Apa Perbedaan Router dan Routing?

Apa Perbedaan Router dan Routing?

BIBLIOTIKA - Router adalah perangkat untuk mengkoneksikan lebih dari satu komputer secara bersamaan ke jaringan internet. Alat penghubung antara LAN dan internet yang merutekan transmisi antara keduanya.

Router juga bisa diartikan sebagai sebuah komputer atau paket software yang dikhususkan untuk menangani koneksi antara dua atau lebih network yang terhubung melalui packet switching. Router bekerja dengan melihat alamat tujuan dan alamat asal dari paket data yang melewatinya, dan memutuskan rute yang harus digunakan oleh paket data tersebut untuk sampai ke tujuan.

Sedangkan Routing adalah sebuah proses untuk meneruskan paket-paket jaringan dari satu jaringan ke jaringan lainnya melalui sebuah internetwork, dapat merujuk kepada sebuah metode penggabungan beberapa jaringan, sehingga paket-paket data dapat hinggap dari satu jaringan ke jaringan selanjutnya. Untuk melakukan hal ini, digunakanlah sebuah perangkat jaringan yang disebut router.

Selain Router dan Routing, berikut ini beberapa istilah dan singkatan lain seputar dunia komputer/internet serta dunia teknologi umumnya, yang juga perlu kita tahu.

Login

Atau Log In, yaitu proses untuk masuk ke dalam sebuah layanan online yang berisi nama dan password. Biasa pula disebut atau ditulis logon. Apabila aksesnya terbatas, maka sistem akan meminta pengguna untuk memasukkan nomor ID dan/atau password.

Login Name

Nama login yang dimiliki seseorang. Nama login digunakan oleh software dial-up untuk memeriksa si pemilik agar dapat terhubung ke jaringan ISP pada awal koneksi, juga bertindak sebagai nama khusus untuk alamt e-mail si pemilik.

LOGO

Sebuah bahasa pemrograman tingkat tinggi yang mengasumsikan bahwa pengguna memiliki akses ke terminal grafis tertentu. Program ini memungkinkan pengguna belajar secara cepat tentang cara membuat gambar-gambar geometri di layar.

Log Off

Mengakhiri hubungan atau akses ke komputer, sama dengan log out.

Logout


Atau Log Out, adalah keluar atau menutup, sama artinya dengan sign out.

LOL

Singkatan dari Laughing out Loud (tertawa terbahak bahak). Biasa digunakan dalam komunikasi melalui internet.

Long Domain Name

Nama domain yang mengandung lebih dari 26 karakter. Batasnya sampai 67 karakter, termasuk extension (.com, .net, dan lain-lain) yang disediakan.

Long File

Rekaman semua permintaan untuk file individual yang diminta dari suatu website.

Loop

Serangkaian intruksi dalam sebuah program yang bisa diulang-ulang pelaksanaannya sampai tercapai kondisi tertentu.

Loopback Address

Alamat IP (IP Address) yang dialokasikan software untuk mengakses host itu sendiri. Loopback Address tidak mewakili hardware yang tidak terkoneksi dengan suatu network, dan hanya digunakan untuk menjalankan aplikasi secara lokal dalam host yang bersangkutan.

Lossless

Algoritma kompresi data yang tidak menurunkan kualitas data. Kompresi lossless digunakan untuk data-data berupa gambar (GIF, TIFF), dan program (ZIP, GZ).

Lossy

Algoritma kompresi data yang membuat data mengalami penurunan kualitas. Kompresi lossy biasa digunakan untuk data berupa gambar (JPG), video (AVI, MPEG), dan suara (GSM, CCITT, DSP).

Low-End

Istilah untuk PC kelompok rendah, baik dari spesifikasi ataupun harganya.

Low Level Formatting

Pemformatan harddisk yang paling dasar, dan dilakukan untuk menyiapkan partisi serta pemformatan tingkat tinggi. Tindakan ini biasanya telah dilakukan oleh pembuat harddisk tersebut.

Low Level Frequency

Suatu frekuensi level rendah pada audio, dan biasanya berkisar antara 30 Hz dan 300 Hz atau lebih, dan sering disebut dengan istilah bass. Untuk dapat menghadirkan nada pada kisaran frekuensi ini, ditambahkan speaker khusus yang disebut subwoofer yang dilengkapi dengan komponen filtering tambahan.

Low Level Register

Sirkuit komputer yang berukuran kecil dan mempunyai kecepatan tinggi, yang bertugas mengatur operasi internal, seperti menentukan alamat yang dituju oleh sebuah perintah, dan data-data yang akan diproses. Apabila sebuah program di-debug, maka ia juga akan menentukan status dari komputer pada saat terjadi kerusakan.