Apa Perbedaan Domain Name Service dan Domain Name System?

 Apa Perbedaan Domain Name Service dan Domain Name System?

BIBLIOTIKA - Domain Name Service adalah sistem database terdistribusi yang tidak terlalu terpengaruh oleh bertambahnya database. Suatu layanan di internet untuk jaringan yang menggunakan TCP/IP. Layanan ini digunakan untuk mengidentifikasi sebuah komputer dengan nama, dan bukan dengan menggunakan alamat IP (IP address).

Domain Name Service melakukan konversi dari nama ke angka, dan dilakukan secara desentralisasi, dimana setiap daerah atau tingkat organisasi memiliki domain sendiri. Masing-masing memberikan servis DNS untuk domain yang dikelola.

Sedangkan Domain Name System adalah suatu sistem yang memungkinkan nama suatu host pada jaringan komputer atau internet ditranslasikan menjadi IP address. Dalam pemberian nama, DNS menggunakan arsitektur hierarki. Secara mudahnya, DNS adalah sistem yang digunakan untuk penamaan alamat URL.

Selain Domain Name Service dan Domain Name System, berikut ini beberapa istilah dan singkatan lain seputar dunia komputer/internet serta dunia teknologi umumnya, yang juga perlu kita tahu.

CSP

Singkatan dari Customer Support Page, yaitu lembaran dalam dokumen web yang berisi bantuan pemakaian/penggunaan bagi pengguna internet yang mengakses web bersangkutan.

CSS

Singkatan dari Cascading Style Sheets, yaitu bahasa pemrograman yang digunakan untuk membuat halaman web yang ditulis dengan kode HTML atau XHTML. Kelebihan CSS adalah memungkinkan pengguna untuk mengontrol tampilan halaman situs secara bersamaan dari lokasi yang sama.

CSTN

Singkatan dari Color Super Twist Nematic, yaitu suatu tipe layar yang banyak digunakan pada selular. CSTN biasanya tidak memiliki warna, atau berwarna sedikit. CSTN memiliki kualitas yang lebih rendah dan lebih murah dari TFT.

CSU

Singkatan dari Channel Service Unit, yaitu sebuah alat pemroses sinyal digital yang berfungsi sebagai filter bagi sinyal yang dikirim ataupun diterima, sebagai buffer antara komputer pengguna dan WAN, dan melakukan testing pada transmisi digital sehingga mencegah terjadinya kesalahan dan kegagalan proses transmisi.

CTR

Singkatan dari Click Through Rate/Ratio, yaitu persentase ad-impression yang dihasilkan melalui klik.

Cursor

Garis lurus yang berkedip-kedip untuk menunjukkan dimana teks dapat disisipkan atau diketik. Tanda yang dipakai di atas layar monitor yang menunjukkan karakter selanjutnya diletakkan.

Cursor Controller

Alat untuk memindahkan kursor ke seluruh layar monitor, dapat pula digunakan untuk menggambar atau memilih item menu. Misalnya, mouse.

CU-SeeMe

Software yang digunakan untuk mengadakan konferensi video secara online melalui internet.

Custom

Pengubahan konfigurasi dari suatu instalasi dengan kotak dialog dan memberikan kesempatan kepada pengguna untuk memilih.

Customize

Memperbaiki tampilan sesuai dengan keinginan. Pengaturan ulang yang dilakukan oleh pengguna pada software yang bersangkutan.

Cut

Menghilangkan sebuah objek (teks atau gambar) dari layar monitor, dan menyimpannya ke dalam clipboard.

CWIS

Singkatan dari Campus-Wide Information System, yaitu sebuah sistem yang berfungsi untuk menyediakan informasi secara elektronik melalui jaringan, bagi sebuah kampus atau universitas.

Cyber

Istilah yang biasa digunakan untuk menyatakan sesuatu yang berhubungan dengan internet.

Cyber Cafe

Istilah untuk menggambarkan area terbuka untuk semua pengguna internet. Sebuah tempat, biasanya sebuah coffee shop, yang menawarkan akses internet kepada publik.

Cyberlaw

Hukum atau undang-undang yang mengatur tindakan yang terjadi di dunia maya internet.

Cybernetics

Ilmu yang mempelajari komunikasi dan pengendalian dalam sistem penanganan informasi.

Cyberpunk

Orang (baik amatir ataupun profesional) yang percaya bahwa orang biasa (siapa saja) berhak menggunakan teknik enkripsi (encryption technique) untuk mengkode (encrypt) data atau berita (message) sehingga hanya orang yang dituju yang dapat membaca berita dari data tersebut.

Cybersex

Sesuatu yang berhubungan dengan seks, yang berlangsung di internet.