Apa Perbedaan MPEG dan MPEG-1?

Apa perbedaan MPEG dan MPEG-1?

BIBLIOTIKA - MPEG adalah singkatan Motion Picture Expert Group, yaitu suatu nama organisasi internasional ISO/IEC yang mengembangkan standar pengkodean citra bergerak, seperti video. Beberapa standar yang dikembangkan adalah MPEG-2 dan MPEG-3. MPEG menjadi suatu standar dan format file untuk video bergerak dalam komputer.

Seangkan MPEG-1 adalah algoritma kompresi video yang merupakan bagian dari standar Video CD. Algoritmanya dikembangkan oleh Motion Picture Experts Group. MPEG-1 secara efektif mengompres gambar video hingga ukuran 1/140 dari ukuran aslinya.

Selain MPEG dan MPEG-1, berikut ini beberapa istilah dan singkatan lain seputar dunia komputer/internet serta dunia teknologi umumnya, yang juga perlu kita tahu.

MPEG-2

Algoritma video kompresi yang menjadi bagian standar DVD Video. Algoritma ini dikembangkan oleh Motion Picture Expert Group. MPEG-2 menawarkan resolusi 720 x 480 hingga 1280 x 720.

MPEG-4

Disebut pula 2 encoding, yaitu proses konversi audio dan video yang menggunakan format MPEG-4 atau MPEG-2.

Energy Star 4.0

Spesifikasi terbaru dari Environmental Protection Agency (EPA) yang dikhususkan untuk perangkat PC. Standarisasi ini untuk meningkatkan perhatian produsen dalam menciptakan produk dengan efisiensi energi yang tinggi. Versi 4.0 menambahkan standarisasi untuk kriteria konsumsi daya, saat idle kurang dari 65 persen dibanding saat PC dalam keadaan aktif.

Engineering Time

Waktu yang tidak produktif dari komputer, umumnya digunakan untuk perawatan komputer.

ENIAC

Komputer digital pertama yang dibuat oleh Pennsylvania University, Amerika Serikat, selama berlangsungnya Perang Dunia II (1942-1945). Ciri utamanya adalah penggunaan tabung hampa udara sebagai penguat sinyal.

Enter

Tombol pada keyboard yang berfungsi untuk memerintahkan komputer melakukan suatu intruksi, atau sekadar untuk membuat baris berikutnya, sekaligus memindahkan kursor ke baris tersebut.

Entity

Orang, lokasi, konsep, atau kejadian, yang direkam informasinya. Entity juga bisa diartikan sebagai unsur aktif dalam salah satu lapisan protokol komunikasi model OSI.

Entrance

Tempat yang disediakan dalam suatu program atau subrutin yang dipakai sebagai titik mulainya suatu eksekusi.

Entry

Data-data masukan yang diberikan atau diketikkan ke dalam program melalui terminal selama berlangsungnya proses eksekusi.

Entry Condition

Suatu kondisi yang harus dipenuhi sebelum rutin program dapat dilaksanakan.

Entry-Level

Kelompok pemakai komputer yang termasuk ke dalam pemula, sehingga standar yang digunakan lebih sederhana dibanding kelompok yang sudah profesional. Bisa pula diartikan sebagai segmen dari sebuah produk yang berada pada kelas terbawah di dalam lingkup teknologi yang setingkat. Dengan harga penawaran yang relatif terjangkau, namun sedikit terbatas dalam fasilitas dan kecepatan kinerjanya.

Entry Sorting

Teknik pengurutan masukan dengan cara menempatkan record yang baru dimasukkan ke dalam buffer, kemudian akan dilakukan penempatan ke dalam daftar yang sudah urut di memori.

Entry Variabel File

Pengelompokan unsur data berdasarkan pada hubungan dengan file induk agar memiliki arti.

Environment Pointer

Titik untuk menempatkan kode perintah dan data dalam suatu tugas yang telah dijabarkan.

EOF

Singkatan dari End of File, yaitu tanda yang menyatakan bahwa pembacaan telah sampai pada record terakhir dari sebuah file.

EOF Mark

Karakter kendali yang menandai akhir pembacaan seluruh record pada suatu file.

EOF Routine

Rutin program yang menguji apakah seluruh isi dari file telah dibaca komputer dengan benar sampai ke record terakhir.

EOL

Singkatan dari End of Line, yaitu tanda yang menyatakan bahwa pembacaan telah sampai pada baris terakhir.

EOM

Singkatan dari End of Message, yaitu urutan karakter khusus untuk menandai akhir suatu berita atau sebuah record selama berlangsungnya proses pengiriman berita.