Apa Definisi Search Engine?

Apa Definisi Search Engine?

BIBLIOTIKA - Search Engine adalah mesin pencari, yaitu sebuah program atau fasilitas di internet yang memungkinkan pengguna untuk mencari data, file, ataupun berbagai informasi yang dibutuhkan di berbagai web yang ada di internet.

Search engine merupakan satu set program, yang meliputi; (a) Spider yang mencari dokumen-dokumen website yang ingin dimunculkan, dan mengikuti hypertext links untuk memunculkan kembali dokumen web lainnya; (b) Program yang menciptakan sebuah indeks dari dokumen-dokumen yang ditampilkan kembali oleh spider, (c) Program yang menerima perintah pencarian, membandingkannya dengan kata-kata kunci yang terdapat pada indeks, dan memberikan hasilnya kepada pengguna.

Selain Search Engine, berikut ini beberapa istilah dan singkatan lain seputar dunia komputer/internet serta dunia teknologi umumnya, yang juga perlu kita tahu.

Low Volt

Teknologi yang dipergunakan oleh prosesor Intel untuk meningkatkan performa dan jangka waktu pakai, serta kestabilan baterai. Prosesor dengan teknologi ini dipakai oleh notebook atau laptop generasi baru yang cenderung semakin tipis dan makin kecil.

LPD

Singkatan dari Linux Printing Daemon, yaitu suatu program untuk menjalankan aplikasi printer di Linux.

LPT

Singkatan dari Line Printing Terminal atau paralel port. Yaitu port untuk menghubungkan PC dengan printer.

LSB 

Singkatan dari Least Significan Bits, yaitu unit terkecil dari informasi dalam suatu bilangan biner. Satu bit cukup untuk menyatakan perbedaan antara ya dan tidak, atas dan bawah, on dan off, satu dan nol. Komputer harus menampilkan informasi dalam bit karena sirkuit elektronik yang dibuat hanya memiliki dua keadaan, on atau off. Dalam komputer, suatu informasi disusun dalam 8 bit atau 1 byte.

LSI

Singkatan dari Large Scale Integration. Istilah yang digunakan untuk menggambarkan tingkat kepadatan antara 100 dan 5000 unsur rangkaian pada satu chip.

LTO

Singkatan dari Linear Tape Open, yaitu sejenis standar open magnetic tape yang dibuat oleh Hewlett Packard (HP), IBM, dan Seagate, yang dilisensikan ke vendor pihak ketiga. Pada tahun 1998, LTO memperkenalkan format Accelis dan Ultrium yang membagi komponen umum seperti head untuk read/write, track layout, dan teknologi servo. Cartridge LTO berisi memori yang menyimpan history dari penggunaan data.

LTSP

Singkatan dari Linux Terminal Server Project, yaitu proyek yang bertujuan untuk memungkinkan hadirnya diskless computing yang memanfaatkan Linux. Dengan memanfaatkan LTSP, komputer-komputer tua dapat didayagunakan kembali.

Lurking

Bergabung ke salah satu group (misalnya suatu channel di IRC) dan mendengarkan (menyaksikan) pembicaraan orang tanpa ikut berpartisipasi.

LVM

Singkatan dari Logical Volume Manager, yaitu penyediaan manajemen volume logikal di Linux. Pada awalnya program ini ditulis oleh Heinz Mauelshagen pada tahun 1998, dengan berbasis desain pada LM di HP-UX.

Lynx

Program browser WWW yang berbasis teks.

M

Singkatan untuk mega, yang berarti sejuta. Digunakan untuk mempresentasikan 1.048.576. Biasa pula digunakan untuk menyatakan kapasitas medium penyimpanan data, seperti harddisk, disket, dan RAM.

M2

Singkatan dari Memory Stick Micro M2, yaitu ukuran form factor terkecil untuk MS, hanya seperempat dari MS Pro Duo. Mulai diperkenalkan pada tahun 2005, dan dipasarkan pada tahun 2006.

MAC

Singkatan dari Macintosh, yaitu keluarga PC dari Apple yang diperkenalkan sejak tahun 1984. MAC merupakan komputer pertama yang mempopulerkan penggunaan Graphical User Interface (GUI), arsitektur hardware-nya memungkinkan kemudahan dan konsistensi penggunaan.

MAC yang pertama memakai power Motorola 32 bit 680 x 0 CPU. Pada 1994 Apple memperkenalkan Power Macs yang menggunakan chip Power PC CPU. Dengan Insignia Solution soft windows, DOS dan window dapat diaplikasikan pada Power Macs.