Umumnya berisi berita-berita terbaru. Pengguna dalam sistem jaringan tersebut dapat membacanya ataupun menempatkan berita ke dalamnya untuk dibaca pengguna lain.

Elements

Bagian inti atau utama dalam sebuah halaman HTML ataupun XHTML. Elements merupaken isi dari sebuah halaman web. Elements digunakan untuk menggambarkan setiap bagian teks yang ada di sebuah halaman web. Elements dibuat dengan cara menambahkan tags, kemudian menambahkan isi atau content ke dalam tags tersebut.

Else

Perintah percabangan dalam bahasa pemrograman yang akan dianggap sebagai pilihan pertama yang harus dilaksanakan apabila kondisi yang diberikan tidak terpenuhi.

Embed

Kemampuan suatu program aplikasi memasukkan data atau objek dari software lain.

Embedded Object

Sebuah file yang telah disisipkan ke dalam file lain (biasanya dengan format yang berbeda). Di internet, embedded object adalah bagian dari halaman web yang menampilkan output dari plug-in browser.

Embedded System

Sebuah sistem komputer yang menjadi komponen dari mesin atau sistem yang lebih besar. Embedded sistem dapat memberikan respon yang sifatnya real time. Embedded sistem banyak digunakan pada peralatan digital, seperti jam tangan.

Emoticon

Singkatan dari Emotion Icon, yaitu simbol yang dibuat dengan keyboard untuk menjelaskan emosi pengguna komputer yang bersangkutan dengan lambang-lambang. Biasanya digunakan dalam aktivitas chatting. Simbol emoticon sebenarnya dibentuk dari kode ASCII.

Empahasized

Bentuk pencetakan teks dengan kualitas huruf agak besar dan jarak yang lebih lebar dibandingkan dengan bentuk huruf normal.

EMS

Singkatan dari Enhanced Message Service, yaitu suatu format data yang digunakan dalam GSM, dan merupakan penyempurnaan dari SMS. Data EMS bisa berupa gambar, animasi, suara, dan text.