Apa Definisi Keyword dan Keyword Density?

Apa Definisi Keyword dan Keyword Density?

BIBLIOTIKA - Keyword adalah kata kunci atau frasa yang digunakan ketika melakukan pencarian website dengan menggunakan search engine (mesin pencari). Keyword juga dapat digunakan sebagai kata atau frasa yang dicari dalam kamus elektronik. Pada website, keyword ditempatkan di dalam source code, agar bisa ditemukan oleh mesin pencari. Pada sistem operasi, keyword untuk mencari sebuah file adalah karakter yang terkandung dalam file tersebut.

Sedangkan Keyword Density adalah rasio atau hasil perbandingan antara kata kunci (keyword) yang dicari dan jumlah total kata yang muncul dalam satu halaman web. Jika suatu keyword hanya muncul, misalnya satu kali, dalam sebuah halaman yang memiliki 2.000 kata, maka berarti kepadatannya (density) adalah 0,005 persen.

Selain Keyword dan Keyword Density, berikut ini beberapa istilah dan singkatan lain seputar dunia komputer/internet serta dunia teknologi umumnya, yang juga perlu kita tahu.

Keyword Frequency

Intensitas (berapa kali) munculnya frasa keyword yang terdapat dalam satu halaman.

Keyword Proximity

Kemiripan antara dua atau lebih keyword.

Keyword Stuffing

Pengulangan keyword dan frasa keyword dalam meta tag dan tempat lain dalam halaman HTML.

Interconnect

Interkoneksi, atau hubungan suatu alat dengan alat yang lain.

Interconnection

Penyambungan secara fisik dan elektrik antar beberapa peralatan yang dipasok penjual yang berbeda-beda.

Interfacing

Tugas utama dari programmer, engineer, dan konsultan, dalam mengelola hubungan antara software, hardware, dan pengguna.

Interlaced GIF

Tipe GIF spesial yang memungkinkan tampilan gambar tersebut dimunculkan sedikit demi sedikit ketika sebuah halaman web sedang di-download.

Interleave Factor

Perbandingan banyak sector yang diloncati dalam proses perekaman data dalam harddisk. Sebenarnya perekaman sebuah file dalam harddisk dilakukan secara terpisah pada beberapa sector.

Internal Modem

Modem yang ditempatkan pada slot PCI di dalam komputer. Lawannya adalah external modem.

Interoperability

Kemampuan dua atau lebih hardware atau software untuk bekerja sama satu dengan yang lain. Sebagai contoh dalam hal ini adalah router dan switch pada sebuah network yang memerlukan kerjasama satu dengan yang lain.

Interrupt

Sebuah setting hardware yang menjalankan perintah-perintah di dalam sistem komputer.

Interrupt Character

Sebuah tombol atau kombinasi tombol-tombol yang dapat digunakan untuk menghentikan apa saja yang sedang terjadi di komputer. Interrupt character yang lazim adalah Ctrl-C dan Ctrl-D.

Inventory

Jumlah keseluruhan dari ad impressions, dimana sebuah website atau newsletter siap untuk menjualnya dalam kurun waktu tertentu.

Inverter

Bagian komponen UPS yang mengubah listrik DC dari battery back-up menjadi AC untuk output UPS, sekiranya terjadi power failure atau blackout.

I/O

Singkatan dari Input-Output.

I/O Adapter

Biasa disingkat menjadi IOA, yaitu hardware dan elemen micro code yang apabila dikombinasikan dengan prosesor I/O terpadu akan memungkinkan piranti I/O terhubung ke prosesor tanpa memerlukan saluran secara fisik.

I/O Bound

Istilah yang digunakan untuk program yang memerlukan banyak operasi input/output sehingga waktu tunggu CPU menjadi lama.

I/O Configuration Data Set

Biasa disingkat menjadi IOCDS, yaitu rangkaian data yang berisi definisi konfigurasi I/O yang dibuat oleh I/O configuration program (IOCP).

I/O Configuration Program

Biasa disingkat menjadi IOCP, yaitu program yang menentukan semua piranti I/O dan saluran-saluran yang tersedia untuk sebuah sistem.

I/O Ports

Bagian yang digunakan untuk menerima ataupun mengirim data ke luar sistem. Peralatan input dan output dalam komputer terhubung melalui port ini. Jadi, I/O port merupakan koneksi ke CPU yang menyediakan saluran data antara CPU dan piranti periferal seperti monitor dan printer.

I/O Processor

Papan sirkuit atau chip yang hanya digunakan untuk menangani operasi input/output antara komputer dan piranti periferal.

I/O Range

Input/Output Range, adalah jarak yang diatur pada memori untuk digunakan oleh satu piranti secara khusus.