Apa Perbedaan Social Networking dan Social Media?

 Apa Perbedaan Social Networking dan Social Media?

BIBLIOTIKA - Social Networking, disebut juga jejaring sosial atau jaringan pertemanan, adalah layanan di internet yang berfokus pada pembangunan komunitas online dari orang-orang yang memiliki kesamaan minat atau aktivitas. Meski telah digagas sejak 1985 oleh The Well, model layanan ini baru mendapat respon besar pada awal 2000-an dengan ditandai lahirnya situs-situs jejaring sosial seperti Facebook, Path, dan lain-lain.

Sedangkan Social Media adalah istilah umum yang digunakan untuk mendefinisikan situs atau aplikasi web yang memiliki unsur interaksi di dalamnya (baik dalam bentuk teks, gambar, suara, video, atau gabungan dari semuanya). Contohnya adalah blog, forum online, dan semacamnya.

Selain Social Networking dan Social Media, berikut ini beberapa istilah dan singkatan lain seputar dunia komputer/internet serta dunia teknologi umumnya, yang juga perlu kita tahu.

LHA

Sebuah program kompresi yang sifatnya freeware, hasil pengembangan dari Haruyasu Yoshizaki. Program ini menggunakan variasi dari metode dictionary LZW (LZ77) yang selanjutnya diikuti oleh Huffman coding stage. Program ini pada umumnya digunakan pada PC yang menggunakan sistem operasi Linux atau sistem operasi lain yang sifatnya freeware. LHA bisa digunakan untuk mengkompresi dan dekompresi serta menciptakan extracting executables sendiri.

LHA File

Seri file yang telah mengalami kompresi menjadi satu file, dengan menggunakan utility LHARC.

Library


Dalam dunia programming, library adalah sekumpulan routine yang digunakan oleh program. Library sangat berguna untuk menyimpan routine yang sering digunakan, karena tidak perlu lagi membuat link tersendiri.

LIDE

Singkatan dari Led Indirect Exposure Technology Scanner, yaitu suatu piranti scanner modern. LIDE biasanya berbentuk tipis, ringan, dan tidak berisik, serta konsumsi dayanya lebih rendah dibandingkan dengan scanner teknologi lain. Teknologi ini memanfaatkan sumber cahaya tiga warna (RGB: Red, Green, Blue), yang bisa mereproduksi high colour dan hemat energi.

Lifetime Value of a Customer

Jumlah nilai penjualan dalam dollar yang bisa diperkirakan, yakni jumlah pengeluaran pelanggan untuk pembelian produk/jasa affiliate yang diharapkan.

LIFO

Singkatan dari Last In First Out, yaitu cara kerja sebagian besar prosesor tumpukan data, dimana data yang paling akhir diletakkan dalam tumpukan adalah yang pertama dipanggil.

Lightface

Jenis huruf yang sangat tipis.

Lightness

Tingkat kecerahan atau kepekatan sebuah warna.

Lightwave System

Sistem optik yang mentransmisikan pulsa-pulsa sinar melalui serat optik.

LILO

Singkatan dari last in last out, yaitu cara penyimpanan dan pemanggilan kembali data, dimana data yang tersimpan terakhir akan dipanggil terakhir pula.

LiMo

Singkatan dari Linux Mobile, atau lengkapnya Linux Mobile Foundation, yaitu sebuah aliansi yang didirikan oleh Motorola, NTT DoCoMo, NEC, Mobile Communications, Vodafone, Samsung Electronic, dan NEC, pada bulan Januari 2007, untuk membantu membangun Platform LiMo yang merupakan sebuah platform sistem operasi mobile. Sejak saat itu, semakin banyak anggota baru yang ikut serta bergabung dengan foundation tersebut.

Line

Rangkaian titik-titik yang membentuk garis tertentu dalam komputer grafis. Line juga merupakan baris dalam bahasa pemrograman yang terdiri dari satu pernyataan atau lebih, baris teks dalam sebuah dokumen, atau bisa juga diartikan sebagai saluran komunikasi, khususnya saluran telepon.

Linear Gradient

Filter yang berfungsi untuk menambah fokus ke sebuah gambar dengan memberikan cahaya yang lembut.

Line Noise

Gangguan distorsi pada gelombang sinyal listrik AC. Gelombang sinyal AC seharusnya berupa gelombang sinusoidal dengan aplitude yang relatif tetap, sementara line noise membuat pola gelombang jadi terganggu. Line noise biasanya disebabkan oleh gangguan dari interferensi elektromagnetis. Sering pula disebut dengan istilah waveform distortion.

Link

Proses untuk menghubungkan ke suatu posting/konten, atau ke web/blog yang lain. Link juga bisa diartikan sebagai sambungan atau koneksi dari sebuah sumber ke sumber yang lain, misalnya dalam sistem networking dalam komputer. Istilah ini juga digunakan dalam sistem hiperteks, yang berarti hubungan antara satu dokumen dengan dokumen lain.