Apa Perbedaan Codec dan Code-Decoder?

Apa Perbedaan Codec dan Code-Decoder?

BIBLIOTIKA - Codec adalah singkatan Coding Decoding, atau Coder Decoder, yaitu suatu proses pengubahan sinyal digital menjadi analog atau sebaliknya. Codec merujuk pada perangkat atau program yang memiliki kemampuan dalam melakukan transformasi data stream atau sinyal. Codec dapat mengubah data stream atau sinyal ke dalam bentuk yang telah di-encode, dan men-decode-nya kembali untuk dioperasikan.

Sedangkan Code-Decoder adalah alat yang berfungsi mengubah data analog menjadi aliran bit-bit digital, dan mengubah sinyal digital menjadi data analog.

Selain Codec dan Code-Decoder, berikut ini beberapa istilah dan singkatan lain seputar dunia komputer/internet serta dunia teknologi umumnya, yang juga perlu kita tahu.

Code

Metode untuk menggambarkan simbol dalam bit biner (dalam sistem ACSII ataupun BCD). Istilah ini juga digunakan untuk baris perintah yang ditulis programmer dalam pembuatan sebuah program komputer.

Code Snippet

Suatu istilah pemrograman untuk sebagian kecil dari re-usable source code, atau teks. Biasanya, unit operatif yang didefinisikan secara formal ini seringkali digunakan untuk memperjelas makna dari sebuah fungsi yang tak beraturan, atau meminimalkan pemakaian kode berulang yang umum bagi fungsi-fungsi lain.

Manajemen snippet adalah sebuah fitur dari beberapa editor teks, editor source code program, IDE, dan software terkait. Dengan manajemen snippet, maka pengguna dapat mempertahankan, dan memakai snippet sepanjang operasi edit rutin.

Coding Sheet

Lembaran kertas yang dicetak secara khusus untuk membantu programmer menulis program di atasnya.

COBOL

Bahasa pemrograman yang dirancang khusus untuk menangani aplikasi bisnis dan pemrosesan data. COBOL sangat baik untuk menangani file.

Co-Branding

Permohonan suatu pihak kepada pihak lain untuk menempatkan logo, nama perusahaan, dan hal-hal lain yang berhubungan dengan merek produk atau perusahaan pada sebuah produk atau situs.

COC

Singkatan dari Concurent Operational Control, yaitu kemampuan komputer untuk mengendalikan pemrosesan beberapa tugas dari beberapa program dalam waktu yang bersamaan.

CODASYL

Singkatan dari Conference of Data System Languages, yaitu organisasi yang memformulasikan aturan-aturan baku pada COBOL dan DBMS.

CODT

Singkatan dari Connection Oriented Data Transfer, yaitu protokol untuk mengadakan pertukaran data, dengan membangun hubungan antar titik terlebih dulu.

COGO

Nama sebuah bahasa pemrograman tingkat tinggi yang diperuntukkan bagi pembuatan program penghitungan di bidang teknik, khususnya teknik sipil.

Cold Boot

Menghidupkan komputer dengan menekan tombol switch power. Booting dingin mendaur ulang akses memori acak komputer, sekaligus juga menghapus virus-virus yang mungkin bercokol pada memori sebelumnya. Cold Boot juga digunakan sebagai istilah untuk men-start komputer dengan merotasi daya.

Cold boot menggunakan sebuah rescue disk (floppy disk kosong berisi boot instructions dan kemampuan men-scan virus). Cold boot pada umumnya diperlukan untuk membersihkan infeksi virus pada boot sector.

Cold Start

Sebuah program pemberi masukan pengenalan. Program ini akan memberi tanda pengenal pada hardware, membersihkan buffer dan daerah kerja, mengatur pointer, serta menyiapkan semua peralatan sebelum melakukan tugas penting.

Collating Sequence

Semua simbol dan huruf yang digunakan oleh komputer akan diberi nilai numerik. Nilai tersebut akan digunakan komputer ketika mengurutkan nama. Collating sequence terdiri dari semua huruf, angka dan simbol, yang diurutkan dari yang terkecil hingga yang terbesar.

Collision

Suatu kondisi yang terjadi bila dua buah device mengirim data pada saat yang bersamaan. Akibat dari kejadian ini adalah hilangnya data.

Colocation

Salah satu tipe utama dalam layanan hosting, yaitu meletakkan equipment-nya sendiri dalam satu lokasi dengan penyedia jasa hosting. Server bisa dipilih dan ditentukan sendiri, mengatur dan menginstall software-software yang diperlukan, dan kemudian meletakkannya di dalam lingkungan dan fasilitas penyelenggara jasa hosting. Colocation adalah cara yang paling mendekati keadaan seolah-olah memiliki staf atau bagian yang mengelola servernya sendiri.