Apa Perbedaan USB Hub dan USB Port?

  Apa Perbedaan USB Hub dan USB Port?

BIBLIOTIKA - Pada beberapa komputer, khususnya notebook, koneksi USB yang disediakan biasanya sangat sedikit. USB hub berfungsi untuk menambahkan beberapa koneksi USB. Jumlahnya berbeda-beda, tergantung kebutuhan penggunanya.

Sedangkan USB Port adalah interface Plug and Play yang standar di antara sebuah komputer dan device tambahan. USB Port memudahkan dalam menambahkan device ke komputer pengguna tanpa harus menambahkan adapter card atau bahkan menonaktifkan komputer. Pengguna bisa menambahkan device, misalnya printer, joystick, keyboard, dan lain-lain.

Selain USB Hub dan USB Port, berikut ini beberapa istilah dan singkatan lain seputar dunia komputer/internet serta dunia teknologi umumnya, yang juga perlu kita tahu.

Timing

Suatu pengukuran waktu dalam satuan nanoseconds (ns) yang digunakan untuk menunjukkan kecepatan suatu memori. Access time ini ditentukan saat dimulai pertama kali ketika CPU mengirimkan permintaan data ke memory, hingga pada waktu CPU menerima data yang diminta tersebut.

TIN

Singkatan dari Telephone Identification Number, yaitu suatu password untuk melakukan transaksi perbankan via internet.

Title

Tag HTML yang digunakan untuk memberikan judul tiap dokumen HTML.

Title Bar

Bagian atas jendela aplikasi yang menampilkan nama aplikasi dan nama file yang sedang dibuka. Melalui title bar, pengguna dapat mengidentifikasi jendela mana yang sedang aktif apabila banyak jendela yang sedang dibuka.

Title Tag

HTML tag yang digunakan untuk menjelaskan nama sebuah halaman yang ditampilkan pada bagian atas web browser, dan juga digunakan oleh kebanyakan search engine sebagai sebuah nama dari daftar hasil pencarian

Toolbar

Barisan lambang-lambang atau icon yang terdapat pada tampilan layar komputer yang mewakili suatu fungsi dalam komputer.

Tool Tip

Pop-up window kecil yang berisi barisan teks yang menjelaskan atau menggambarkan fungsi sebuah tombol pada toolbar. Tool tip tersebut tersembunyi, dan hanya muncul ketika pengguna meletakkan kursor di atas tombol toolbar dan membiarkannya di sana sekitar satu detik. Tool tip muncul di dekat kursor.

Topologi

Biasa pula disebut topologi jaringan, yaitu cara menghubungkan komputer dalam jaringan. Terdapat bermacam-macam topologi, seperti bus, star, dan ring.

Track

Jalur lintasan pada lempengan disket.

Tracking Method

Cara yang digunakan oleh affiliate program untuk melacak hal yang berkenaan dengan penjualan, prospek, atau banyaknya klik.

Tracking URL

Website URL, yang diikuti dengan kode khusus, sehingga pengunjung yang telah datang bisa dilacak kembali melalui kode khusus atau ID yang menempel pada URL tersebut.

Traffic

Jumlah muatan yang ada atau terkandung di dalam sebuah saluran komunikasi, dimana terjadi interaksi antara server/provider dengan user. Makin sedikit traffic yang terjadi, makin cepat pula aksesnya.

Transducer

Suatu nama lain dari speaker, hanya saja tidak termasuk boks atau komponen elektronik lainnya seperti amplifier. Ukuran setiap transducer biasanya ditentukan oleh diameter membran speaker dengan satuan inci.

Transfer Switch

Komponen yang mengatur pilihan aliran daya yang digunakan. Apabila catuan listrik normal, transfer switch akan menggunakannya. Apabila listrik padam, maka transfer switch akan langsung beralih mengambil daya dari baterai yang telah dikonversikan menjadi listrik AC oleh inverter.

Transmission Line

Jalur transmisi, yaitu koneksi fisikal dari komputer melalui internet seperti jalur telepon atau TI.

Transparent GIF

Jenis gambar berformat GIF yang memiliki daerah transparan. Daerah transparan ini biasanya akan diisi gambar background.

Tray

Area di sisi kanan taskbar Windows yang digunakan untuk menunjukkan status dari beragam fungsi, seperti volume speaker, dan transmisi modem.

Tray Icon

Dalam sistem operasi Windows, tray icon terletak pada toolbar di sebelah jam yang dapat menunjukkan status program yang berjalan pada komputer.