Apa Arti Singkatan USB?

 Apa Arti Singkatan USB?

BIBLIOTIKA - USB adalah singkatan Universal Serial Bus, yaitu suatu hardware yang dipergunakan untuk pemakaian dengan kecepatan rendah seperti keyboard, mouse, joystick, scanner, ataupun printer. USB menawarkan cara yang lebih baik untuk menghubungkan berbagai perangkat keras dengan PC, dengan cara yang mudah dengan sistem Plug and Play. Perangkat USB mampu berkomunikasi secara lebih cepat dengan PC dan bisa langsung dipasang tanpa harus me-restart komputer.

Selain USB, berikut ini beberapa istilah dan singkatan lain seputar dunia komputer/internet serta dunia teknologi umumnya, yang juga perlu kita tahu.

HyperTransport

Teknologi interface bus yang digunakan pada sistem board dengan dimensi tidak lebih dari 23 inci. Teknologi ini dimaksudkan untuk menghadirkan tingkat kecepatan transfer data yang lebih tinggi dari yang ada sebelumnya, latency yang rendah, juga dengan kemampuan interkoneksi point to point secara bidirectional. Spesifikasi dari teknologi ini pertama kali diajukan oleh AMD (Advance Micro Devices), dan disetujui oleh konsorsium HyperTransport.

I586

Istilah yang digunakan untuk prosesor Pentium generasi kelima, yang dibuat oleh Intel. Pertama kali dimunculkan pada Maret 1993. Prosesor ini merupakan kelanjutan seri 486. Pada awalnya, Pentium diberi nama 80586 atau i586, tetapi kemudian nama tersebut diganti menjadi Pentium (‘Pent’ berarti lima), karena angka tidak bisa dipatenkan.

IA

Singkatan dari Integrated Adapter.

IAB

Singkatan dari Internet Architecture Board. Sebelumnya dikenal dengan sebutan Internet Activities Board, yang mengawasi kerja IETF dan IRTF.

I-Beam

Penunjuk mouse yang berbentuk lurus seperti huruf capital I, yang menunjukkan tempat untuk menyisipkan teks.

IBI

Singkatan dari Intergovernmental Bureau of Information, yaitu organisasi yang anggotanya mencakup anggota-anggota PBB, UNESCO, dan badan-badan PBB lain, yang tujuan utamanya adalah meningkatkan perkembangan bidang informatika di negara-negara berkembang.

IBM 3080

Seri komputer mainframe besar yang diluncurkan oleh IBM pada tahun 1980.

IBM 3090

Seri komputer mainframe besar yang diluncurkan oleh IBM pada tahun 1986.

IBM CM

Singkatan dari IBM Compatible Microcomputer, yaitu komputer pribadi yang kompatibel atau cocok dengan PC buatan IBM.

IBM Draw/Paint Diagrams

Program-program pembuat gambar yang cocok untuk komputer IBM, seperti Corel Draw, Artline, Deluxe Paint, dan lain-lain.

IBM ES/900

Biasa pula disebut Enterprise System/900, yaitu keluarga komputer mainframe yang dibuat IBM pada tahun 1990.

IBM PC Clone

Istilah populer untuk komputer-komputer pribadi yang kemampuannya mirip dengan keluarga PC IBM.

IBM PD Compatible

Istilah untuk komputer-komputer pribadi yang kemampuannya mirip dengan keluarga PC IBM, meskipun bentuknya tidak mirip.

IBM Personal Computer

Personal computer atau komputer pribadi yang diperkenalkan oleh IBM Corporation pada tahun 1981, yang telah menjadi tonggak sejarah perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Komputer ini didasarkan pada prosesor Intel 8088.

IBM Personal Computer AT

Jenis PC berbasis prosesor Intel 80286 yang diperkenalkan oleh IBM pada tahun 1983.

IBM Personal Computer XT

Jenis PC berbasis prosesor intel 8088 yang diperkenalkan oleh IBM pada tahun 1984.

IBM Personal System/1

Biasa disingkat menjadi IBM PS/1, yaitu komputer rumah yang dibuat IBM pada tahun 1986. Komputer ini dirancang untuk menggantikan jenis PC-XT dan PC-AT, dan dilengkapi dengan prosesor Intel 8086, 80286, atau 80386.

IBM System/360

Keluarga komputer mainframe yang mengawali komputer generasi ketiga. Komputer ini dilengkapi dengan hardware yang canggih dan sistem operasi yang luas cakupannya.

IC

Singkatan untuk Integrated Circuit, yaitu sebuah rangkaian mikro elektronik berupa semikonduktor yang terdiri dari sejumlah besar transistor dan komponen-komponen lainnya. IC dikemas dalam sepotong bidang persegi empat (disebut ‘die’) dari silikon. IC dapat digolongkan menjadi IC analog, digital, maupun hybrid (campuran).