Apa Pengertian dan Arti Singkatan DOS?

 Apa Pengertian dan Arti Singkatan DOS?

BIBLIOTIKA - DOS adalah singkatan Disk Operating System, yaitu sebuah program yang mengawali proses kerja komputer. Fasilitas yang dimilikinya memungkinkan untuk menyalin file, menghapus tampilan, dan menangani penempatan serta pemberian alamat pada data atau file ke dalam disk. DOS akan selalu tersimpan dalam memori komputer sehingga program lain dapat menggunakan rutin-rutin yang ada untuk operasi masukan/keluaran.

DOS merupakan sistem operasi yang paling banyak digunakan pada PC. DOS pertama kali dikeluarkan oleh perusahaan Microsoft pada tahun 1981 sebagai sistem operasi standar untuk IBM-PC.

Selain DOS, berikut ini beberapa istilah dan singkatan lain seputar dunia komputer/internet serta dunia teknologi umumnya, yang juga perlu kita tahu.

Dopant

Sebuah elemen yang didifusikan dalam silikon murni untuk mengubah karakteristik elektik dan membuatnya menjadi lebih konduktif. Boron, fosfor, antimon, dan juga arsenic, adalah bahan-bahan yang umum digunakan untuk dopant.

Doppelblogger

Sebutan untuk blogger yang menjiplak konten dari blog orang lain.

DoS (Denial of Service)

Serangan yang dilakukan hacker terhadap sistem komputer dengan cara mengacaukan fungsi normal dari sebuah sistem, sehingga virus/hacker yang menyerang dapat masuk ke dalam sistem komputer tanpa melalui akses resmi sesuai prosedur. Umumnya, hacker melakukan serangan DoS ini dengan cara menghancurkan atau memodifikasi data, atau juga dengan menyebabkan overloading pada sistem server, hingga layanan pada user resmi dicabut atau ditunda.

Dot Address

Format pemberian alamat yang umum dipakai pada protokol TCP/IP, yaitu dalam bentuk 4 angka desimal yang dipisahkan oleh titik.

Dot Matrix

Tipe dari layar monitor yang karakter atau gambarnya dibentuk dari titik-titik kecil. Dot matrix juga bisa diartikan sebagai salah satu dari on atau off, kosong atau isi.

Dot Matrix Printer

Printer yang bekerja dengan menjalankan jarum di atas pita tinta dan kertas. Karakter atau gambar dibentuk dari sekumpulan titik-titik.

Dot Pitch

Menunjukkan ukuran jarak antara titik pusat dari dua titik dot pixel, yang memiliki warna yang sama. Semakin dekat jarak titik (dot), maka dot pitch akan semakin kecil, dan karenanya kemudian gambar yang dihasilkan pun akan semakin tajam.

Double Byte Character/Unicode

Suatu set karakter ASCII yang menggunakan dua bytes untuk tiap karakter. Mampu mengolah 65.536 kombinasi karakter sehingga mampu mengolah kata dari beragam bahasa di dunia.

Double Density Disk

Jenis disket dengan kerapatan ganda, artinya dalam satu lokasi mampu menyimpan bit data dua kali lebih banyak dari disket biasa.

Double List Sorting

Metode pengurutan data dengan cara memisahkan data yang belum diurutkan dalam lokasi memori tertentu, dan proses pengurutan dan hasil pada memori yang lain.

Double Precision

Penggunaan dua karakter atau kata untuk menyatakan sejumlah besar data yang mampu masuk dalam satu bagian ruang simpan.

Double Sided Disk

Disket yang memiliki kemampuan menyimpan data di kedua sisi piringan.

Down

Menyatakan waktu ketika komputer tidak diaktifkan, mungkin karena terjadi kerusakan hardware atau sistem operasi yang kacau, atau dapat juga komputer dimatikan untuk perawatan.

Dpi

Singkatan dari Dots per inch, yaitu satuan yang menunjukkan tingkat resolusi sebuah gambar atau image, display, atau sistem printer. Apabila angka dpi dikalikan dua, maka jumlah dots per inch persegi akan menjadi kuadrat dari jumlah semula.

Semakin banyak jumlah dot per inci persegi, maka semakin tinggi pula tingkat resolusinya. Misalnya resolusi yang digunakan oleh printer laser adalah 600 dpi. Maka itu artinya 600 dot horisontal dan 600 dot vertikal, sehingga dalam 1 inchi persegi terdapat 360.000 dot.

DPM

Singkatan dari Data Processing Manager, yaitu sebutan untuk manajer yang bertanggung jawab terhadap seluruh kegiatan pengolahan data komputer.