Apa Arti Singkatan WAP?

Apa Arti Singkatan WAP?

BIBLIOTIKA - WAP adalah singkatan Wireless Application Protocol, yaitu standar protokol untuk aplikasi wireless (seperti yang digunakan ponsel). WAP berbasis pada standar internet, dan beberapa protokol yang sudah dioptimasi untuk lingkungan wireless, seperti kebutuhan kompresi data, long latency, dan keterbatasan bandwith, serta keterbatasan perangkat wireless.

Selain WAP, berikut ini beberapa istilah dan singkatan lain seputar dunia komputer/internet serta dunia teknologi umumnya, yang juga perlu kita tahu.

MSDTC

Singkatan dari Microsoft Distributed Transaction Coordinator, yaitu layanan Windows yang menyediakan infrastruktur transaksi untuk sistem terdistribusi.

MSP

Mempunyai dua kepanjangan, yaitu Management Service Provider, dan Manage Service Provider. Terminologi MSP dipakai oleh editor dan analis Teknologi Informasi sebagai suatu perusahaan yang menyediakan infrastruktur layanan manajemen melalui ASP model.

Yang ditawarkan oleh Management Service Provider biasanya adalah jaringan dan layanan monitoring aplikasi untuk e-business, sedang Managed Service Provider dipergunakan untuk penyelenggaraan jasa layanan yang menangani pembentukan jaringan dan pengetahuan layanan berbasis jaringan, aplikasi, dan peralatan.

MS PRO Duo

Memory Stick PRO Duo adalah suatu form factor kedua untuk MS. Dengan bentuk yang lebih kecil, digunakan juga pada mobile phone, dan juga PSP. Diperkenalkan pertama kali pada tahun 2003.

Msvcrt.dll

File .dll adalah komponen inti Windows yang digunakan oleh beberapa aplikasi Windows, juga bisa dipakai oleh aplikasi non Microsoft. Msvcrt.dll adalah suatu modul yang berfungsi sebagai standar C library seperti printf, memcpy, dan cos. Msvcrt.dll merupakan bagian dari Microsoft C Runtime Library.

MTA

Singkatan dari Mail Transport Agent, yaitu perangkat lunak atau software yang bekerja mengantarkan e-mail kepada user. Adapun program untuk membaca e-mail dikenal dengan sebutan MUA (Mail User Agent).

MTBF

Singkatan dari Mean Time Between Failure, yaitu rata-rata waktu yang dibutuhkan oleh suatu komponen untuk bekerja dengan tidak melakukan kesalahan.

MTD

Singkatan dari Memory Technology Driver, yaitu sebuah sub-routine software yang berisi seluruh look-up table dan algoritma flash yang dibutuhkan untuk digunakan oleh perangkat flash tertentu.

MUA

Singkatan dari Mail User Agent, yaitu suatu program yang difungsikan untuk membaca e-mail.

MUD

Singkatan dari Multi User Dungeon atau Dimension, yaitu lingkungan simulasi multi user yang biasanya berbasis teks. Sebagian hanya digunakan untuk hiburan, sebagian lagi digunakan untuk pengembangan software yang lebih serius, misalnya untuk keperluan pendidikan.

Multiblog

Aktivitas menjalankan atau memelihara banyak blog.

Multimedia

Media berjenis banyak, misalnya film, video, disk komputer, rekaman suara, dan sebagainya. Suatu PC, sistem dokumen, dan lain-lain, yang mengkombinasikan teks, grafik, suara, film, atau media lain.

Multipartite Virus

Suatu virus yang menginfeksi dan menyebar melalui file-file program dan boot records.

Multiplayer


Game yang dimainkan secara bersamaan oleh beberapa pemain sekaligus. Biasanya dengan menggunakan beberapa komputer yang saling terhubung.

Multiprogramming

Menjalankan dua program atau lebih secara bersamaan dalam komputer yang sama. Setiap program diberi piranti periferal dan tempat tersendiri dalam memori, tapi semuanya berbagi satu CPU.

Multitasking

Menjalankan dua atau lebih program dalam sebuah komputer pada waktu yang bersamaan. Berapa banyak program yang dapat secara efektif di-multitasking tergantung dari tipe multitasking performed (pre-emptive versus cooperative), kecepatan CPU dan memori, serta kapasitas harddisk.

Multi-user

Secara sederhana dapat diterjemahkan sebagai banyak user atau banyak pengguna. Multi-user merupakan istilah dimana suatu sistem operasi mengijinkan akses bagi banyak user, pada waktu yang sama. Lawan dari multi-user adalah single-user.

Multiuser DOS

Sebuah DOS yang kompatibel dengan sistem operasi yang mendukung multi terminal dari sebuah PC.