Apa Perbedaan Software dan Malware?

Apa Perbedaan Software dan Malware?

BIBLIOTIKA - Software adalah piranti lunak atau perangkat lunak, sebuah aplikasi program komputer. Pengertian ini juga mencakup sebuah program yang dibuat untuk dijalankan pada hardware tertentu.

Sedangkan Malware adalah singkatan Malicious Software, yaitu sejenis piranti lunak (software) yang dirancang untuk mengambil alih atau merusak sistem operasi tanpa sepengetahuan penggunanya. Contohnya adalah trojan, worm, spyware, dan lain-lain.

Selain Software dan Malware, berikut ini beberapa istilah dan singkatan lain seputar dunia komputer/internet serta dunia teknologi umumnya, yang juga perlu kita tahu.

ECMA

Singkatan dari European Computer Manufacture Association, yaitu perkumpulan penyalur peralatan komputer di Eropa yang ikut berperan serta dalam perumusan standar di dunia komputer.

ECR

Singkatan dari Error Checking and Recovery, yaitu prosedur pemeriksaan dan perbaikan parity secara otomatis, yang kemudian dilanjutkan dengan proses eksekusi.

EDA (Electronic Differential Analyzer)

Komputer analog yang menggunakan penghubung elektronik terpadu untuk menganalisis persamaan diferensial.

EDA (Even Driver Application)

Sebuah aplikasi yang dipasang untuk meningkatkan kecepatan komputer dalam memberikan respon cepat. Caranya adalah dengan mengambil input dari pengguna atau aplikasi lain tanpa mengikuti prosedur yang berlaku. Biasanya dijalankan sesuai dengan pilihan pengguna (memilih menu, menekan enter dan lain-lain). Aplikasi ini memiliki sifat yang berlawanan dengan aplikasi yang bersifat orientasi prosedur.

EDFA

Singkatan dari Erbium-Doped Fiber Amplifier, yaitu sebuah piranti yang memiliki fungsi meningkatkan sinyal dari sebuah serat optik. Pertama kali diperkenalkan pada tahun 1980-an. EDFA juga menjadi dasar pengembangan jaringan serat optik.

EDFS

Singkatan dari Error Detection and Feedback System, yaitu sistem transmisi yang secara otomatis akan mengirimkan kembali potongan data yang terdeteksi memiliki kesalahan.

EDGE

Singkatan dari Enhanced Data rates for GSM Evolution, yaitu suatu protokol yang mengatur cara kerja transfer data pada sistem wireless GSM. Kecepatan transfer data EDGE diklaim dapat mencapai 384 Kbps.

EDI

Singkatan dari Electronic Data Interchange, yaitu komunikasi elektronik dari transaksi bisnis, seperti order konfirmasi dan invoices antar perusahaan. Bagian ketiga dari komponennya memungkinkan EDI untuk menghubungkan perusahaan-perusahaan dengan perlengkapan komunikasi yang berbeda. Secara mudahnya, EDI adalah metode untuk saling bertukar data bisnis atau transaksi secara elektronik melalui jaringan komputer.

EDIFACT

Singkatan dari Electronic Data Interchange For Admnistration Commerce and Transport, yaitu serangkaian aturan standar penggunaan electronic data interchange.

Edit

Kegiatan memodifikasi format suatu keluaran atau masukan, dengan jalan menyisipkan atau menghapus karakter.

Edit Capability

Kemampuan yang ditawarkan pada programmer untuk memodifikasi statemen-statemen selama berada pada status time sharing.

Editor Program

Program khusus yang mempermudah pengguna melakukan koreksi, penyisipan, modifikasi, dan penghapusan, dalam program atau data yang ada.

EDO

Singkatan dari Enhanced Data Out, yaitu modul memori yang memiliki kecepatan lebih tinggi dari SIMM.

EDO RAM

Singkatan dari Extended Data Output RAM, yaitu jenis memori yang dapat menyimpan dan mengambil isi memori secara simultan. Jenis memori ini banyak menggantikan memori utama yang ada pada PC terdahulu, yaitu FPM (fast page memory) RAM. Karena dapat menyimpan dan membaca secara simultan, maka kecepatan baca tulis pada EDO RAM pun dapat lebih cepat.

EDP

Singkatan dari Electronic Data Processing, yaitu pengolahan informasi yang dikerjakan secara elektronik oleh komputer.

EDP Management Science

Ilmu yang mempelajari sekelompok masalah manajemen yang sanggup ditangani program komputer.

EDPS

Singkatan dari Electronic Data Processing System, yaitu sistem pengolahan data yang menggunakan alat bantu komputer.

Edu

Singkatan dari Education. Level tertinggi bagi nama domain, yang dipergunakan untuk mengidentifikasi bahwa pemilik domain tersebut adalah institusi pendidikan.