Apa perbedaan Buffer dan Buffered?

 Apa perbedaan Buffer dan Buffered?

BIBLIOTIKA - Buffer atau memori sementara, adalah salah satu segmen pada memori yang digunakan untuk menahan data selama data tersebut sedang dalam proses. Dalam sebuah program, buffer sengaja diciptakan untuk menahan beberapa data yang akan ditulis atau dibaca. Pada beberapa aplikasi media, sebuah program menggunakan buffer untuk menyimpan cadangan data video atau audio. Pada hardware, buffer adalah alat yang meluaskan sinyal, memperbesar kemampuan drive.

Sedangkan Buffered adalah istilah yang digunakan untuk menyebut upaya menambahkan komponen logika tambahan, atau driver, ke dalam sebuah SIMM atau DIMM untuk meningkatkan arus keluaran. Hal ini dilakukan untuk menghindari pengurangan kualitas sinyal data akibat proses kapasitansi. Modul memori yang termasuk jenis buffered biasanya memiliki chip-chip buffer kecil yang terpasang di dalam modul tersebut.

Selain Buffer dan Buffered, berikut ini beberapa istilah dan singkatan lain seputar dunia komputer/internet serta dunia teknologi umumnya, yang juga perlu kita tahu.

Buffer Memory

Memori penyangga atau memori cadangan.

Buffer Underrun

Masalah yang terjadi dalam proses pemindahan data, karena PC tidak memasok cukup data ke CD writer.

Bug

Kesalahan dalam program yang mengakibatkan jalannya program menjadi kurang baik. Bug biasa digunakan untuk menyebut suatu cacat/kesalahan pada software atau hardware yang membuatnya tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Proses untuk menemukan dan mengatasi bug disebut debugging.

Bullet

Istilah di lingkungan pengolah kata yang menyatakan penomoran beberapa baris naskah dengan menggunakan lambang atau simbol berukuran kecil.

Burning

Membakar, yaitu proses penulisan atau perekaman data ke dalam CD-ROM.

Burst

Pengiriman data dengan cara mengumpulkan informasi, kemudian dikirimkan sebagai unit yang besar dalam sebuah jalur berkecepatan tinggi. Kebanyakan lalu-lintas LAN memakai metode ini karena mempunyai interval yang pendek. Burst juga digunakan sebagai istilah untuk menyebut kesalahan yang terkumpul, dimana dalam salah satu satuan waktu terdapat lebih dari 1 bit yang terganggu.

Bus 

Jalur lintasan yang menghubungkan beberapa komponen periferal PC, saluran yang terdiri dari sekumpulan jalur yang sejenis, sekumpulan kabel yang merupakan alat transportasi informasi ke semua peralatan dalam sistem. Informasi tersebut bisa berupa data, perintah atau alamat.

Bus Data

Jalur data yang dilalui informasi ke dan dari mikroprosesor.

Bus Topologi

Salah satu bentuk topologi jaringan. Semua simpul (node) memiliki kedudukan yang sama. Apabila salah satu simpul mengalami kerusakan, maka sistem jaringan tidak akan terganggu.

Button

Sebuah kontrol yang muncul pada layar berbentuk persegi panjang dengan tulisan di tengah-tengah. Ketika pengguna PC mengklik sebuah tombol, maka aplikasi akan menjalankan aksi sebagaimana yang dituliskan pada tombol, dan biasanya dijalankan secara instan. Misalnya mencakup penyelesaian operasi yang didefinisikan oleh kotak dialog, dan menerima pesan error dalam kotak peringatan.

Byte

Singkatan dari binary term, yaitu kumpulan bit-bit pada data. Satu unit data komputer (seperti huruf atau angka) yang terdiri dari rangkaian bit. Satu byte terdiri dari delapan bit (1 bytes = 8 bit).

Byte Mode

Model pengiriman data yang dilakukan dengan cara mentransfernya melalui byte demi byte.

C

Bahasa pemrograman yang pertama kali dikembangkan oleh Dennis Ritchie di Bell Laboratories pada tahun 1972. Bahasa C dikenal efisien dan sangat portabel sehingga dapat digunakan di berbagai platform. Pada pertengahan era 1980-an, Bjarne Stroustrup dari Bell Laboratories mengembangkan bahasa C++ dengan menambahkan kemampuan OOP.

C++

Suatu bahasa pemrograman untuk internet (web design programming). C++ dapat ditulis dan dikompilasi menggunakan Microsoft Visual C++.

Cabinet File

Sebuah format file dari Microsoft yang digunakan untuk menempatkan file-file yang telah dikompres pada distribution disk. Untuk melepaskan kompres dari file, dipergunakan program Windows Extract yang dijalankan pada baris DOS.