Apa Perbedaan CD-R, CD-ROM, dan CD-RW?

Apa Perbedaan CD-R, CD-ROM, dan CD-RW?

BIBLIOTIKA - CD-R adalah singkatan Compact Disk Recordable, yaitu media penyimpanan sejenis CD-ROM yang dirancang untuk dapat ditulisi dengan menggunakan sebuah perangkat drive khusus. Berbeda dengan CD-ROM, dimana data langsung dituliskan pada saat keping CD diproduksi, CD-R dijual dalam kondisi kosong (blank).

Proses perekaman dilakukan dengan bantuan perangkat lunak khusus dan diistilahkan sebagai burning. Data yang terekam di dalamnya bersifat WORM (Write Once Read Many), artinya data hanya dapat ditulis sekali dan untuk selanjutnya hanya bisa dibaca.

Sedangkan CD-ROM adalah singkatan Compact Disk Read Only Memory, yaitu Compact Disk yang tidak bisa dipakai untuk menulis ulang (dihapus atau ditambah), dan digunakan dalam penyimpanan data komputer.

Perangkat pada PC yang dapat digunakan untuk menginstal software, menjalankan aplikasi, atau mendengarkan musik. Secara fisik sama dengan CD (compact disk), namun berisi sekumpulan data digital, dengan kemampuan penyimpanan hingga 700 MB. Data yang disimpan hanya bisa dibaca, tetapi tidak dapat diubah.

Kemudian, CD-RW, adalah singkatan Compact Disc ReWriteable, yaitu suatu CD yang dapat ditulisi data dan dihapus kembali. CD-RW memiliki teknologi yang lebih maju dari CD-R. CD-RW mampu menulis data pada CD berulang kali.

Selain CD-R, CD-ROM, dan CD-RW, berikut ini beberapa istilah dan singkatan lain seputar dunia komputer/internet serta dunia teknologi umumnya, yang juga perlu kita tahu.

CD Player

Aplikasi atau perangkat yang khusus untuk memutar atau memainkan CD Audio.

CD-ROM Drive

Alat pemutar CD ROM. Suatu drive untuk merekam atau memainkan Compact Disk, yang sering dijumpai adalah CD-ROM (CD Read Only Memory), MO (Magneto-Optical), dan WORM (Write Once Read Many). Drive ini dapat dipasang di komputer, juga dapat dibawa-bawa (portabel).

CD-RW Drive

Alat pembaca Compact Disk yang digunakan untuk mengisikan data ke dalam CD- RW.

Canned Software

Software yang telah dibuat oleh orang lain, dan pengguna (user) tinggal membeli serta menggunakannya saja.

Caps Lock

Tombol pada keyboard komputer yang berfungsi mengubah semua tombol huruf menjadi huruf besar.

Captcha


Singkatan dari Completely Automated Public Turing test to tell Computers and Humans Apart, yaitu sebuah gambar yang berisi kata, huruf, atau angka, yang harus diketikkan untuk verifikasi. Berguna untuk menangkal spam. Captcha ditemukan pada tahun 2000 oleh para peneliti dari Carnegie Mellon University. Implementasi Captcha yang terbaru adalah reCaptcha.

Caption

Dalam lingkungan pengolah kata Microsoft Word, perintah ini digunakan untuk menambahkan keterangan pada sebuah gambar, tabel atau objek lainnya.

Capture


Mengkopi semua atau sebagian gambar yang ada di layar, kemudian disimpan sebagai sebuah file.

Card File

Program aplikasi dalam lingkungan Windows yang dapat digunakan sebagai buku alamat, karena dapat menyimpan data seseorang, seperti nama, alamat, nomor telepon, serta beberapa catatan lainnya.

Card Reader

Alat yang digunakan untuk membaca, memindahkan, atau membuang, isi data sebuah memory card. Proses pembacaan data dapat berlangsung di komputer ataupun di beberapa device lain yang telah memiliki kemampuan sebagai USB host.

Career Mode

Dalam dunia game, istilah ini menunjukkan bahwa pemain diharuskan memulai game dari awal sekali, atau mulai membangun karir, seperti misalnya pemain hanya dibekali peralatan yang minim, biaya yang sedikit, atau semua kondisi yang minimal.

Carriage Return

Istilah lain untuk menyebut tombol Enter pada keyboard.

Carrier

Sinyal yang dibaca modem, ketika modem sedang berada pada akhir tugas membaca dari jalur lain namun tidak sedang melakukan transmisi.

Carry

Suatu keadaan dimana komputer menjumlahkan dua angka dan mendapatkan jawaban yang melebihi kapasitas register. Ketika hal ini terjadi, maka angka 1 di bagian paling kiri jawaban akan hilang. Tetapi komputer mengenali situasi ini dengan memberikan carry flag.

Carry Flag

Suatu rangkaian flip-flop untuk menandai adanya overflow dalam operasi penghitungan komputer.