Apa Perbedaan Chat dan Chatting?

Apa Perbedaan Chat dan Chatting?

BIBLIOTIKA - Chat adalah layanan percakapan online yang biasa digunakan pengguna internet untuk berbicara dengan pengguna lain. Untuk bisa menggunakan fasilitas ini biasanya dapat melalui sebuah situs atau dengan menginstal sebuah aplikasi khusus untuk melakukan aktivitas chat. Biasanya layanan ini digunakan untuk saling berkenalan, mencari teman baru, hingga menjadi solusi komunikasi yang mudah dan murah.

Secara harfiah, chat dapat diartikan sebagai obrolan. Namun dalam dunia internet, istilah ini merujuk pada kegiatan komunikasi melalui sarana baris-baris tulisan singkat yang diketikkan melalui keyboard.

Sedangkan Chatting adalah aktivitas berkomunikasi langsung melalui pengetikan pesan. Chatting mirip seperti SMS, dan software yang biasa digunakan adalah Yahoo Messenger, Google Talk atau yang lainnya. Chatting merupakan percakapan real-time antara dua orang user atau lebih melalui jaringan komputer atau internet.

Selain Chat dan Chatting, berikut ini beberapa istilah dan singkatan lain seputar dunia komputer/internet serta dunia teknologi umumnya, yang juga perlu kita tahu.

Chat Room

Ruang untuk chatting, tempat para pengguna internet dapat berkomunikasi secara langsung.

Chanop

Singkatan dari Channel Operator, yaitu operator sebuah channel di IRC. Seorang operator biasanya memiliki tanda @ di depan namanya.

Character

Sekelompok kecil bit yang pengaturannya memberikan arti tertentu.

Character Set

Semua huruf dan simbol yang digunakan oleh sebuah peralatan atau bahasa komputer.

Charge Back

Pengembalian produk atau uang yang dibeli oleh pelanggan (dalam aktivitas bisnis di internet), sehingga mengakibatkan pembatalan komisi affiliate.

Charisma Engine II

Merupakan fixed function T&L-engine. Radeon 8500 T&L-engine dapat memiliki tenaga yang mampu memproses sekitar 60 juta segitiga per detik.

CHDIR

Perintah untuk pindah atau mengaktifkan direktori dalam lingkungan sistem operasi DOS. Penulisan perintah ini sering disingkat dengan “cd” yang diikuti dengan nama direktori tujuan.

Check Box

Digunakan dalam form dengan tujuan agar dapat memilih satu atau beberapa pilihan yang tidak eksklusif dalam list.

Check Digit

Sebuah angka yang dipakai dalam proses pemeriksaan.

Check Point

Status yang menunjukkan panjangnya suatu program berlangsung, yang umumnya akan disimpan setiap beberapa waktu sekali. Dalam dunia game, istilah ini digunakan sebagai metode penyimpanan hasil yang ditempuh dan dicapai selama bermain game. Check point berguna untuk melanjutkan kembali game yang mati atau terhalang di tengah jalan, sehingga tidak perlu memainkan game tersebut dari awal lagi.

Check Register

Suatu register yang bertugas memeriksa keakuratan proses pengiriman, dengan cara membandingkan pengiriman pertama dan pengiriman kedua atas sebuah data yang sama.

Check Sum

Nilai perhitungan yang berdasarkan pada isi sebuah blok data, dan nilai tersebut akan dikirim bersama blok data. Ketika sebuah blok data yang panjang ditransmisikan ke sebuah komputer, maka karakter tambahan akan mengindikasikan jumlah bit total yang sering terlacak. Komputer akan tetap menjalankan penghitungan, dan apabila hasilnya tidak sesuai dengan check sum maka berarti telah terjadi kesalahan.

ChkDSK

Program untuk mengecek keadaan dan isi dari sebuah disk dalam sistem operasi DOS. Untuk tujuan itu, sebelumnya harus memiliki file CHKDSK.EXE terlebih dulu.

CHS

Singkatan dari Cylinder Head Sector, yaitu cara konvensional untuk pengalamatan sector pada harddisk.

CIDR

Singkatan dari Classless Inter-Domain Routing, yaitu sebuah metode untuk membuat alamat tambahan pada internet, yang disediakan oleh Internet Service Provider (ISP) bagi para konsumennya. CIDR mengurangi beban pada router internet dengan merepresentasi ribuan alamat yang dilayani oleh sebuah penyedia backbone utama. Tanpa adanya CIDR, maka router tidak akan dapat menopang perkembangan jumlah situs yang ada di internet.