Apa Perbedaan Newsgroup, Newsletter, dan News Reader?

Apa Perbedaan Newsgroup, Newsletter, dan News Reader

BIBLIOTIKA - Newsgroup adalah suatu fasilitas yang dapat digunakan sebagai forum diskusi di internet. Newsgroup dikelompokkan dalam subjek-subjek secara hirarkis. Untuk menggunakan newsgroup diperlukan aplikasi bernama newsreader dan koneksi internet ke news server terdekat.

Newsletter adalah lembar warta, semacam buletin. Di internet berarti lembar warta yang disebarkan melalui e-mail, dengan tata letak menyerupai halaman web, sehingga link-nya bisa di-klik.

Sedangkan News Reader adalah sebuah program yang memungkinkan orang untuk membaca dan merespon pesan yang dikirimkan ke pengguna newsgroup.

Selain Newsgroup, Newsletter, dan News Reader, berikut ini beberapa istilah dan singkatan lain seputar dunia komputer/internet serta dunia teknologi umumnya, yang juga perlu kita tahu.

MIME

Singkatan dari Multi-purpose Internet Mail Extension. Digunakan untuk menunjukkan tipe data dalam server web, sehingga program pembantu serta plug-in yang tepat dapat dipanggil.

Minicomputer

Komputer yang kelasnya di antara komputer mainframe dan komputer mikro.

Minimize

Meminimalkan. Memperkecil jendela pada monitor, hingga menjadi sebuah tombol pada taskbar dengan mengklik tombol Minimize.

Mini Site

Website yang terdiri dari 1 atau 2 halaman yang hanya fokus pada satu tema, atau satu produk barang/jasa.

Mirror Site

Merupakan duplikat dari suatu situs yang ditempatkan pada server aslinya. Fungsi mirror site adalah untuk mengurangi kemacetan lalu-lintas data pada suatu situs.

MLC

Singkatan dari Multi-Level Cell, yaitu suatu teknologi yang mampu menyimpan lebih dari 1 bit informasi dalam sebuah sel tunggal.

MMCA

Singkatan dari MMC Association. Didirikan pada tahun 1998 dengan 14 perusahaan sebagai anggota pertamanya, MMCA berdiri untuk mempromosikan pengadopsian MMC di seluruh dunia. Sekarang MMCA telah memiliki anggota lebih dari 200 perusahaan, dan mereka mengembangkan serta mengatur regulasi mengenai semua jenis MMC. Organisasi ini juga mengatur masalah kompatibilitas semua MMC yang diproduksi oleh tiap anggota MMCA.

MMCmicro

Kartu memori yang merupakan bagian dari keluarga multimedia card (MMC), dan memiliki kecepatan transfer data hingga 10 MB per detik. Pada awalnya, kartu ini dikenal dengan nama S-Card, diperkenalkan oleh Samsung pada bulan Desember 2004.

MMS

Singkatan dari Multimedia Messaging System, yaitu suatu bentuk format data yang biasa digunakan dalam selular. Data MMS bisa berbentuk gambar, suara, video, dan text yang lebih panjang dari SMS dan EMS.

Mobile Banking

Akses transaksi perbankan yang melalui piranti bergerak.

Moblogs

Disebut pula dengan istilah Moblogging, yaitu kegiatan blogging dengan menggunakan ponsel atau handphone.

MOBO

Istilah yang biasa digunakan untuk menyebut perangkat motherboard. MOBO sendiri dianggap sebagai singkatan dari motherboard.

Modem

Sebuah perangkat yang menerjemahkan informasi digital ke sinyal analog, dan sebaliknya. Karenanya, singkatan dari modem adalah modulator demodulator. Modem mengubah data digital ke sinyal analog untuk mengirimkan data, dan mengubah sinyal analog ke sinyal digital pada saat menerima data. Modem pada PC memiliki jenis yang berbeda, internal dan eksternal.

Moderator

Seseorang yang memimpin sebuah forum diskusi online, yang bertanggung jawab atau mengatur suatu mailing list atau news group. Moderator dapat menentukan siapa saja yang dapat melakukan posting ke suatu mailing list, dapat mengeluarkan seseorang dari suatu mailing list, dan sebagainya.

Mode Text 

Tampilan menu suatu program komputer dengan mode tulisan atau text, biasanya perintah dieksekusi dengan tombol keyboard.

Modul

Sebuah kesatuan software yang mengelompokkan kumpulan subprogram dan struktur data. Modul juga merupakan unit yang terpisah, sehingga bisa digunakan ulang dan mengijinkan programmer untuk bekerja pada modul berbeda secara simultan.

MOESI Cache

Singkatan dari Modified Owner Exclusive Shared Invalid, atau biasa pula disebut MOESI Cache Coherency Protocol. Berfungsi untuk menjaga data pada cache prosesor, juga mengidentifikasikan data dari sebuah prosesor lainnya, serta ketika data digunakan secara bersama oleh kedua prosesor. MOESI cache secara efektif mampu menurunkan trafik pada memori dan meningkatkan bandwidth.