Apa Perbedaan Browse, Browser, dan Browsing?

Apa Perbedaan Browse, Browser, dan Browsing?

BIBLIOTIKA - Browse adalah perintah dalam lingkungan Windows untuk menampilkan isi disk. Sedangkan Browser adalah program aplikasi yang digunakan untuk browsing. Singkatan dari web browser, yaitu software yang digunakan untuk surfing atau menjelajah internet (world web web dan fasilitas lainnya). Program aplikasi yang digunakan untuk melihat satu set data atau informasi dari internet, atau membaca dokumen-dokumen berformat hypertext pada jaringan, dan memberikan navigasi untuk sampai ke alamat tujuan.

Beberapa browser yang terkenal adalah Netscape Navigator atau Netscape Communicator, Internet Explorer, Mozilla Firefox, dan lainnya. Kadang-kadang, istilah browser juga digunakan oleh software yang lain untuk melihat tipe file khusus, misalnya VRML browser.

Kemudian, Browsing adalah aktivitas penjelajahan dan pencarian data atau informasi, di situs-situs internet. Browsing juga merupakan cara untuk mencari informasi melalui sistem operasi yang berbasis hypertext, misalnya membuka alamat situs, mengirim atau menerima email, bermain game online, membuat blog, mengirim e-mail, dan lain sebagainya. Aktivitas ini bisa menggunakan Internet Explorer, Mozilla Firefox, Opera, atau software semacamnya.

Selain Browse, Browser, dan Browsing, berikut ini beberapa istilah dan singkatan lain seputar dunia komputer/internet serta dunia teknologi umumnya, yang juga perlu kita tahu.

Brightness

Tombol pada monitor komputer yang berfungsi untuk mengatur terang atau gelap cahaya pada layar.

BrightView

Suatu fitur yang biasanya berada pada setting monitor yang berbentuk LCD. Fitur ini memungkinkan tampilan kontras warna menjadi lebih tajam dan jelas. Masing-masing produsen notebook memiliki istilah tersendiri untuk fasilitas yang serupa.

Brio

Sebuah perusahaan software yang bermarkas di Palo Alto, Amerika. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1989, dan spesialisasinya adalah analisis perusahaan dan program laporan yang dijalankan dengan beberapa platform. Contoh produknya adalah Brio Enterprise Server.

Brookedale

Kode atau nama sandi yang digunakan oleh perusahaan prosesor Intel Corporation dalam menyebutkan chipset Intel i845 yang mendukung penggunaan memori SDRAM untuk prosesor Pentium 4.

Brouter

Suatu alat penghubung jaringan yang mengkombinasikan fungsi router dan bridge. Alat ini mengatur lewatnya data sesuai dengan protokol yang dipakai, dan menjembatani semua lalu-lintas data yang lain.

BS

Singkatan dari Backspace Character, yaitu salah satu karakter yang mampu melakukan pemindahan ke belakang secara otomatis dari suatu alat input atau output.

BSD

Singkatan dari Barkeley Software Distribution, yaitu versi pertama sistem operasi UNIX yang memasukkan dukungan TCP/IP.

BSI

Singkatan dari British Standards Institution, yaitu suatu organisasi di Inggris yang menentukan berbagai standar, termasuk komputer.

BST

Singkatan dari Binary Synchronous Transmission, yaitu transmisi data dengan sinkronisasi karakter yang dikendalikan oleh tanda waktu dari stasiun pengirim dan stasiun penerima.

BTS

Singkatan dari Base Transceiver Station, yaitu station mobile operator yang menghubungkan jaringan operator dan selular para pengguna.

BTW

Singkatan dari by the way. Biasa digunakan dalam komunikasi melalui internet.

Buble Short

Suatu pengurutan data atau file dengan cara saling menukar tempat dalam urutan, mirip dengan gelembung dalam air. Metode ini merupakan cara terbaik untuk mengurutkan data atau file dalam jumlah sedikit. Untuk file yang lebih besar terdapat metode lainnya.

Build

Perintah dalam bahasa pemrograman dengan tujuan untuk menjalankan kembali program yang dibuat dari awal.

Built-in

Istilah untuk menyatakan suatu alat yang telah terpasang atau telah menyatu di dalam perangkat lain.

Built-in Check


Hardware yang lebih mendahulukan mengatur ketepatan data, daripada memindah atau menyimpan data ke dalam sistem.

Built-in Procedure

Prosedur yang disediakan untuk pernyataan sederhana, yang dibuat pada bahasa-bahasa pemrograman tingkat tinggi.