Apa Perbedaan Secure dan Secure Server?

Apa Perbedaan Secure dan Secure Server?

BIBLIOTIKA - Secure berarti aman. Dalam dunia internet, data yang secure adalah data yang telah diacak sedemikian rupa sehingga sulit untuk dibaca orang, tetapi masih bisa dibaca oleh user tertentu.

Sedangkan Secure Server adalah web server yang menggunakan teknologi encryption (mengubah format plain text menjadi kode-kode) untuk mencegah pengguna yang tidak mempunyai hak memperoleh dan membaca pesan yang penting yang dikirim melalui internet.

Selain Secure dan Secure Server, berikut ini beberapa istilah dan singkatan lain seputar dunia komputer/internet serta dunia teknologi umumnya, yang juga perlu kita tahu.

Pop-over

Sebuah jendela browser baru yang muncul di atas jendela browser yang sedang ditampilkan.

Pop-under

Sebuah jendela browser baru yang muncul di bawah jendela browser yang sedang ditampilkan, untuk menampilkan halaman web lain atau iklan.

Pop-up

Jendela browser baru yang muncul di depan jendela browser yang sedang ditampilkan.

Port

Dudukan, atau tempat colokan, interface yang memungkinkan sebuah PC dapat mengirimkan atau menerima informasi ke atau dari piranti ekternal, seperti printer atau modem. Sebuah PC umumnya terdiri dari port serial, paralel, dan beberapa port USB.

Port juga bisa diartikan sebagai titik koneksi pada sebuah komputer yang datanya bisa diberikan dan diambil. Beberapa port berbentuk fisik, misalnya port TCP/IP yang dipakai sebuah komputer untuk berkomunikasi dengan komputer-komputer lain di internet.

Portal

Sebuah gateway atau penghubung ke internet, yang berisi informasi tentang berbagai hal. Portal juga bisa diartikan sebagai website yang didesain sebagai titik awal seseorang menjelajah internet. Pada umumnya, portal (misalnya Yahoo) menawarkan segalanya, kecuali portal-portal khusus (misalnya women.com) yang hanya melayani pengguna yang mempunyai minat tertentu saja.

Port Polling

Merupakan prosedur yang dijalankan oleh Windows ketika komputer melakukan booting, dan juga ketika suatu print job dikirimkan dari aplikasi tertentu. Sistem operasi secara otomatis akan melakukan cek dari parallel port (apabila menggunakan interface ini) maupun port-port lainnya, untuk memastikan printer telah siap untuk menerima print job baru. Biasanya, port polling dapat dinonaktifkan untuk meningkatkan kecepatan proses print.

POST 

Singkatan dari Power on Self-Test, yaitu test yang dilakukan oleh PC untuk mengecek fungsi-fungsi komponen pendukung PC untuk bekerja dengan baik. Merupakan rangkaian system check yang dilakukan oleh BIOS setiap kali pengguna menghidupkan komputer.

Postfix

Mail transport agent yang berjalan pada lingkungan root. Postfix ditujukan sebagai aplikasi yang cepat, mudah diatur, aman, dan kompatibel. Postfix terlebih dulu dikenal sebagai Vmailer, yang dirilis oleh IBM pada tahun 1998.

Posting

Pesan yang masuk ke dalam newsgroup atau panel pesan (message board). Dalam dunia blog, posting adalah kegiatan mengirimkan atau menerbitkan artikel ke dalam blog.

Postmaster


Alamat yang ditulis untuk mengajukan pertanyaan ke suatu perusahaan, tetapi tidak mengetahui alamat orang tertentu di dalam perusahaan tersebut.

POTS

Singkatan dari Plain Old Telephone Service, yaitu nama yang dikenal di seluruh dunia untuk jasa telepon analog biasa.

Power

Tingkat kekuatan sistem speaker untuk menyerap audio power dan menerjemahkannya menjadi suara dan panas. Sedangkan power amplifier merupakan kemampuan untuk meningkatkan audio power dan menyalurkannya ke speaker.

Power Conector

Pin yang menyambungkan motherboard dengan power supply di casing sebuah komputer. Pada motherboard tipe AT, casing yang dibutuhkan adalah tipe AT juga. Konektor power tipe AT terdiri dari dua bagian, dimana dua kabel dari power supply akan menancap.

Pada tipe ATX, kabel power supply menyatu dalam satu header yang utuh sehingga tinggal menancapkannya di motherboard. Kabel ini terdiri dari dua kolom sesuai dengan pin di motherboard yang terdiri atas dua larik pin juga. Ada beberapa motherboard yang menyediakan dua tipe konektor power, AT dan ATX. Kebanyakan motherboard terbaru bertipe ATX.

Tersedia paket buku digital BIBLIOTIKA. 
Untuk mendapatkan, klik di sini.