Apa Perbedaan GPS dan GPRS?

Apa Perbedaan GPS dan GPRS?

BIBLIOTIKA - GPS adalah singkatan Global Positioning System, yaitu sistem navigasi yang menggunakan 24 satelit MEO (Medium Earth Obit atau Middle Earth Orbit), yang mengelilingi bumi dan penerima-penerima di bumi.

Sedangkan GPRS adalah singkatan General Packet Radio Service, yaitu pengembangan teknologi sistem komunikasi GSM mobile, yang memungkinkan transfer data dengan beragam aplikasi sistem menjadi lebih mudah. Layanan ini diperuntukkan bagi komputer jinjing (notebook). Dasar dari GPRS adalah komunikasi GSM (Global System for Mobile Communication). Kecepatan yang ditawarkan mulai dari 56 Kbps sampai dengan 114 Kbps, memungkinkan untuk mengakses internet dengan lebih cepat.

Selain GPS dan GPRS, berikut ini beberapa istilah dan singkatan lain seputar dunia komputer/internet serta dunia teknologi umumnya, yang juga perlu kita tahu.

IEEE

Singkatan dari Institute of Electrical and Electronics Engineers, yaitu sebuah organisasi internasional yang mempublikasikan beberapa persoalan kunci dalam dunia networking komputer. Milsalnya, IEEE inilah yang mengeluarkan “fatwa” mengenai standarisasi Ethernet Networking System.

IEEE 1284

Disetujui pada tahun 1994 sebagai standar untuk antarmuka (interface) pararel dua arah. Kecepatan yang bisa dicapai oleh antarmuka ini adalah 1 Mbps.

IEEE 1394

Istilah lain untuk fireware.

IEEE 696/S-100

Identifikasi standar yang dibuat oleh IEEE untuk menjamin kesesuaian produk-produk komputasi dengan standar tersebut.

IEEE 802

Serangkaian standar yang dikembangkan oleh IEEE untuk menentukan metode pengaksesan dan pengendalian pada Local Area Network (LAN).

IEEE 8023

Standar yang mendeskripsikan format-format dan protokol yang digunakan pada tingkat akses medium untuk sebuah LAN.

IETF

Singkatan dari Internet Engineering Task Force, yaitu sebuah organisasi yang berwenang dan bertanggung jawab dalam mengatur dan menetapkan protokol-protokol standar yang digunakan di internet.

IF

Pernyataan kondisional dalam pemrograman yang meminta komputer untuk mengeksekusi pilihan berdasarkan kondisi yang diberikan. Saat komputer menemukan IF, ia akan menunggu perbandingan data dan mengevaluasi kondisinya. Apabila kondisi tersebut bernilai True, maka pernyataan setelah Then akan dieksekusi.

IFAC

Singkatan dari International Federation of Automatic Control, yaitu organisasi internasional yang bergerak di bidang pengembangan ilmu dan teknologi kontrol.

IFF

Format grafis yang dirancang untuk komputer Commodore Amiga.

IFIP

Singkatan dari International Federation for Information Processing, yaitu organisasi dunia yang anggota-anggotanya mewakili negara masing-masing dalam bidang teknologi informasi.

IFrame

Singkatan dari Inline Frame, yaitu floating frame yang dipasang di dalam halaman web.

If-requisite

Syarat yang berlaku untuk sebuah produk opsional.

IGC

Singkatan dari Integrated Graphic Controller. Biasa pula disebut IGP atau Integrated Graphic Port. (Penjelasan lihat IGP).

IGP (Integrated Graphic Port)

Suatu chip grafis yang terintegrasi di dalam chipset motherboard dan memiliki fungsi yang sama seperti halnya video card. Bedanya, kebanyakan IGP tidak memiliki memori yang khusus untuk dirinya, dan mengambil langsung dari memori komputer utama, meski pada sebagian produsen juga mengimplementasikan chip memori khusus untuk IGP ini.

IGP (Interior Gateway Protokol)

Sebuah protokol yang dipakai oleh gateway dalam sebuah autonomous sistem untuk memindahkan rute informasi.

IIS

Singkatan dari Internet Information Server, yaitu web server dari Microsoft. IIS hanya dapat berjalan di atas sistem operasi Microsoft Windows. IIS merupakan paket built-in pada Microsoft NT Server 4, 2000, dan seterusnya.

ILD

Singkatan dari Inter Layer Dielectric, yaitu sebuah isolasi atau penyekat yang terpasang di antara layar alumunium atau kawat tembaga yang menghubungkan transistor-transistor pada sebuah chip. Dielektrik polymer yang ditemukan di awal abad 21 sangat mempengaruhi desain sebuah chip.

Illegal Character

Karakter atau kombinasi beberapa bit yang tidak diterima oleh komputer atau tidak dikenal oleh komputer.