Apa Pengertian Dolby Digital?

Apa Pengertian Dolby Digital?

BIBLIOTIKA - Dolby Digital adalah salah satu teknologi untuk menghasilkan suara surround digital, hasil produksi Dolby Laboratories. Biasanya, teknologi ini digunakan dalam pemrosesan dan pembentukan data audio untuk film-film di bioskop atau film-film pada media cakram semisal DVD. Untuk dapat mengoptimalkan teknologi Dolby Digital, dibutuhkan minimal 5 speaker full range dan 1 speaker low-frequency (subwoofer). Atau bisa pula disebut konfigurasi 6 channel.

Selain Dolby Digital, berikut ini beberapa istilah dan singkatan lain seputar dunia komputer/internet serta dunia teknologi umumnya, yang juga perlu kita tahu.

Dolby

Singkatan untuk Dolby Laboratories Inc., yaitu suatu perusahaan yang berbasis di Amerika Serikat, yang mengkhususkan diri dalam proses audio noise reduction dan audio encoding/compression. Contoh hasil kreasi Dolby adalah format audio Dolby Digital Live, yang menjadi standar audio multi kanal untuk saat ini.

DLE

Singkatan dari Data Link Escape. Berfungsi untuk mengubah arti karakter berikutnya dalam sebuah blok data yang sama. DLE merupakan salah satu karakter pengendali transmisi.

DLL

Singkatan dari Dynamic Link Library, yaitu file yang menjelaskan sekumpulan perintah yang rutin atau sejenis pada lebih dari satu program. File ini berisi fungsi-fungsi executable atau data yang bisa digunakan aplikasi Windows. Program setup biasanya menginstal file DLL di System Directory atau direktori program.

DLP

Sebuah teknologi yang digunakan dalam proyektor, dan televisi proyeksi. DLP pada awalnya dikembangkan oleh perusahaan Texas Instruments, dan mereka tetap pembuat satu-satunya teknologi ini, meskipun banyak produk lain berlisensi yang menggunakan chipset buatan mereka.

Dalam proyektor DLP, gambar diciptakan oleh kaca kecil mikroskopis, disusun dalam sebuah matriks di atas chip semikonduktor, yang dikenal sebagai DMD (Digital Micromirror Device). Setiap kaca mewakili satu piksel dalam gambar yang diproyeksikan. Jumlah kaca sama dengan resolusi gambar yang diproyeksikan.

DMA 

Singkatan dari Direct Memory Access, yaitu akses memori secara langsung, atau chip yang berfungsi untuk mengendalikan proses pengaksesan memori secara langsung. DMA merupakan sirkuit atau mikroprosesor khusus yang dapat mentransfer data dari memori yang satu ke memori yang lain tanpa menggunakan CPU. DMA juga bisa diartikan sebagai alat pengendali memori, yang membantu mempercepat kerja CPU dalam proses pengolahan data.

DML

Singkatan dari Data Manipulation Language, yaitu suatu bahasa pemrograman untuk mengakses atau memanipulasi database oleh suatu program aplikasi.

DNA

Singkatan dari Digital Network Architecture, yaitu rancang bangun jaringan digital buatan DEC. Contohnya adalah Phase V.

DNG

Singkatan dari Digital Native, yaitu format file pada dunia fotografi digital. Format ini dikembangkan oleh Adobe System sebagai wadah informasi metadata dan merupakan perluasan dari format TIFF. Format ini dirilis pada September 2004 bersamaan dengan peluncuran aplikasi Adobe DNG Converter yang bersifat gratis. Selain Adobe Photoshop, beberapa aplikasi lain yang mendukung DNG adalah GIMP, ImageMagick, dan ExifTool.

DNSS

Singkatan dari Drive Noise Suppression System, yaitu drive yang memiliki sistem peredam suara.

Doc

File text yang paling banyak digunakan dan hanya bisa dibuka oleh program seperti Microsoft Word atau software lainnya yang mendukung format word. Karena populernya file ini, sampai attachment di e-mail internet pun pada umumnya menggunakan file .doc.

Documentation

Dokumentasi yang menyimpan deskripsi tertulis sebuah program, termasuk nama program, fungsi program, masukan/keluaran yang dibutuhkan, kemungkinannya ditulis dalam algoritma, bagaimana struktur datanya, dan sebagainya.

Docuterm

Sebuah kata atau frasa di dalam sebuah dokumen teks yang digunakan untuk mengidentifikasi isi dokumen.

Doorway

Doorway Page, atau biasa pula disebut Information Page, merupakan halaman informasi yang dibuat untuk mengurutkan kedudukan tertinggi dalam search engine untuk frasa keyword khusus, atau search engine yang spesifik.