Apa Perbedaan LED dan LED Power?

Apa Perbedaan LED dan LED Power?

BIBLIOTIKA - LED adalah singkatan Light Emitting Diode, yaitu sebuah teknologi display yang menggunakan konduktor semidioda yang memancarkan sinar apabila di-charge. Biasanya warna yang dipancarkan adalah semburat merah, meski ia juga dapat menghantarkan warna lain. LED merupakan display jam digital pertama, tetapi penggunaannya menjadi kurang populer karena tergantikan oleh LCD yang menggunakan lebih sedikit daya.

Sedangkan LED Power adalah teknologi display yang menggunakan diode semikonduktor yang menampilkan cahaya ketika di-charge. Berfungsi sebagai sinyal digital untuk mengetahui hidup matinya mesin komputer.

Selain LED dan LED Power, berikut ini beberapa istilah dan singkatan lain seputar dunia komputer/internet serta dunia teknologi umumnya, yang juga perlu kita tahu.

Emulation

Suatu langkah untuk membuat kondisi suatu piranti tertentu menyerupai kondisi yang diinginkan. Keserbagunaan komputer yang digambarkan dapat diprogram untuk meniru komputer lain. Komputer kecil dapat meniru komputer dengan kemampuan besar, atau komputer yang dapat menjalankan program yang diperuntukkan bagi jenis komputer tertentu.

Emulator

Sebuah device yang dibuat untuk bekerja sebagai copy tandingan dari mesin yang lain. Misalnya sebuah komputer dapat didesain untuk meniru atau melebihi model maupun software tereksekusi dari komputer yang lain. Atau sebuah terminal dapat didesain untuk menyamai sejumlah communications protocol dan berhubungan dengan network yang lain. Sebuah emulator dapat berupa hardware, software, atau keduanya.

Enabled

Perintah yang mengijinkan suatu alat atau item terpilih kembali berfungsi. Kebalikan dari disabled.

Enabling the Line

Kegiatan menyiapkan unit kendali transmisi untuk menerima panggilan pada saluran komunikasi.

Encapsulation Facility

Fasilitas antar sambungan jaringan yang mempunyai kemampuan untuk menjalin komunikasi antara dua sistem dengan rancang bangun yang berbeda. Jaringan yang dipakai akan disesuaikan dengan rancang bangun jaringan lain.

Encode

Kegiatan mempersiapkan suatu rutin program ke dalam bahasa mesin sehingga dapat segera dilaksanakan oleh komputer.

Encoder

Suatu sistem komputer atau sistem jaringan yang hanya mampu menerima satu masukan saja, yang setiap masukan akan menghasilkan beberapa kombinasi hasil keluaran.

Encoding

Sebuah metode pengubahan data digital menjadi format lain sesuai dengan yang diinginkan. Tidak sebagaimana encryption, encoding tidak ada hubungannya dengan pengamanan. Penerapan yang biasa menggunakan encoding di internet adalah mengubah binary file ke file ASCII, biasanya dengan tujuan agar dapat mudah ditransfer lewat e-mail atau newsgroup.

End

Tombol pada keyboard, berfungsi untuk menggerakkan kursor ke akhir baris.

End Distortion

Gangguan pada pengiriman data secara asinkron yang disebabkan karena adanya distorsi pada bit stop.

Endian

Big-endian adalah sebuah format untuk storage atau transmisi dari data binari, dimana bit atau byte yang signifikan umumnya ditempatkan pada bagian kiri struktur. Pengubah konversinya disebut sebagai little endian, yang menempatkan lawan dari bit data yang signifikan, juga pada bagian kiri.

Ending Delimiter

Field dalam frame MAC yang menunjukkan akhir field informasi dan awal dari field frame check sequence (FCS).

Endless Loop

Suatu blok perintah dalam program komputer yang terus dilaksanakan berulang kali (looping), akibat dari kesalahan penulisan program.

End Note

Catatan yang ditempatkan di bagian bawah halaman, namun hanya berlaku pada halaman tertentu saja.

End of Carry

Istilah untuk sisa pembagian bilangan biner (binary).

End of Data Mark

Suatu karakter yang menandai akhir dari semua data dalam suatu unit penyimpanan.

End of File Mark

Karakter kendali yang menandai akhir pembacaan seluruh record pada suatu file.

End System

Hardware dalam sistem komunikasi yang bertindak sebagai sumber data (pengirim/sender) atau tujuan akhir data (penerima/receiver).

End Users

Sebutan bagi orang yang hanya mengoperasikan suatu alat atau program yang dibuat oleh pihak lain.