Apa Pengertian dan Arti Singkatan CMOS?

Apa Pengertian dan Arti Singkatan CMOS?

BIBLIOTIKA - CMOS adalah singkatan Complementary Metal Oxide Semiconductor, yaitu sebuah RAM kecil berukuran 64 byte yang menyimpan setting BIOS saat komputer sedang dimatikan. CMOS merupakan perluasan dari teknologi MOS yang menghasilkan IC dengan kebutuhan tenaga baterai rendah. CMOS digunakan untuk menyimpan program konfigurasi, program diagnostik, dan informasi tanggal serta waktu pembuatan file yang tidak akan hilang meskipun komputer dimatikan.

CMOS menggunakan kabel transistor PMOS dan NMOS. Kombinasi ini menghasilkan pemakaian energi yang lebih sedikit dibanding jika memakai PMOS atau NMOS saja. CMOS merupakan sirkuit terintegrasi yang paling banyak digunakan untuk prosesor digital dan memori.

Selain CMOS, berikut ini beberapa istilah dan singkatan lain seputar dunia komputer/internet serta dunia teknologi umumnya, yang juga perlu kita tahu.

Closed User Group

Sekumpulan pengguna komputer yang memakai sistem khusus pada sebuah jaringan.

Cls

Singkatan dari dari Clear screen, yaitu perintah untuk membersihkan layar dalam lingkungan DOS.

CLTP

Singkatan dari Connectionless Transport Protocol, yaitu protokol yang memiliki kemampuan memberi alamat transportasi data serta pendeteksian kesalahan.

Cluster

Kelompok. Pengelompokan item/alat-alat agar dapat saling berhubungan.

Cluster File

Penyusunan sekelompok record dengan tujuan agar masing-masing record yang punya kesamaan identifikasi akan terkumpul menjadi satu.

Clustering

Proses mengelompokkan suatu item berdasarkan kesamaan karakteristik.

Cluster Virus

Virus yang memodifikasi entri dari direktori tabel, dengan tujuan agar virus tersebut bisa aktif sebelum program-program yang lain. Kode virus ini hanya terdapat pada satu lokasi, tetapi bisa menginfeksi seluruh program yang terdapat pada komputer yang diserangnya.

CMIP

Singkatan dari Common Management Information Protocol, yaitu sebuah protokol pengatur jaringan yang memenuhi standar ISO, dan biasanya dihubungkan dengan OSI.

CMOT

Singkatan dari Common Management Information Protocol Over TCP/IP, yaitu kemampuan CMIP untuk mengatur TCP/IP jaringan Internet.

CMS

Singkatan dari Content Management System, yaitu sekumpulan tool yang didesain untuk membuat, memodifikasi, serta mengorganisasi informasi dari sebuah website. Untuk menggunakan CMS, kita harus dapat memahami seluk-beluk HTML, dan bahasa pemrograman yang digunakan untuk membangun sebuah website. Pada saat ini banyak aplikasi CMS yang disediakan secara gratis, misalnya Joomla!, WordPress, dan lain-lain.

CMT

Singkatan dari Current Mode Transmission, yaitu model pengiriman data dimana alat transmisi (transmitter) menggunakan arus listrik pada kedua konduktor kabel twisted pair secara bergantian sehingga terbentuk nilai 1 dan 0.

CMYK


Singkatan dari empat komponen warna: Cyan (C), Magenta (M), Yellow (Y) dan Black (K)—kombinasi warna yang biasa dipakai oleh mesin printer. Secara definitif, CMYK adalah warna dasar yang apabila dicampurkan akan menghasilkan warna baru. Karenanya, CMYK bisa pula disebut proses warna, dan warna tersebut digunakan untuk cetakan yang menggunakan mesin cetak dengan plat.

CNC

Singkatan dari Computer Numerical Control, yaitu suatu cara mengontrol kerja mesin dengan menggunakan pita yang dibuat oleh sistem komputer.

CNI

Singkatan dari Coalition for Networked Information, yaitu dewan bentukan American Research Libraries, EDUCom, dan CAUSE. CNI ditujukan untuk memacu kemajuan pengetahuan dengan cara menyediakan sumber-sumber informasi lewat jaringan komputer.

Coaxial


Suatu bentuk kabel yang digunakan sebagai interkoneksi antara peralatan elektronik dan mengirimkan data audio atau video. Kabel jenis ini memiliki karakteristik penggunaan satu buah pin di tengah sebagai pengirim data, dan dikelilingi pelindung logam yang berperan sebagai ground. Selain mengirimkan data analog, coaxial juga dapat mengirimkan data digital.

Coaxial Cable memiliki kemampuan membawa data dengan kecepatan tinggi, dapat memuat bandwith tinggi, dan tahan terhadap gangguan (noise). Kabel coaxial dianggap memenuhi standar IEEE/ISO sebagai media transmisi pada sistem jaringan komputer.