Apa Perbedaan E-Mail, E-Mail Address, dan E-Mail Client?

Apa Perbedaan E-Mail, E-Mail Address, dan E-Mail Client?

BIBLIOTIKA - E-Mail adalah singkatan Electronic Mail, yaitu program aplikasi yang biasa digunakan untuk berkomunikasi via tulisan di internet, atau surat-menyurat melalui internet. Pengguna dapat saling bertukar berita/informasi, dan berita/informasi tersebut akan dikumpulkan dalam sebuah file untuk pengalamatan yang berupa mailbox (kotak surat), sehingga pengguna dapat membaca berita/informasi yang ditujukan kepadanya kapan saja.

Sedangkan E-Mail Address adalah alamat yang dipakai pada proses pengiriman e-mail ke tujuannya. Alamat tersebut dibuat berdasarkan DNS.

Kemudian, E-Mail Client adalah aplikasi yang diinstal di komputer client yang berjalan pada PC atau dalam jaringan, yang memungkinkan dan membantu untuk mengirim, menerima, membaca, dan mengelola e-mail. Contoh aplikasi e-mail client adalah Microsoft Outlook Express, Mozilla Thunderbird, dan lain-lain.

Selain E-Mail, E-Mail Address, dan E-Mail Client, berikut ini beberapa istilah dan singkatan lain seputar dunia komputer/internet serta dunia teknologi umumnya, yang juga perlu kita tahu.

E-Mail Discussion Lists

Tak jauh beda dengan forum diskusi internet, tetapi diskusi ini dilakukan melalui e-mail, tidak melalui web.

E-Mail Marketing

Proses marketing yang dilakukan melalui e-mail.

E-Mail Signature

Sebuah pesan singkat yang menjadi kalimat penutup pada setiap email yang dikirim oleh seseorang. Isi e-mail signature bisa berupa link situs yang relevan, pesan-pesan tertentu, dan lain-lain.

E-Mail Virus

Virus yang dikirimkan sebagai file lampiran (attached file) pada e-mail. Virus akan bekerja dan menginfeksi jika pengguna membuka file attachment tersebut. E-mail virus sebagian besar adalah virus macro yang menyerang aplikasi Microsoft Word, dan biasanya file virus tersebut berekstensi .exe.

E-Mail Virus Scanner

Fitur antivirus yang berfungsi untuk memfilter penetrasi virus ke dalam sistem PC melalui e-mail.

Direct Printing

Fungsi dari fasilitas printer yang dapat mencetak langsung format gambar maupun teks dari perangkat lain tanpa melalui komputer. Direct Printing juga merupakan individual ink tank, yakni printer yang menggunakan tangki tinta satu persatu, tidak seperti kebanyakan tangki tinta pada printer konvensional yang menggunakan tinta hingga tiga atau empat warna sekaligus dalam satu tangki.

DirectShow

Pada mulanya bernama Quartz, yaitu bagian dari Microsoft Platform SDK yang digunakan untuk menangani file media. DirectShow dimaksudkan sebagai pesaing QuickTime milik Apple, dan sebagai pengganti Video for Windows.

DirectX

Suatu API (Application Programming Interface) yang digunakan oleh Microsoft pada operating system Windows, dalam berkomunikasi dengan hardware-hardware PC yang dikendalikannya.

Disconnect Time-Out

Batas waktu yang digunakan oleh switched network untuk melakukan pemutusan hubungan komunikasi apabila sebuah stasiun dalam keadaan tidak aktif melebihi batas waktu tertentu.

Discreate Circuitry

Membangun sirkuit elektronik dengan memasang beberapa bagian secara individual. Kebalikan dari IC, dan saat ini discreate circuitry jarang dipakai karena harganya mahal dan juga kurang andal.

Discussion Forums

Forum diskusi dalam suatu situs, dimana orang-orang dapat berdiskusi secara terbuka dan membahas bermacam-macam topik.

Disk

Suatu media penyimpanan data. Biasanya, yang dimaksud dengan disk adalah floppy disk atau harddisk. Disk merupakan piringan tipis yang dilapisi bahan magnetik (oksida besi) yang mampu menyimpan sejumlah data atau informasi. Pembacaan dan penulisan informasi dipusatkan pada track.

Disk Boot

Disket yang dapat digunakan untuk melakukan booting komputer.

Disk Cleaner

Cairan yang digunakan untuk membersihkan head pada disk drive. Disk cleaner biasanya dilengkapi dengan disket yang berfungsi untuk membersihkan head suatu disk drive. Bila head tidak dalam keadaan bersih, maka akan terjadi kesalahan pembacaan data.

DISKCOPY

Program di dalam DOS yang berfungsi untuk menyalin keseluruhan isi suatu disk dengan jenis drive yang sama.

Disk Defragmenter

Tool yang digunakan untuk mengatur struktur atau tata letak file sehingga akan mengurangi fragmentasi sebuah space harddisk.